Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

0ralucuAvatar border
TS
0ralucu
[berita serius] Kritik Anak-Anak Terhadap Polri
Ini Kritikan Tak Terduga Seorang Bocah Soal Kinerja Polisi


[berita serius] Kritik Anak-Anak Terhadap Polri



JAKARTA
Dalam Konferensi Anak Indonesia (KAI) 2012, anak-anak sangat antusias menyimak pemaparan dari Kepala Korlantas Irjend Pol Pudji Hartanto tentang tertib berlalu lintas, Senin (5/11/2012), di Jakarta.

Tertib berlalu lintas harus dilakukan setiap pengguna jalan, tak terkecuali anak-anak. Seperti menggunakan helm berstandar nasional Indonesia, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, serta menghargai pengguna jalan lain.
"Tertib berlalu lintas dapat menolong diri sendiri dan menolong orang lain. Kita selamat, orang lain juga," ujar Pudji.

Dalam kesempatan tanya jawab, anak-anak berebutan melontarkan pertanyaan kepada Pudji. Bahkan ada yang mengritik kinerja polisi.

Seperti Chika, delegasi dari Jawa Tengah, yang mengritik bahwa polisi (yang berjaga di pos polisi di depan rumahnya) bertugas pada siang hari, tetapi ia bertugas terlihat ia cuma tidur di pos. Sedangkan Reza, delegasi dari Jakarta, mengatakan dirinya pernah melihat ada pelanggaran di jalan, tetapi polisi mendiamkan saja, dan ada polisi yang sedang bertugas terlihat sedang menggunakan ponsel.

"Sebetulnya itu tidak boleh. Polisi di jalan harus memerhatikan arus lalu lintas, memberikan pembinaan dan teguran pada orang yang melanggar lalu lintas, kalau membahayakan pengguna jalan lain harus ditilang. Kalau polisinya malah mainan hp, Itu contoh polisi yang tidak baik, polisi tidak benar," ujar Pudji.

Selain itu, ada pertanyaan lain seputar boleh atau tidak menggunakan handsfree, cara memberi tahu orangtua kalau mereka melakukan pelanggaran, apa saja tugas polisi, bagaiamana mencegah kecelakaan lalu lintas, anak-anak yang tidak pakai helm ditilang atau tidak, dan lainnya.

"Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan," tandasnya.

Menurut catatan Kepolisian RI, pelanggaran lalu lintas tahun 2011 sebesar 5.137.352 orang dan Januari - Juni 2012 terdapat 2.100.345 orang.

KAI yang telah diselenggarakan sejak tahun 2001, kali ini melibatkan 36 anak dari 28 propinsi. KAI yang diprakarsai oleh Majalah Bobo, tahun ini mengangkat tema "Keselamatanku di Jalan".

36 anak ini akan sebagai pelopor Keselamatan Lalu Lintas dari Korlantas Polri, Duta Keselamatan Jalan di Indonesia selama tiga tahun berdasarkan SK Dirjen Kementerian Perhubungan, dan duta bagi provinsinya, serta duta bagi Indonesia dikancah internasional dalam Global Road Safety Partnership dari PBB.

Quote:




lugunya anak indonesia.emoticon-thumbsup

andai aku boleh bertanya:"pak pol...duit asuransi yg ditarik dari pembuatan sim dan perpanjangan STNK kemana larinya?jika ada terjadi kecelakaan lalin di jalan[bukan di laut] harusnya kan biaya perawatannya dibiayai oleh asuransi secara otomatis?.emoticon-Bingung (S)
terus kapan polisi bisa mengubah presepsi "kesalahan lalin itu dihitung dari banyaknya roda?"emoticon-Malu (S)
0
2.5K
22
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.