adereskitaAvatar border
TS
adereskita
Mengenal Windows 8
Bersamaan dengan peluncuran Windows 8 di Indonesia, vendor partner Microsoft pun berbondong-bondong ikut memperkenalkan produk perangkat bersistem operasi terbaru itu. Dalam acara bertajuk '8perience Day' ini, dipamerkanlah beragam perangkat mulai dari Ultrabook, tablet PC, hingga smartphone.

Salah satu yang paling menarik antusiasme pengunjung adalah jenis komputer tablet yang ditawarkan bersamaan dengan sebuah docking keyboard. Aksesoris ini membuat tablet terlihat seperti sebuah netbook, namun dengan layar sentuh.

Kombinasi bentuk tablet 10 inchi yang ringkas, dipadu dengan docking keyboard, memang menawarkan kemudahan baik untuk bekerja ataupun sekedar bermain. Untuk menebusnya, salah satu produsen menghargai tablet 10 inch tersebut dengan harga Rp.5,9 juta, dan untuk docking keyboard dapat ikut diboyong dengan menambah Rp 1 jutaan.

Tercatat, ada 12 vendor partner Microsoft yang ikut serta dalam acara '8perience Day' di Mal Taman Anggrek ini, antara lain Acer, Hewlett-Packard (HP), Toshiba, Lenovo, Samsung, Sony, Wearness, Zyrex, dan Axioo. Untuk produk smartphone, diwakili oleh vendor HTC dan Nokia.

Kedua produsen ponsel tersebut, sayangnya hanya memamerkan produknya di dalam sebuah etalase. Sehingga calon pembeli yang penasaran belum dapat lebih jauh mengeksplorasi apa saja kelebihan dari ponsel Windows Phone 8 nanti.

"Kami hanya boleh memperlihatkan sebatas tampilan Metro saja, karena aplikasi di dalamnya surprise untuk peluncurannya nanti," jelas pramuniaga yang menjaga booth HTC.

Tak cuma itu, semua produk yang dipamerkan pada '8perience Day' ini tak dapat langsung dibawa pulang oleh calon pembeli yang berniat meminangnya. Karena sebagian besar vendor yang ikut serta hanya menerima pre-order, dan calon pembeli pun baru dapat memilikinya paling lama sebulan dari sekarang.

Sistem operasi Windows 8 dianggap lebih menyasar segmen konsumen dibandingkan enterprise. Oleh karena itulah sebuah laporan menyebutkan bahwa sebagian besar perusahaan diyakini belum berencana menjajalnya.

Sistem operasi baru dari Microsoft ini akan melenggang ke pasar pada 26 Oktober nanti. Banyak fitur yang touch friendly di mana hal tersebut bisa menjadi daya tarik baik bagi pemilik tablet maupun PC.

Namun sebagian pengamar dan pelaku bisnis berpikiran bahwa Windows 8 adalah consumer-oriented product yang hanya sedikit saja menawarkan fitur baru bagi bisnis.

"Windows 8 lebih ke platform konsumen daripada platform bisnis. Tak ada fungsi bisnis tambahan di Windows 8 yang saya lihat," ujar Dough Johnson, Head of Risk Management Policy di American Bankers Association pada Reuters.

Pendapat itu diiyakan oleh analis Gartner, Michael Silver. Ia meyakini bahwa 90% organisasi besar tak akan mengadopsi Windows 8. Menurutnya, paling bagus hanya akan ada 20% PC di organisasi besar yang menjalankan Windows 8.

Kalangan bisnis memang lebih lamban dibandingkan pengguna biasa saat berurusan dengan adopsi software baru. Namun angka 20% tadi dirasa kecil bila dibandingkan periode Juli 2012, di mana lebih dari 50% desktop enterprise menjalankan Windows 7.

Sistem operasi Windows 8 memang masih belum resmi diluncurkan Microsoft. Namun hasil benchmark dari OS teranyar itu sudah wara-wiri di internet. Termasuk ketika dibandingkan dengan pendahulunya, Windows 7. Siapa yang menang?

Seperti dilansir Cnet, pengujian kedua OS tersebut dilakukan perangkat Dell XPS desktop yang dipersenjatai Intel Core i7 3,2 GHz, RAM DDR3 8 GB, sebuah kartu grafis 8400 GS dengan kapasitas memory 512 MB dan sebuah HDD berukuran 1 TB Western Digital.

Memang, pengujian masih dilakukan terhadap versi Windows 8 Release to Manufacture (RTM) yang dihadapkan dengan Windows 7 Service Pack 1 (SP 1). Ada dua kali pengujian yang dilakukan, dimana tes yang kedua sudah dilakukan update pada versi Windows 8 RTM.

Pengujian pertama membandingkan kecepatan untuk menyelesaikan tantangan 'office performance'. Pada tes ini, Windows 8 dapat menyelesaikan tantangan dalam waktu rata-rata 370 detik, lebih cepat dibanding Windows 7 yang mengukir waktu 410 detik. Artinya, Windows 8 terbukti 10% lebih cepat dibandingkan dengan Windows 7 dalam tes ini.

Berlanjut ke tes kedua, dimana kedua versi OS diadu siapa yang lebih cepat 'hidup' saat dibangunkan dari kondisi 'wake from sleep'. Kedua versi Windows ini menunjukan hasil yang sama persis yaitu sekitar 17 detik.

Saat dilakukan tes selanjutnya yaitu multimedia multitasking dan iTunes decoding, Windows 8 mampu menyelesaikan tes beberapa detik lebih cepat yaitu sekitar 340 detik, sedangkan Windows 7 menyelesaikan tes ini dalam waktu 344 detik.

Untuk tes menggunakan cinebench, Windows 8 menunjukkan hasil yang lebih baik dari Windows 7 setelah dilakukan update.

Dari beberapa tes yang telah dilakukan, memang Windows 8 menunjukkan hasil yang lebih menjanjikan sehingga OS ini rasanya mampu melanjutkan kesuksesan Windows 7, atau bahkan melebihinya.

Pun demikian, tes yang didapat pihak lain bisa beragam karena spesifikasi yang berbeda. Namun hasil tes ini setidaknya dapat memberi gambaran performa Windows 8 yang akan segera diluncurkan pada 26 Oktober 2012 mendatang.


Itu aja dari ane gan, maap kalo agan merasa di repost, ane cuman nyari di web berita gan.
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 16 suara
Milih Win 8 apa Win 7
Win 8
44%
Win 7
56%
Diubah oleh adereskita 30-10-2012 00:29
0
3.7K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.