Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

widjojonoAvatar border
TS
widjojono
[ASK] Kewajiban mengurus nenek
Permisi Momod FW Yth, juga sesepuh FW yth

Langsung ke topik, saya mau tanya, sebelumnya ada cerita:
Ada 1 nenek (janda), memiliki 4 anak (cowok,cowok, cewek,cewek) tertua punya anak 3 sudah sukses semua, kedua meninggal saat usia 56th, ketiga punya anak 2 juga sudah sukses, terakhir anak 2 juga sudah sukses semua. Nenek ini 6thn terakhir ikut anak cewek yg no 3, dalam perjalanan hidupnya, nenek ini (86thn) terkena stroke, akhirnya lumpuh sebelah.

Saat pulang dari RS, nenek ini ingin tinggal dengan anak yg no-1, atau dengan anak yg no-4, tapi karena anak yg no-4 diluar kota, menimbang keamanan kondisi nenek maka akhirnya tinggal di anak yg no-1.diurus cucu tertua, (anak no 1 nya diluar kota menemani cucunya yg SMU diluar kota.

Selang 4 hari kemudian, cucu tertuanya menghadap ke anak yg ke-3 (tantenya), intinya dia keberatan untuk merawat neneknya, dan akan mengembalikan nenek ke anak ke-3. Anak ke 3 sebenarnya mau menerima, hanya permasalahannya kondisi keuangan anak ke-3 ini dalam kondisi memprihatinkan, dimana saat 25 thn silam anak ke 3 ini hartanya diambil oleh anak ke1, anak ke 1 (kerjanya toko mas) pernah terlibat kasus entah kenapa emas orang banyak dia habiskan (bankrut) dan adik ke 3 nya ini kena jumlah yang besar, sekarang senilai 5,5M.
Kepada kakak yang Ke-1, dia bilang, sebaiknya masalah hutang ini diselesaikan,toh anak2 sudah sukses2 semua, supaya keuangan adik ke 3 bisa stabil, dan bisa merawat nenek ini, sebab untuk orang yg stroke tentunya biaya perawatan tidak mungkin tanpa asisten rumahtangga, atau perawat bila memungkinkan, juga biaya obat, fisioterapi, dll tentunya cukup besar. (perlu diketahui, anak kakak ke 1 ini 3 orang sudah sukses semua, ada yang punya show room mobil dan konveksi, ada yang bekerja di perusahaan dan ditempatkan di luar negeri, ada yang di kota besar, semua sudah punya rumah lebih dari 1 rumah pun ada, kalau adik ke -3 ini 2 anaknya meski sudah bekerja namun belum sesukses yang tertua ini) .
Nah, anak dari adik ke-3 ini, menawarkan bantuan untuk merawat neneknya, namun mengingat keuangan belu m terlalu mapan, dia butuh sumbangan dana dari ortu juga om tante nya, HANYA MASALAHNYA, om tante nya ini kan suka hutang nggak mbayar, dia kuatir dalam perjalanan nantinya suply dana tersendat tentunya bisa membahayakan ketentraman Rumah tangga juga, walaupun istrinya setuju merawat neneknya namun tidaklah mudah bukan menjaga emosi istri? Dia berprinsip, kalau mau mengurus neneknya, maka neneknya dia kontrak kan rumah dekat dia, sehingga istri bisa tetap privacy namun dia bisa dekat untuk bolak balik mengurus neneknya...
Yang ingin saya tanyakan: apa yang agan2 lakukan bila menjadi:
- anak pertama (seorang lelaki usia 65thn yg anaknya sudah sukses semua dan memiliki kewajiban hutang kepada adik no 3, namun juga tidak mau merawat ibunya)
- anak ke 3 (seorang ibu usia 61thn, beranak 2, yang ingin merawat ibunya namun kendala keuangan yg terkena dampak ulah kakak ke-1 nya)
- anak ke 4 (ibu usia 56 thn yang beranak 2, 1 anak sudah kerja, 1 anak masih mengambil gelar master)
Terimakasih atas saran agan2 disini, maaf momod, bila tidak sesuai kaidah posting FW boleh di delete post....

Salam FW
Jono

0
12.7K
39
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & FamilyKASKUS Official
8.8KThread9.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.