KASKUS ×
Get the App View in App
KATEGORI N icon-buat-post BUAT POST
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000003177407/semua-tentang-perjalanan-dengan-kereta-api
Quote:Original Posted By username1990
naek dari maguwo ato tugu mau gan ?
tapi yg jelas di kutoarjo ente agak lama buat nunggu kutut berangkat jam segitu,ada KRD maguwo ekspress yg brngkt Maguwo 15.18 dan brkt tugu jam 15:30

kemungkinan dari tugu puh emoticon-Smilie
thx emoticon-shakehand

oh iya skalian pencerahan puh, kira2 ada alternatip KA ke Jogja PP kelas Eko AC/HOT ngga'? klo KA kyk Progo, Bengawan, Kutojaya utara, GBM udah penuh emoticon-Frown
nasip..mau beli KA bisnis/ekse tapi duitnya pas2an emoticon-Hammer emoticon-Frown *padahal sempet sms TS buat nanya tiket KA eko-hot emoticon-Embarrassment sayang duitnya kepake' mulu' emoticon-Frown

sapa tau ada diantara sesepuh KA ada yg juga pernah ngalamin keabisan KA eko tp tetep ke 7an pake' KA share donk emoticon-Frown

ask : kereta menuju surabaya

permisi agan - agan
mw numpang nanya nih,ane kebetulan ada rencana backpack ke surabaya via kereta,klo boleh tw kereta ekonomi yg jakarta - surabaya brgkt dr stasiun apa ya? n kira2 harga tiketnya brp'an ya?
mohon pencerahan agan - agan sekalian emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By TabungGas3Kg
kemungkinan dari tugu puh emoticon-Smilie
thx emoticon-shakehand

oh iya skalian pencerahan puh, kira2 ada alternatip KA ke Jogja PP kelas Eko AC/HOT ngga'? klo KA kyk Progo, Bengawan, Kutojaya utara, GBM udah penuh emoticon-Frown
nasip..mau beli KA bisnis/ekse tapi duitnya pas2an emoticon-Hammer emoticon-Frown *padahal sempet sms TS buat nanya tiket KA eko-hot emoticon-Embarrassment sayang duitnya kepake' mulu' emoticon-Frown

sapa tau ada diantara sesepuh KA ada yg juga pernah ngalamin keabisan KA eko tp tetep ke 7an pake' KA share donk emoticon-Frown


alternatif : matarmaja turun solojebres sambung prameks atau tawangjaya turun semarang tawang sambung bus , tapi kayaknya penuh juga tuh kereta emoticon-Embarrassment
temen saya mau ke solo , dapet tiketnya adanya tinggal sisaan kutut , akhirnya di ambil juga emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By sikumbang29
permisi agan - agan
mw numpang nanya nih,ane kebetulan ada rencana backpack ke surabaya via kereta,klo boleh tw kereta ekonomi yg jakarta - surabaya brgkt dr stasiun apa ya? n kira2 harga tiketnya brp'an ya?
mohon pencerahan agan - agan sekalian emoticon-I Love Indonesia (S)


jakarta - surabaya

1. gaya baru malam selatan (seinget saya start jam 12.00)
kota - surabaya gubeng
36ribuan

2. kertajaya (seinget saya start jam 15.30)
tanjung priuk - surabaya pasarturi
43ribuan
Quote:Original Posted By Denok21
wkwkw... Bantui angkat barang aja gan di ONS.. emoticon-Stick Out Tongue emoticon-Big Grin

Et dah.. emoticon-Hammer (S)

Quote:Original Posted By dokumen

sekarang pertanyaan ttg KA ke Sukabumi
gw pernah baca trit ttg KA yg dari Bogor ke Sukabumi
namanya lupa, tritnya juga lupa..
kalo ga salah ada Geulis nya gitu
katanya pemandangannya asik..

1. itu KA jenis apa?
Eko panas?
tempat duduknya kaya gimana?
kaya Eko panas ato kaya KRL/CL?

