Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

GraftAvatar border
TS
Graft
Buruh Anggap Ancaman Mogok Produksi Hanya Gertak Sambal & Bohong Besar
Buruh Anggap Ancaman Mogok Produksi Hanya Gertak Sambal & Bohong Besar

Jakarta - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) meragukan kesungguhan para pengusaha untuk melakukan mogok produksi secara massal. KSPI menganggap rencana itu hanya sekedar gertak sambal.

"Omong kosong perusahaan akan hengkang? atau sekedar gertak sambal untuk mempertahankan outsourcing dan upah murah," kata Presiden KSPI Said Iqbal kepada detikFinance, Senin (5/11/2012).

Said mengatakan pernyataan pihak lintas asosiasi pengusaha menyatakan akan ada perusahaan hengkang dan mogok produksi, merupakan kebohongan dan menyesatkan.

"KSPI berpendapat ini adalah pernyataan asosiasi perusahaan yang bohong besar dan menyesatkan," katanya.

Ia tidak percaya bahwa pengusaha terutama investor asing akan hengkang dan mencabut investasi yang sudah mereka tanam di dalam negeri. Menurutnya ini adalah ulah para pengusaha yang 'nakal'. Said menuding Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) melindungi para pengusaha 'nakal'.

"Jadi kami tidak percaya ada perusahaan yang mau hengkang. Ini kamuflase perusahaan nakal untuk menutupi pelanggaran hukum tersebut dan anehnya Apindo mem-backup perusahaan nakal tersebut. Kami percaya masih banyak perusahaan taat aturan yang tetap berinvestasi di Indonesia. Silahkan investasi tapi jangan eksploitasi buruh menjadi miskin terus," cetusnya.

Bagi kalangan pengusaha, rencana mogok produksi dan hengkangnya investasi ke luar negeri bukan isapan jempol belaka. Mereka mengaku sudah bulat untuk melakukan mogok produksi sebagai respons dari demo buruh yang sudah anarkis dan kepastian hukum yang tak jelas dari pemerintah.

Koordinator Forum Komunikasi Asosiasi Nasional (Forkan) Franky Sibarani mengatakan saat ini para pengusaha sedang melakukan konsolidasi terkait rencana tersebut. Pihaknya harus melakukan persiapan gerakan mogok tersebut.

"Sekarang dalam konsolidasi. Kita sudah bulat tapi kan perlu persiapan," kata Franky kepada detikFinance, Senin (5/11/2012)

Franky menuturkan pihaknya belum menentukan wilayah industri mana saja yang melakukan mogok produksi. Sampai saat ini, rencana mogok produksi belum sampai tahap nasional dan belum ada waktu yang ditetapkan.

[URL="http://finance.detik..com/read/2012/11/05/134710/2081700/1036/buruh-anggap-ancaman-mogok-produksi-hanya-gertak-sambal-bohong-besar?f9911023"]Sumber[/URL]
Berita terkait lainnya:
[URL="http://finance.detik..com/read/2012/11/05/142118/2081762/1036/serikat-buruh-aksi-demo-kami-tak-anarkis?f9911023"]Serikat Buruh: Aksi Demo Kami Tak Anarkis[/URL]
------------------------------------------------

Sekarang gw ngerti kenapa RUU Kamnas diperlukan emoticon-Ngakak
Buat basmi Serikat Preman... emoticon-Cendol (S)
0
15.1K
330
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.