Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

advisorAvatar border
TS
advisor
Pertama Kali, Tata Ruang DKI Terbuka untuk Warga
Mudah-mudahan ga emoticon-Repost

Pertama Kali, Tata Ruang DKI Terbuka untuk Warga

Pertama Kali, Tata Ruang DKI Terbuka untuk Warga
sumber gambar

RENCANA Dasar Tata Ruang (RDTR) DKI Jakarta dua puluh tahun mendatang, akan betul-betul terbuka untuk warga, dan mengakomodasi kepentingan warga kota secara keseluruhan. Inilah perubahan baru yang pertama kali, yang juga diinginkan oleh Gubernur baru Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Warga diajak ikut menentukan tata ruang DKI Jakarta. Berbeda dengan selama ini, bahwa rencana tata ruang kota terkesan tertutup, warga tidak perlu tahu, sehingga warga tidak mengetahui bahwa di sekitar permukimannya bakal diperuntukkan untuk bangunan umum, atau bahkan tempat tinggalnya pun bakal tergusur untuk akses jalan.

Untuk mewujudkan keterbukaan itu, Wagub Basuki Tjahaja Purnama pun sudah berencana menyosialisasikan draf RDTR DKI Jakarta 2010-2030 melalui situs internet. Draft tersebut bisa diunduh di situs www.sosialisasirdtrdkijakarta.com dan [url=http://www.forumrdtrdkijakarta.com.]www.forumrdtrdkijakarta.com.[/url] Selain lewat situs internet, draf RDTR akan ditempel juga di kantor-kantor kelurahan, dengan disediakan formulir aspirasi yang bisa diisi warga untuk diteruskan kepada pejabat berwenang.

Yang sering pula ditengarai, bahwa rencana tata ruang yang tertutup selama ini, menjadi bahan “permainan” antara pejabat berwenang dengan para pengembang mall atau supermarket. Akibatnya, di suatu kawasan menjadi macet lalu lintas, karena tidak dipersiapkan infrastruktur tambahan, atau hanya menjejali infrastruktur yang sudah ada.

...........

Untuk APBD misanya, berdasarkan temuan Indonesia Corruption Watch (ICW), banyak mata anggaran dalam RAPBD DKI Jakarta Tahun 2013 yang terlalu mahal, tidak perlu, boros dan perlu dievaluasi ulang.

------------

Sebagai contoh pemborosan, rencana anggaran untuk jamuan resmi Pemprov DKI Rp 5,42 miliar, pengadaan pakaian dinas lapangan Satpol PP Rp 18 miliar, pengadaan alat musik Dinas Kebakaran Rp 1,1 miliar dan partisipasi turnamen golf internasional Rp 8 miliar. Belanja birokrasi pun perlu diperketat. Ingat sinyalemen ahli sejarah Universitas Indonesia JJ Rizal, baru-baru ini, tentang birokrasi Pemprov DKI Jakarta, bagaikan mandor kawat, yakni kerja kendor, tapi korupsi kuat. Jokowi-Basuki diharapkan bisa membersihkannya

Lengkapnya langsung ke TKP gan
Pertama Kali, Tata Ruang DKI Terbuka untuk Warga

--------

Makin salut ama bang jokowi nih. Kalo konsisten gini terus, pasti deh bisa biikin Jakarta Baru. Contoh yang ini aja, kalo tata ruang bisa terbuka/transparan, gak bisa lagi tuh makelar2 maen2 sama pengusaha. Yang mo maenan properti, kudu ati2 juga kali ya skrg hehe...

0
2.9K
22
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.