Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Earth.IndexAvatar border
TS
Earth.Index
PKB Desak Resolusi Jihad Jadi Hari Besar Nasional
PKB Desak Resolusi Jihad Jadi Hari Besar Nasional

PKB Desak Resolusi Jihad Jadi Hari Besar Nasional


Surabaya - Ingin mengekor keberhasilan masyarakat Surabaya yang memperjuangkan pemusatan Hari Pahlawan di kota ini, DPC PKB Surabaya pun mendesak pemerintah untuk menghargai cikal bakal pertempuran sengit selama seminggu tersebut.

Cikal bakal peristiwa 10 Nopember 1945 adalah fatwa dari kiai besar tentang Resolusi Jihad yang berhasil membakar semangat seluruh pejuang di Jawa Timur. Untuk itu, PKB meminta Resolusi Jihad yang dibidani para kiai dan lahir pada 22 Oktober 1945 itu harus dijadikan hari besar nasional agar selalu diperingati setiap tahunnya.

Alasan PKB, itu merupakan jerih payah para kiai untuk memperjuangkan, mempertahankan dan merebut kemerdekaan RI dari tangan penjajah. Dan sudah sepantasnya, jerih payah kiai itu dihargai dengan baik. Menurut Ketua Caretaker DPC PKB Surabaya, Lukman Hakim, Resolusi Jihad sudah sepantasnya menjadi hari besar nasional lantaran peristiwa tersebut sangat berpengaruh terhadap proses kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Resolusi Jihad ini harus terus disuarakan agar generasi saat ini tak kehilangan sejarah. Pasalnya, ada penghilangan sejarah atas Resolusi Jihad ini. Sementara, Wakil Ketua Caretaker DPC PKB Surabaya KH Muhammad Na'im Ridwan atau akrab disapa Gus Na'im juga mengakui kalau warga NU mendesak agar Resolusi Jihad itu harus dihargai dan patut dijadikan hari besar nasional.

“Selama ini catatan sejarah tak pernah masuk dalam kurikulum pelajaran tentang Resolusi Jihad ini. Padahal itu tonggak sejarah atas peristiwa perlawanan Arek-Arek Suroboyo,” tandas Gus Na’im.

Dulu Laskar Hizbullah itu didirikan sebagai saingan dari ini :

PKB Desak Resolusi Jihad Jadi Hari Besar Nasional
Diubah oleh Earth.Index 10-11-2012 02:24
0
4.8K
55
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.