bakwanwareAvatar border
TS
bakwanware
New KASKUS ancur berantakan : Gini nih jadinya kalo REINVITE THE WHEEL!
Sebelumnya mohon maaf kalo thread serupa udah sering dibikin di suatu tempat entah dimana di jagad Kaskus ini. Ane cuma mau numpahin uneg2 ane yang sampe sekarang kaga bisa abis ane tuang meski udah digelontor pake aer siraman WC. Harapan ane sih ga cuman user Kaskus aja yang baca, tapi juga dari kalangan mimin dan momod yang terhormat.

Pertama yang ane gak habis pikir, NGAPAIN sih Kaskus pake bikin engine forum sendiri segala? Mau nyaingin engine VBulletin yang udah teruji bertahun-tahun kehandalannya dan digunakan di ribuan forum komunitas diseluruh dunia? Atau cuman mau pamer kehebatan programmernya? Kenapa harus REINVENT THE WHEEL? Kenapa harus membuat kembali sesuatu yang sudah ada?

Kalau alasannya untuk ngejar minimalisir OVERPOSTING, ane rasa justru engine VBulletin itu sebenernya udah sangat optimized untuk meng-efisien-kan proses query database dan pengolahan datanya (mengingat ini bikinan perusahaan yang memang berdedikasi di bidang ini dan juga udah terbukti kehandalannya). Kalo alasannya untuk menghindari SPAM, ya harus maklum semakin banyak pengguna suatu software, semakin banyak spammer akan mendekati pula. Nantinya kalo New Kaskus udah sangat rame juga pasti banyak SPAMMER yang menjadikan New Kaskus sebagai sasaran spamming.

Bahkan denger2 untuk mewujudkan New Kaskus ini dibutuhkan dana yang ngga sedikit dan investasi waktu serta tenaga yang luar biasa. Bukankah lebih bijak kalau dana dan investasi sebesar itu dipake buat beli lisensi VBulletin yang terbaru agar bisa dicustom lebih lagi? Seorang lulusan pascasarjana Teknik Mesin mungkin bisa bikin mobil sendiri, tapi ada alasan mendasar yang membuatnya masih milih beli mobil bikinan pabrikan instead of making it himself.

Sangat disayangkan, Kaskus merilis sebuah sistem yang masih sangat amat BUGGY dan BERMASALAH. Ngga main-main, BUG nya menyentuh hal-hal yang VITAL, seperti thread para pedagang FJB yang tiba2 HILANG TANPA JEJAK. Padahal FJB ini adalah salah satu dari NYAWA Kaskus. Gimana kalo orang-orang males jualan di Kaskus lagi gara-gara lapak dagangannya ILANG mulu atau SULIT DIMONITOR? Atau bahkan SULIT DICARI?

Tau berita Apple Map (fitur peta dan navigasi keluaran Apple untuk iPhone) yang dicerca seluruh dunia hanya karena Apple dinilai merilis produk yang BUGGY?

Oke kita akui memang tim developer Kaskus teramat canggihnya sampai bisa bikin yang kaya VBulletin. Tapi apa itu yang diinginkan pengguna? Apa ini hasil yang diinginkan?

Rilis software di tahap awal oke lah kalo masih buggy. Toh Microsoft dengan the mighty Windows series nya juga sering kaya gitu. Atau bahkan sering terjadi juga pada rilis-rilis dari komunitas Open Source. Merilis produk yang setengah mateng. Tapi setidaknya BUG itu bukan sesuatu yang VITAL dan CRITICAL, tidak sampai mengecewakan pengguna yang berpotensi meninggalkan. Dan response yang cepat dalam mengatasi bug terhadap software yang sudah kadung direlease itu jauh lebih penting daripada keahlian programming tingkat dewa sekalipun.

Bukan mau sesumber, tapi sebagai seorang software developer dan juga pengajar di bidang ini, ane perlu tekankan satu hal, bahwa TIDAK MUDAH untuk merilis suatu perangkat lunak. Bikin software CANGGIH itu gampang gan, yang susah adalah menentukan apakah kecanggihan itu TEPAT SASARAN dan efektif digunakan? Dan bukan malah menimbulkan masalah baru?

Coba tengok thread ini : http://www.kaskus.co.id/thread/00000...kus-dimari-gan

Coba bandingkan berapa banyak feedback positif dan berapa banyak yang negatif.

Satu hal yang bikin ane cukup geli liat New Kaskus ini, URL nya!!! URL untuk tiap thread, contoh :
Code:
http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015204241/update-feedback-ke-kaskus-dimari-gan


Apaan tuh angka nol-nol sebanyak gaban itu? Mungkin thread ID, mungkin buat jaga-jaga kalo-kalo nanti saking ramenya digit buat thread ID harus disiapkan sebanyak itu. Tapi jijay aja liatnya. Apa ngga ada cara lain?

Bandingin dengan ini, salah satu forum langganan ane yang masih pake engine VBulletin :
Code:
http://mitsubishiforum.com/forum/mitsubishi-evolution-50/advice-when-looking-purchase-evo-30202/


Ane memang bukan aktivis kaskus. Suara ane ga sebesar para dedengkot forum ini. Ane hanya rakyat jelata di belantara Kaskus ini. Tapi pengalaman ane berforum udah lebih dari 9 tahun semenjak ane kuliah dulu. Ane malang melintang di berbagai forum komunitas baik dalam maupun luar negeri. Bukan mau omong gedhe, tapi dari situ ane paham gimana sih sebuah FORUM, atau Bulletin Board itu seharusnya. Gimana bikin tampilan yang ga cuma eye-catchy aja, tapi juga enak dan bikin betah dilihat, gimana bikin susunan forum dan subforum yang baik, dan sebagainya.

Harapan ane semoga tim Kaskus bisa lebih baik lagi dan lebih profesional dalam memperhatikan kepentingan pengguna.

Sekian dari ane, kurang lebihnya mohon maap yang sebesarnya. Cendol maupun Bata diterima dengan lapang dada. Ane pasrah yang penting uneg2 udah kena gelontor dikit.
Diubah oleh bakwanware 28-10-2012 01:57
0
4.7K
121
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kritik, Saran, Pertanyaan Seputar KASKUS
Kritik, Saran, Pertanyaan Seputar KASKUSKASKUS Official
8.3KThread1.6KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.