Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

djuhdieAvatar border
TS
djuhdie
Bunga Rafflesia patma Mekar Di Kebun Raya Bogor - LIPI
Mudah-mudahan ga repost ya gan..... emoticon-Toast

Berbunganya Rafflesia patma di Kebun Raya Bogor ini merupakan yang ke-4 kalinya sejak tahun 2010. Pada tahun 2010, tiga bunga yang mekar berturut-turut terjadi pada tanggal 3 dan 18 Juni serta 20 Juli, masing-masing berjenis kelamin betina, jantan, dan betina. Keberhasilan ini menambah kebanggaan Kebun Raya Bogor sebagai Pusat Konservasi Tumbuhan dalam menjalankan misinya menyelamatkan tumbuhan langka. Tumbuhan endemik Indonesia ini masih menjadi obyek menarik ilmuwan dunia karena masih banyak aspek kehidupannya yang belum terungkap.

Di samping oleh keberadaan habitatnya yang mulai berkurang, sebagian besar kelangkaannya diakibatkan oleh sifat biologisnya sebagai parasit dan bergantung kepada pohon inangnya, Tetrastigma, sejenis tumbuhan pemanjat dari keluarga anggur-angguran (Vitaceae). Walaupun Tetrastigma banyak ditemukan di hutan-hutan tropis di Indonesia, namun tidak semuanya dapat ditumbuhi Rafflesia. Rafflesia tumbuh pada inang yang sangat spesifik dan tumbuh karena interaksi yang sangat spesifik pula. Karenanya sampai saat ini keberadaan Rafflesia umumnya baru dapat disaksikan di habitat alaminya.

Sampai saat ini, diketahui ada 17 spesies Rafflesia di Indonesia. Salah satu jenis Rafflesia yang terkenal adalah Rafflesia arnoldii yang berasal dari Sumatera dengan ukuran yang sangat besar, berdiameter sampai 1 meter. Di antara jenis-jenis Rafflesia, R. patma merupakan jenis Rafflesia yang pertama kali ditemukan pada 1797 oleh Auguste Deschamps, seorang naturalis berkebangsaan Perancis. Namun baru pada tahun 1825 spesies ini dideskripsikan oleh Blume yang menjabat Deputi Direktur Pertanian Kebun Raya Bogor saat itu (1822-1826).

Upaya menumbuhkan Rafflesia di luar habitatnya sudah tercatat sejak tahun 1800-an di Kebun Raya Bogor. Salah satu keberhasilan yang tercatat adalah Rafflesia patma koleksi H. Loudon yang berbunga pada tahun 1852. Di harian Operechte Harlemse edisi 7 April 1857 mengabarkan R. arnoldii mekar tanggal 9 Februari 1857 yang merupakan koleksi dari Johannes Teijsmann dan Simon Binnendijk. Sejak tahun 2004, penelitian intensif terus dilanjutkan oleh Kebun Raya Bogor, namun dengan tingkat keberhasilan yang rendah. Akhirnya keberhasilan pertama baru diperoleh pada tahun 2010.

Tahun ini merupakan keberhasilan yang kedua, dimana ada dua bunga yang mekar hampir bersamaan. Tantangan ke depan bagi Kebun Raya Bogor adalah bagaimana menghasilkan bunga secara terus-menerus. Para peneliti masih harus bekerja keras untuk membuat jumlah populasinya banyak sehingga kesempatan untuk berbunga dan berbuah lebih besar.
Sumber : http://bogorbotanicgardens.org/berita.php?id=187

emoticon-Traveller Ane barusan dari tkp gan....... Senin (05/11) ini foto jam 9.30an Wib cekibrot gan emoticon-I Love Indonesia.....


Spoiler for "Rafflesia patma":


kalo berkenan boleh kok lempar emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-I Love Indonesia (S)



Special credit for agan AN88, Tambahan penampakan :

Spoiler for "Rafflesia patma Blume 1":


Spoiler for "Rafflesia patma Blume 2":


Spoiler for "Rafflesia patma Blume 3":
Diubah oleh djuhdie 06-11-2012 08:36
nona212
nona212 memberi reputasi
1
4K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.