Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

a70n98Avatar border
TS
a70n98
Mengapa Dahlan Tak Lapor Pemerasan BUMN ke KPK?
Mengapa Dahlan Tak Lapor Pemerasan BUMN ke KPK?

"Jangan-jangan dua nama yang saya serahkan itu hanya suruhan."


Mengapa Dahlan Tak Lapor Pemerasan BUMN ke KPK?




VIVAnews – Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan, tidak hanya menyebutkan nama oknum anggota DPR yang diduga memeras jajaran BUMN. Dia juga menyebutkan nama BUMN dan orang dari perusahaan BUMN yang diperas itu.

“Saya serahkan sepenuhnya kepada Badan Kehormatan DPR untuk mengumumkan atau tidak mengumumkan sesuai mekanisme yang berlaku di BK. Saya sudah serahkan nama oknum DPR, nama BUMN, nama orang-orang BUMN yang diminta uang, jumlah uang, dan peristiwanya. Semua sudah saya tulis untuk BK,” kata Dahlan dalam jumpa pers usai memenuhi undangan Badan Kehormatan DPR, Senin 5 November 2012.

Dia dimintai keterangan sekitar 2,5 jam oleh BK DPR. Mantan Dirut PLN itu melaporkan tiga peristiwa pemerasan terhadap perusahaan BUMN yang dilakukan oleh dua oknum anggota DPR. Dari tiga peristiwa, dua di antaranya dilakukan oleh oknum anggota dewan yang sama. “Mereka dari komisi apa, partai apa, fraksi apa, saya serahkan ke BK untuk menelusuri dan menyelesaikannya,”ujar Dahlan.

Kedua nama oknum yang dia serahkan itu, tidak sama dengan 18 inisial nama yang sebelumnya beredar lewat pesan singkat berantai.

Dia mengaku tidak melaporkan upaya pemerasan terhadap anggota DPR itu ke Komisi Pemberantasan Korupsi karena memang itu bukan fokusnya. Menteri BUMN itu menyatakan, fokusnya saat ini untuk menyelamatkan lembaga BUMN dari kebangkrutan karena kerap diperas oknum anggota dewan.

“Semangat saya membenahi BUMN,” ujar Dahlan. Ia juga masih berempati kepada oknum anggota DPR terkait. “Jangan-jangan dua nama yang saya serahkan itu hanya suruhan,” imbuhnya.

Meski begitu, Dahlan kemungkinan akan melakukan konsultasi dengan KPK. “Nanti akan saya pikirkan untuk konsultasi dengan KPK,” kata dia.

Untuk mencegah agar peristiwa serupa tak terjadi di kemudian hari, Dahlan meminta karyawannya di kementerian BUMN untuk memberikan laporan. “Yang penting bagi saya bisa mencegah peristiwa itu meskipun dengan susah payah. Nanti saya minta dari masing-masing BUMN yang mengalaminya untuk memberikan laporan,” kata dia.

Sumber:
http://politik.news.viva.co.id/news/...n-bumn-ke-kpk-
0
867
11
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.