Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

albertus2008Avatar border
TS
albertus2008
Menanti Sepak Terjang Sang Garuda
Dalam hitungan hari ke depan, Timnas Indonesia akan tampil di ajang bergengsi Piala AFF 2012. Segudang harapan disuarakan publik demi satu tujuan, membawa pulang trofi juara!

Mulai 24 November mendatang, gelaran Piala AFF edisi ke-9 akan digulirkan. Thailand dan Malaysia kebagian jadi tuan rumah untuk babak penyisihan Grup. Indonesia sendiri tergabung di Grup B, bersama dengan Laos, Singapura dan Malaysia.

Bicara soal Piala AFF 2012 atau yang dulu dikenal dengan Tiger Cup, Indonesia memang tidak punya tradisi juara. Dari delapan edisi yang telah dimainkan, prestasi terbaik skuad Garuda hanya tampil sebagai runner-up (4 kali).

Nah, pada edisi tahun ini, pelatih Nilmaizar diharapkan mampu merealisasikan mimpi publik Indonesia yang sangat ingin melihat tim kesayangannya jadi yang terbaik di Asia Tenggara.

Namun, misi tersebut sepertinya tidak akan mudah terealisasi. Banyak hal yang membuat kita tak bisa menuntut banyak pada Irfan Bachdim dkk. Salah satu yang mungkin jadi kendala utama adalah, ketidakhadiran putra-putra terbaik yang dimiliki Merah-Putih.

Seperti kita semua tahu, dualisme yang terjadi di induk organisasi sepakbola, dalam hal ini PSSI membuat Nil tidak bisa memilih para pemain terbaik.

Ya, kita tak bisa melihat pemain-pemain yang sudah familiar dengan Timnas seperti Ponaryo Astaman, Firman Utina, dan Ahmad Bustomi mengenakan kostum Timnas. Mereka tidak diperbolehkan memperkuat Timnas karena mendapat larangan dari klubnya masing-masing.

Perlu diketahui, sejumlah klub-klub Indonesia Super League (ISL) melarang para pemainnya bergabung dengan Timnas karena punya kepentingan yang berseberangan dengan PSSI.

Alhasil, skuad Indonesia saat ini hanya diisi pemain-pemain yang mayoritas belum banyak pengalaman. Hanya Elie Aiboy dan Bambang ‘Bepe’ Pamungkas yang punya cukup pengalaman di level internasional, khususnya AFF.

Meski demikian, Nil masih bisa berharap pada pemain-pemain muda macam Irfan Bachdim, Andik Vermansyah, Oktovianus Maniani, serta beberapa pemain yang berkiprah di Eropa, seperti Johnny Van Beukering, Tonny Cussel dan Arthur Irawan.

Hingga kini, pro-kontra soal komposisi Timnas Indonesia memang masih terus terjadi. Sejumlah kalangan masih menilai, skuad yang dimiliki Nil bukanlah Timnas yang ‘asli’. Namun fakta yang harus kita terima adalah, tim inilah yang memang sah dan legal di mata AFC.

Jadi, suka atau tidak, mari kita dukung penuh perjuangan Timnas Indonesia di Piala AFF, demi nama nasionalisme. Selamat berjuang Tim Garuda…!! (acf) SUMBER
i hope indonesian team successfull in AFF CUP..,biar la nyalla tambah lieur dan 'hot' hehehe..VIVA GARUDA..
0
1.1K
9
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.