Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

suradisurotoAvatar border
TS
suradisuroto
( Suasana Adem Jakarta ) Jokowi Lepas Kirab Budaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo melepas puluhan ribu peserta Kirab Budaya Rakyat Jakarta yang terdiri dari ratusan grup kesenian, Minggu (28/10/2012), di depan gedung Balai Kota Jakarta.

Pelepasan itu ditandai dengan penekanan tombol sirine dan diikuti dengan long march para peserta kegiatan dari depan gedung Bali Kota DKI, Sarinah. Kirab berakhir di panggung rakyat yang berdiri di dalam Monas.

Didampingi istrinya, Jokowi nampak sumringah mengenakan baju muslim, kopiah, dan sehelai sorban yang melingkar di lehernya. Sementara sang istri anggun dibalut kebaya berwarna ungu.

Kirab Budaya Rakyat Jakarta diramaikan dengan pertunjukan busana, kesenian serta jajanan kuliner.

Ditemui di lokasi, Ketua Pelaksana Kirab Remaja, Krisbudiharjo mengatakan, kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh tepat di hari ini. Ke depan, ia berencana menggelar secara rutin setiap tahunnya.

Berdasarkan data yang dihimpun, jumlah peserta yang ikut memeriahkan Kirab Budaya Rakyat Jakarta pertama ini mencapai 10.020 peserta dari 347 grup. Tak ketinggalan, beberapa daerah dari luar ibu kota juga hadir di tengah kegiatan, yakni beberapa grup dari Surakarta, Kalimantan Tengah, Pekalongan, dan Magelang.

Di lokasi, tampak ribuan warga dari sekitar Jakarta ikut menyaksikan kemeriahan kegiatan ini. Arus lalu lintas terpantau padat karena banyaknya kendaraan yang parkir di kedua sisi jalan Medan Merdeka Selatan.

Sementara Jalan Medan Merdeka Selatan dari arah Tugu Tani menuju Sarinah ditutup karena seluruh badan jalan digunakan sebagai panggung jalanan. Sampai berita ini diturunkan, pameran budaya telah berlangsung.

Sumber



Jokowi Terima Piagam MURI

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo menerima piagam dari Museum Rekor Indonesia (MURI), Minggu (28/10/2012), di tugu Monas, Jakarta. Penghargaan yang diberikan oleh MURI berkaitan dengan penyelenggaraan Kirab Budaya Rakyat Jakarta yang menghadirkan puluhan ribu peserta dengan berbusana daerah.

Deputi Manager MURI, Damian Awan Rahargo yang mewakili Jaya Suprana memberikan piagam itu kepada Jokowi menjelaskan, Jakarta tercatat sebagai pemegang rekor internasional atas inisiasinya menggelar Kirab Budaya Rakyat Jakarta. Dalam kegiatan itu, hadir tidak kurang dari 10.020 peserta yang seluruhnya menggunakan pakaian daerah.

"Untuk pertama kalinya hanya terjadi di Jakarta dan tak ada di belahan dunia lain, Jakarta sebagai pemegang rekor peragaan busana dengan jumlah peserta berpakaian daerah terbanyak," kata Damian.

Untuk diketahui, Kirab Budaya Rakyat Jakarta pertama sengaja digelar hari ini sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda dan menjadikan Jakarta sebagai etalase budaya nusantara yang berbasis budaya Betawi. Jumlah 10.020 peserta yang ikut meramaikan kegiatan ini berasal dari 347 grup dari Jakarta dan berbagai daerah lain di luar Jakarta.

Selain peragaan busana, kegiatan ini juga diramaikan dengan pertunjukkan tari-tarian daerah, ondel-ondel, barongsai, dan pusat jajanan kuliner dari 33 provinsi.

Pagi tadi Jokowi membuka kegiatan ini ditandai dengan penekanan tombol sirine. Kegiatan berlangsung dengan long march dari depan gedung Balai Kota dan berakhir di panggung rakyat di area tugu Monas. Ribuan masyarakat tumpah memadati jalan-jalan di sekitar Monas, situasi lalu lintas terpantau padat.

Sumber

Salut dengan Jakowi yang selalu mendorong kirab2 budaya seperti ini diselenggarakan.. Ane percaya kalau kegiatan seperti ini selalu diadakan dijakarta, stigma negatif Jakarta yang macet, banjir, keras dll bisa sedikit demi sedikit terkikis dan warga jakarta lebih berbudaya... emoticon-I Love Indonesia (S)

Adem lihatnya emoticon-Matabelo
Diubah oleh suradisuroto 28-10-2012 03:14
0
2K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.