Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AdanWAvatar border
TS
AdanW
Buaya Memiliki Rahang Super Sensitif


WASHINGTON - Ilmuwan dari Amerika Serikat meneliti bintik-bintik hitam di sepanjang rahang buaya. Mereka menemukan bahwa bintik hitam tersebut merupakan area sensitif pada rahang buaya. Dilansir BBC, Kamis (8/11/2012), ilmuwan menemukan benjolan yang terbuat dari sel-sel khusus pada kulit buaya. Benjolan tersebut memiliki peranan utama terkait reaksi mereka ketika berburu.

Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa tebalnya kulit buaya tersebut lebih sensitif ketimbang ujung jari manusia. "Rahang buaya tampak unik. Hampir bisa dikatakan (rahang) ini dapat melakukan beberapa fungsi sentuhan seperti tangan manusia," ujar peneliti Duncan Leitch dari Vanderbilt University, Nashville, Amerika Serikat.Leitch menjelaskan, karena anggota tubuh bagian depan buaya terlalu pendek untuk memahami objek di sekitar.

Maka, hewan karnivora ini menggunakan rahang untuk merawat anaknya. Rahang ini secara lembut membantu membuka telur buaya yang akan menetas dan mengangkut anak-anak buaya dalam mulut mereka.Perilaku ini menunjukkan, tidak hanya buaya itu memiliki kekuatan gigitan yang hebat, namun rahang buaya ini juga bisa dikontrol sesuai dengan tugas tertentu.

Sebelumnya, peneliti belum mengetahui fungsi benjolan dan bintik hitam hingga ilmuwan mampu menjelaskan fungsi bintik hitam tersebut. Peneliti sebelumnya beranggapan bahwa benjolan dan bintik hitam ini merupakan reseptor medan listrik atau magnet, pori-pori untuk mensekresi cairan atau detektor salinitas (tingkat kandungan garam). Di laboratorium, Leitch menguji bagaimana benjolan itu bereaksi terhadap berbagai rangsangan.Leitch tidak menemukan reaksi terhadap salinitas atau medan listrik, melainkan sentuhan sebagai pemicu utama. Temuan ini dilaporkan dalam Journal of Experimental Biology

Quote:

____
emoticon-Peacengajarin buaya renang ada yg mau ? emoticon-Malu (S)
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
743
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.