Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • [Polling] Bantaran Kali Ciliwung Dipasang Kamera CCTV, setuju-kah anda ?

GhovenAvatar border
TS
Ghoven
[Polling] Bantaran Kali Ciliwung Dipasang Kamera CCTV, setuju-kah anda ?
(Menurut saya) Gubernur DKI yang baru : Jokowi perlu di dukung (oleh warga Jakarta) untuk membenahi Jakarta supaya Ibukota negara ini punya wajah yang baru.

Konsep pemasangan CCTV di daerah bantaran kali Ciliwung (menurut saya) layak dipertimbangkan, karena beberapa alasan :

1. Warga yang berada di bantaran kali Ciliwung (menurut pendapat beberapa orang dan juga pendapat saya) relatif sulit diatur (meskipun tidak semuanya). Mungkin karena tingkat pendidikan yang (relatif) rendah atau sikap masa bodoh mereka (tidak punya kesadaran).

Disclaimer : Saya tidak ada niat atau bermaksud mendiskreditkan mereka. Ini hanya sekedar pendapat, sebagai bahan pertimbangan, barangkali bisa direalisasikan supaya Jakarta bisa lebih baik.

2. Pemasangan CCTV bisa digunakan untuk me-monitor kebersihan kali Ciliwung dan kepedulian warga terhadap kebersihan lingkungan mereka. Jika dibuat peraturan khusus tentang tata tertib kebersihan (di sekitar kali Ciliwung) dan kemudian ada warga yang melanggar, warga tersebut bisa ditegur, dinasehati atau dikenakan sanksi (dengan cara yang baik) oleh petugas dari instansi terkait.

Konsep ini (mungkin) bisa direalisasikan (untuk meningkatkan kesadaran warga) dengan didukung kerjasama dari pihak-pihak terkait, seperti :

1. RT, RW, Kelurahan dan kecamatan setempat.
Kamera CCTV akan dipasang disetiap Kelurahan, kalo perlu disetiap RT/RW. Jika ada warga yang membuang sampah di kali ciliwung, dikenakan sanksi, misal Rp.500.000 atau penjara 2 minggu (untuk sekali buang sampai di sungai). Bayar dendanya pake sistem e-banking (di kelurahan/kecamatan/bank/atm), supaya tidak dikorup oknum dan gampang di monitor oleh petugas yang berwenang. Jika ada warga (yang sama) 3 kali mengulang pembuangan sampah di sungai, tidak dipenjara lagi tapi dikeluarkan/di usir (karena sulit diatur) dari kampung deret/rusun/tempat tinggalnya di sekitar bantaran kali Ciliwung.

2. Departemen Pekerjaan Umum.
Jika ada fasilitas publik (di bantaran kali Ciliwung) mereka inilah yang bertugas membereskannya, termasuk mengeruk sungai yang isinya sampah-sampah.

3. Satpol PP (tanpa pentungan).
Citra mereka mungkin mendekati POLRI, tapi dengan perubahan, masa mereka tidak bisa diberdayakan lagi ? Menurut saya bisa, ketimbang pake "RAMPOK BERSERAGAM" yang sekarang lagi ribut sama KPK.

4. Polisi ????
Pertimbangkan lagi jika akan menggunakan mereka. Nanti yang ada bukan pembinaan terhadap warga, malah rakyat bisa diperas atau dipukuli.

5. Divisi Pengaduan (di kantor Gubernur).
Supaya Gubernur DKI (Jokowi) tau, ada kemajuan atau kemunduran ? Disamping untuk membuat tidak lanjut dari pengaduan warga.

Polling kali ini tolong dijawab ya ,,,,

Setujukah anda di Bantaran Kali Ciliwung Dipasang Kamera CCTV ?

Kalo ada pendapat, pro atau bahkan kontra, silahkan ber-argumen. Gratis dan tidak dilarang.
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 9 suara
Setujukah anda jika bantaran kali Ciliwung dipasang CCTV ?
Setuju, Biar Warga Jadi Tertib dan Punya Kesadaran Kebersihan
100%
Tidak Setuju, Buang-Buang Duit APBD/Negara
0%
0
2.7K
14
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.