Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • [NEWS] Habibie jadi profesor kehormatan di Jepang+standing ovation! (liput langsung!)

agro1986Avatar border
TS
agro1986
[NEWS] Habibie jadi profesor kehormatan di Jepang+standing ovation! (liput langsung!)

Ukuran full di galeri foto Jepang ane di FB

Mantan Presiden Pak Habibie hari ini dateng ke kampus ane di Jepang gan! Jadi ini liputan langsung dari ane yang ngedenger pidatonya, dan fotonya juga diambil pake kamera DSLR ane gan! Ane yang denger pidatonya terharu banget, jadi kalau baca pasti dijamin terharu juga gan!

Pak Habibie datang ke Universitas Nagoya buat nerima penghargaan profesor kehormatan honoris causa. Universitas Nagoya itu salah satu dari 7 universitas imperial di Jepang, jadi bukan penghargaan main-main gan! Artinya Jepang juga ngakuin seorang sosok Habibie sebagai orang yang berjasa besar buat dunia.



Dari awal, ane langsung sadar kalo ini orang beneran orang pinter dan kelasnya emang level presiden. Biasanya kan cuma baca dan denger, kalau ngerasa langsung itu beda gan! Dia tau masalah sosial paling gawat di Jepang yaitu koureika (高齢化), walau dia nggak pake nyebut isitilah Jepang itu. Dia bilang, "Populasi Jepang semakin lama persentasi orang tuanya semakin tinggi, dan sekarang sudah di atas 20%, dibandingkan Indonesia yang orang tuanya cuma 6%. Kalau terus berlanjut, generasi muda produktif di Jepang akan habis dan Jepang ekonominya akan ambruk sehingga bangsa Jepang akan musnah." Kalau bagi orang Jepang, ini masalah yang semuanya tahu dan khawatir. Tapi ane aja yang tinggal di Jepang baru paham dan bener2 sadar masalah ini setelah 2 tahun tinggal di Jepang, setelah denger berkali2 dari temen2 atau guru ane. Lah, dari mana Pak Habibie tahu? Memang wawasannya luas dan tukang mecahin masalah yang skalanya bangsa gan berarti!



Bukti lain wawasannya luas? Dia bilang, orang Indonesia harus belajar berhemat kaya orang Jepang. Orang Jepang jago berhemat, jangan kaya orang Amerika boros, katanya. Ane yang tinggal lama di Jepang, ngerti bener apa yang dia omongin gan. Temen2 ane mahasiswa hampir semuanya kerja paruh waktu (アルバイト, arubaito), jadi mereka bener2 ngehargai uang hasil jerih payah mereka. Beli minuman aja rela jalan ke toko yang agak jauh biar lebih murah 20 yen. Terus naik kereta aja usaha jalan ke 1 stasiun yang lebih jauh biar lebih murah sedikit. Hemat untuk diri mereka sendiri, tapi nggak pelit buat temen (kalau jalan-jalan, mereka pasti beli oleh2 buat temen (お土産, omiyage)). Nah ini Pak Habibie ga pernah tinggal di Jepang, tapi tahu bener karakter orang Jepang! Pasti orang Jepang yang denger bener-bener tersentuh dan merasa dimengerti (pidatonya pake bahasa Inggris).

Terus dia nunjukin bahwa kita bisa bikin pesawat gan, nggak kalah sama negara-negara maju. Dia tunjukin film N250 yang dibikin dan akhirnya takeoff. Terus dia cerita, dia ngediriin IPTN (perusahaan yang ngebikin pesawat) hanya dengan 20 orang, kerja keras sampai berhasil bikin pesawat, dan akhirnya karyawannya sampai ribuan orang, tapi karena krisis ekonomi dan banyak hal, dan karena pemerintah dan IMF ga mau kasih bantuan, akhirnya bangkrut dan hancur. Dia bilang itu sama aja pembunuhan gan. Ibaratnya manusia, awalnya bayi yang nggak bisa apa-apa, akhirnya berhasil tumbuh besar, lulus kuliah dan kerja, tapi karena kesulitan ekonomi misalnya diPHK. Kalau manusia, kan nggak mungkin orang tuanya ngebiarin dia mati kelaparan kan? Pasti diurus sampai dapat kerjaan dan bisa bangkit sendiri. Lah ini IPTN bukan perusahaan asal-asalan, kalau kesulitan harusnya IMF mau bantu, soalnya IMF aja mau bantu Ford (perusahaan mobil amerika) saat dia mau bangkrut. Jadi IPTN dibunuh gan, karena mungkin IMF takut Indonesia menguasai dunia penerbangan komersial! Akhirnya Habibie bilang, walaupun gagal tapi harus coba lagi dari awal karena Indonesia punya kemampuan, dan kali ini dia minta Jepang misalnya Mitsubishi untuk kerjasama (perusahaan raksasa Jepang (財閥, zaibatsu) mulai dari otomotif sampe finance/bank gan)!

Terus dia cerita tentang istrinya yang meninggal karena kanker gan. Waktu istrinya meninggal, dia bener2 sedih sampai udah kaya sakit jiwa gan, di rumah nangis2 terus nyari2 istrinya. Dokter bilang pilihannya 4:
* Ke rumah sakit jiwa
* Tinggal di rumah, dan biar dokter yang dateng ngerawat ke rumah
* (lupa ane pilihan ketiga!)
* Menulis tentang istri tercintanya
Akhirnya Pak Habibie milih nulis ttg istri tercintanya, akhirnya sekarang jadi buku best seller dan mau dijadiin film. Dan yang paling penting, dengan menulis tentang istrinya bu Ainun, akhirnya Pak Habibie bisa menerima kepergiannya dan sekarang sehat lagi gan. Trailer filmnya diputer, keren banget gan orang2 Jepang juga pada suka.

Tujuannya Pak Habibie ke Jepang juga sekaligus berusaha menjalin kerja sama yang lebih erat antar universitas-universitas Jepang dan Indonesia dengan tema-tema riset besar kongkrit. Bukan cuma rencana2 omong kosong gan, sampe perwakilan 20 lebih universitas-universitas Indonesia dibawa ke sini gan! Semakin banyak kerja sama, kemungkinan sekolah ke Jepang semakin banyak gan!



Pokoknya keren banget gan, di akhir pidato semua orang berdiri tepuk tangan, baik mahasiswa Indonesia, mahasiswa Jepang, sampe petinggi-petinggi Jepang! Standing ovation kaya konser yang sempurna gan!!!



Ane seneng Habibie dateng ke kota ane, bukan Tokyo gan... Kota ane Nagoya itu bisa dibilang pusatnya Jepang bagian tengah deh (kalau Tokyo kan agak ke timur). Sekarang Pak Habibie lagi ada di kota ane yang kaya gini gan (foto sendiri):




Seperti ane bilang, semakin banyak kerja sama, kemungkinan sekolah ke Jepang semakin banyak, jadi kalau berkenan sebarin berita ini gan! Galeri foto ane ada di facebook ( link ), tapi kebanyakan followernya masih orang Jepang gan, jadi biar nama Indonesia lebih bergaung lagi di Jepang, kalau berkenan silahkan liat foto Habibie yang ane ambil dan dilike/share juga ya gan emoticon-Smilie (selain bahasa Indonesia, ada bahasa Jepangnya juga biar orang Jepang bisa tau beritanya)!

Hidup Indonesia!
Diubah oleh agro1986 15-11-2012 14:53
0
6.1K
108
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.