Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

SeoArtAvatar border
TS
SeoArt
Menu Sarapan Khas dari beberapa Daerah di Indonesia
Menu makan pagi atau sarapan pasti agan-agan semua punya bayangan sendiri-sendiri,
apalagi kalo jajan di luar tiap daerah di Indonesia pasti punya makanan khas buat sarapan.
Walaupun kadang ada beberapa makanan yang tidak asli dari daerah tersebut tapi udah jadi ciri khas.

ane mau sharing beberapa menu sarapan khas kota yang pernah ane tinggali ato kunjungi,

langsung aja gan

[quote=]

1. Pertama Ngawi, Jawa timur. Kota asal ane gan di sini sarapan khas nya adalah Nasi Pecel (bukan pecel ayam yang dari lamongan itu ya) mirip ama pecel Madiun karena emang Ngawi sebelahan ama Madiun. Yang membedakan dengan pecel madiun, pecel dari Ngawi ga pake kemangi dan ketimun.
Nasi yang diberi topping sayuran + srundeng + bumbu kacang+ lauk ini rasanya pedes2 manis gitu gan, dijamin bangkitin selera makan kita. O ya sayurannya selain kacang panjang, tauge, ada sayuran yang khas juga gan seperti bunga turi dan kenikir apalagi lauknya tempe goreng + rempeyek kacang dijamin maknyus, he he.
Spoiler for nasi pecel:
[/quote]

[quote=]
2. Yang kedua sarapan khas dari Kota Surabaya, Ibu kota Jawa Timur ini emang dikenal surganya kuliner gan. Ane pernah tinggal disini selama 4 bulan dan juga bibi ane tinggal disini jadi ane emang sering ke Kota ini. Menu sarapan dari surabaya yang ane tau pertama adalah lontong balap, dari namanya udah ketauan pasti ada lontongnya. Kudapan ini berupa kuah sayur yang gurih ditambah bumbu petis, tauge dan tahu goreng yang dipotong2. Ada juga yang dilengkapi dengan sate kerang. Rasanya gurih pedes gitu gan.

Spoiler for lontong balap:


masih dari Surabaya, yaitu soto daging beninggan. Sebenernya sih makanan ini dari Madura, tapi udah khas Surabaya lah. Yang membedakan dari soto kebanyakan, soto ini kuahnya bening ga pake santan + pake daging sapi tentunya.
Spoiler for soto bening:
[/quote]

[quote=]
3. Yang ketiga sarapan khas dari Kota Jakarta. Ini kota tempat ane menuntut ilmu + kerja gan. Ada beberapa menu khas sarapan dari kota ini yang pertama Nasi uduk betawi. Nasi gurih dengan topping berbagai lauk seperti orek tempe, mie, semur tempe tahu ato telur + sambal kacang dijamin maknyus.
Kalo di tempat asal ane ada juga nasi uduk tapi biasanya buat kenduri he2, di jakarta inilah ane juga pertama kali kenal Teh tawar, ini teh kok rasanya ga da manisnya. Pertama kali makan ngomongnya, " Bu nasi uduknya satu sama teh". Mpok nasi uduknya "kalo teh tawar ga di itung mas". wkwkwk.. jadi malu ane.
Spoiler for nasi uduk betawi:


lalu ada juga Ketoprak, walaupun makanan ini asli Cirebon tapi udah biasa kalo pagi mas2 penjualnya keliling buat menjajakan ni makanan. Biasanya dengan memukul piring buat manggil pelanggan. makanan ini berupa ketupat disiram dengan bumbu kacang, tauge, mie putih dan tahu goreng yang dipotong2. Bumbu yang terasa dominan di ketoprak selain bumbu kacangnya juga rasa dari bawang putih mentahnya. Jajanan dari Cirebon yang pake bawang (putih+merah) mentah juga bisa ditemui pada Tahu gejrotnya.
Spoiler for ketoprak:

Selain itu ada juga ketupat sayurama bubur ayam.
Spoiler for ketupat sayur+bubur ayam:
[/quote]

[quote=]
4. Yang terakhir Sarapan khas dari kota Bandung, ane pernah tinggal selama 2 tahun di kota ini.
Kota ini selain dikenal karena fashionnya juga karena surganya pecinta kuliner. ga ada matinya deh kalo masalah jajanan di kota ini mulai dari kelas resto ampe pedagang pinggir jalan. oke gan yang pertama adalah Nasi Kuning, Nasi gurih dengan warna kuning ini layaknya sudah menarik untuk dilihat, dengan bermacam toping diatasnya seperti orek tempe, sambal kentang, keripik singkong pedas dan lauk lainnya dijamin maknyus gan, he2. Kalo ditempat ane nasi kuning biasanya buat acara tertentu buat tumpeng gitu, seperti ulang tahun, he2.
Spoiler for nasi kuning:

lalu ada lontong kare, kupat tahudan bubur ayam. Lontong kare, lontong yang disiram dengan kuah kare+kacang kedelai+ayam/daging/telur. Kupat tahu mirip ama ketoprak cuma ga pake kecap ama bawang putih mentah (cmiiw). Kalo bubur ayamnya sedikit beda dari bubur ayam yang dijual Jakarta, kalo d Jakarta bubur ayamnya disiram dengan kuah kaldu dan bumbu,kalo di Bandung ga pake. [/quote]


Nah itu gan sarapan khas dari daerah yang pernah ane kunjungi, mungkin agan-agan punya cerita sendiri, yuk dishare di sini.
Ini thread pertama ane gan kalo menghibur bisa dirate ato kasih ane cendol he2.

Tambahan dari agan-agan di post ke-tiga
0
8.7K
44
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.