Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fadhilpradityaAvatar border
TS
fadhilpraditya
2 Proyek Jalan Layang Jakarta
Sebelumnya bantu ane rate 5 ya gan
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star


Bukti no repost gan
Spoiler for No Repost:


1. JLNT Antasari-Blok M

Pembangunan jalan layang non-tol (JLNT) Antasari-Blok M sudah mencapai 90 persen. Pembangunannya memang sedikit terkendala dengan pembebasan lahan di kawasan Cipete karena adanya undang-undang baru mengenai proses pembebasan lahan.
Spoiler for JLNT antasari-blok M :

Namun, dipastikan pada akhir 2012 jalan sepanjang 5,2 kilometer ini sudah dapat dioperasikan.

"Ada sedikit catatan pada paket terakhir karena adanya proses pembebasan tanah yang sedikit tertunda. Tapi saya yakin ini bisa dikejar," kata Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, saat meninjau pembangunan JLNT Antasari-Blok M, Minggu (1/7).
Spoiler for JLNT antasari-blok M :

JLNT yang juga dilengkapi dengan underpass ini dibangun dengan anggaran sebesar Rp1,2 triliun. Sementara, pembebasan lahan kurang lebih seluas 1.000 di kawasan Cipete dianggarkan dana senilai Rp20-30 miliar.

Ia menuturkan Pemprov DKI Jakarta lebih memilih membangun jalan secara vertikal karena membebaskan tanah secara horizontal itu hampir tidak mungkin dilakukan lagi. Bahkan, ke depan, lanjut Fauzi, jalan di Jalarta akan dibangun hingga lima tingkat. Hal tersebut mencontoh dari neraga-negera lainnya seperti Tokyo dan Shanghai.
Spoiler for JLNT antasari-blok M :

"Ini adalah salah satu contoh penyelesaian kemacetan yang disebabkan oleh volume kendaraan yang cukup tinggi, jadi kita split antara local traffic dengan true traffic melalui jalan layang ini. Dengan demikian, kita harapkan simpul-simpul atau crossing yang ada di sepanjang Jalan Antasari dan Jalan Prapanca menuju ke Blok M ini, akan bisa berkurang," jelasnya.
Spoiler for JLNT antasari-blok M :

Barangkali 5 sampai 10 tahun ke depan, urai Foke, kita bisa melihat jalan di Jakarta lapis 3, 4, atau 5, seperti di Tokyo dan Shanghai.

Ia menegaskan pertumbuhan kendaraan di Jakarta tidak mungkin dihentikan. Hal tersebut tetap harus diimbangi dengan pertumbuhan jalan yang ada.
Spoiler for JLNT antasari-blok M :

Saat ini pertumbuhan kendaraan di Jakarta mencapai 9-11 persen. Bahkan, ia mempertanyakan jika pembangunan jalan dihentikan, apakah pertumbuhan kendaraan akan bisa ditekan hingga nol persen.
Spoiler for JLNT antasari-blok M :

Saat ini pertumbuhan jalan di Jakarta mencapai 6,4 persen. Walaupun begitu ia juga berharap agar pertumbuhan kendaraan di Jakarta bisa ditekan dengan mengembangkan angkutan massal seperti Mass Rapid Transit (MRT) dan pengembangan bus Transjakarta.
JLNT Antasari-Blok M ini dilaksanakan dalam 6 paket yaitu paket Pasar Cipete, Paket Cipete Utara, Paket Taman Brawijaya, Paket Prapanca, dan Paket Mabak.

2. JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang

JLNT yang berada di daerah Kampung Melayu-Tanah Abang merupakan proyek yang lumayan besar, proyek ini bertujuan untuk mengurangi kemacetan yang telah dialami selama ini. Kepala Bidang Jembatan Dinas Pekerjaan Umum DKI Novizal mengatakan, jalan layang di Kampung Melayu­Tanah Abang dan Antasari-Blok M akan dibangun 10 meter di atas jalan yang sudah ada.
Spoiler for JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang:

Khusus di ruas Kampung Melayu-Tanah Abang, pembangunan jalan akan dinaikkan menjadi 20 meter di atas simpang Jalan HR Rasuna Said dan Jalan Dr Satrio, serta jalan layang di atas Jalan Sudirman. "Di Kuningan. jalan layang nantinya akan berada di atas tiang-tiang monorel sehingga tidak akan mengganggu lintasan jalan monorel yang sedang dibangun diatas jalan layang Jalan Sudirman. Jadi jalan layang di atas jalan layang," kata Novizal
Spoiler for JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang:

Berbeda dari jalan layang Antasari-Blok M, jalan layang Kampung Melayu-Tanah Abang tersebut nantinya akan menggunakan fondasi yang akan .dibangun di median jalan. Dengan demikian, jalan layang ini akan berada di atas taman pemisah jalan di Jalan Casablanca dan Jalan Dr Satrio.
Spoiler for JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang:

Desain jalan dibuat dengan dua jalur.dan keduanya dibuat terpisah dengan celah selebar 3 meter. Celah ini berfungsi meneruskan cahaya matahari untuk vegetasi pada taman di bawahnya.
Spoiler for JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang:

Selain itu, pembangunan jalan layang Kampung Melayu­Tanah Abang itu juga disertai pembuatan sumur resapan di sepanjang jalan tersebut. Sumur ini akan menjadi tempat penampungan air hujan.
Spoiler for JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang:


Semoga berkenan ya gan emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Jangan lupa ihklaskan cendol gan emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Jangan di bata ya gan emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
Diubah oleh fadhilpraditya 02-11-2012 08:13
0
3.8K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.