2. berangkat dari Bogor dan Sukabumi jam brapa?
tiketnya brapa?

kalo pemandangannya emank bagus, gw mau cobain
isenk jalan2..
tapi kalo KA nya lebih parah drpd Eko panas (maksudnya ada pedagang bawa2 sayuran ato kambing sgala), wah kayanya cewe gw ga bakalan mau
gw nya sih oke2 aja..

Ane ceritain pake gambar2 hasil jepretan ane aja ya.. emoticon-Smilie
Spoiler for Bumi Geulis
Semua tentang perjalanan dengan Kereta Api

Spoiler for interior
Semua tentang perjalanan dengan Kereta Api

Spoiler for scenery
Semua tentang perjalanan dengan Kereta Api

Lengkapnya ada di FB ane.. emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By TabungGas3Kg
kemungkinan dari tugu puh emoticon-Smilie
thx emoticon-shakehand

oh iya skalian pencerahan puh, kira2 ada alternatip KA ke Jogja PP kelas Eko AC/HOT ngga'? klo KA kyk Progo, Bengawan, Kutojaya utara, GBM udah penuh emoticon-Frown
nasip..mau beli KA bisnis/ekse tapi duitnya pas2an emoticon-Hammer emoticon-Frown *padahal sempet sms TS buat nanya tiket KA eko-hot emoticon-Embarrassment sayang duitnya kepake' mulu' emoticon-Frown

sapa tau ada diantara sesepuh KA ada yg juga pernah ngalamin keabisan KA eko tp tetep ke 7an pake' KA share donk emoticon-Frown

Coba pake Serayu terus sambung dengan Kahuripan atau Pasundan gan.. emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By sikumbang29
permisi agan - agan
mw numpang nanya nih,ane kebetulan ada rencana backpack ke surabaya via kereta,klo boleh tw kereta ekonomi yg jakarta - surabaya brgkt dr stasiun apa ya? n kira2 harga tiketnya brp'an ya?
mohon pencerahan agan - agan sekalian emoticon-I Love Indonesia (S)

Kereta ekonomi relasi Jakarta - Surabaya ada 2 gan, Kertajaya (Tanjung Priok - Pasar Turi) sama GBMS (Pasar Senen - Gubeng).
Quote:Original Posted By galuhsuda
Bumi Geulis kayaknya bang emoticon-Big Grin
btw,yang masinis,
kayaknya nunggu perintah dari mana gitu emoticon-Big Grin
asalnya pas kapan liat CC203 95 02 narik Argo Wilis,
sebulan kemudian kalo gak salah...narik KRD Patas AC PDL-CCL
CMIIW emoticon-Stick Out Tongue


wah iya Bumi Geulis emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By pacardia
IMHO nih gan

1.
2.
3.
4.
5. itu kayaknya wewenang bandung gan yg ngasih tugas
6. satpam kayaknya , di rekrutmen pt kai kalo ga salah pernah nulis gini , di utamakan yang mempunyai ijazah bela diri

----------------
1. KRD masgan
2. dari BOO sore jam 5an , dari skbmi pagi gan , tiket 7 atau 8 ribu gitu


wewenang bandung?
maksudnya gmn boz?
polsuska itu diatur oleh daop bandung?

emank bedanya KRD sama KA kaya Progo, Senjut, Taksaka tu apa?
bukannya sama2 make mesin diesel juga?

Quote:Original Posted By username1990

sebelumnya izinkan nubie menjawab,klo ada yg mau koreksi,monggo emoticon-Angkat Beer
masinis ga sampe ujung emoticon-Big Grin
contoh...masinis daop 1 kebanyakan dari jkt ampe cirebon duank boss

misale bawa senjut yk,dari psr senen dia turun di cirebon,trus di cirebon dines lage kereta yg ke arah jkt emoticon-Big Grin

contoh lage misale argo anggrek,bisa juga lebih dari 2x ganti,jakarta cirebon ganti masinis,trus di semarang ganti masinis lagi emoticon-Wink

klo pramu/prama dari ikut sampe penghujung,beda halnya klo KA jauh,misale dulu ada KA sensing,pramugari ternyata pas ampe semarang tawang ganti lage,cakep2 pula emoticon-Genit:

dan ga cuma 1 kereta,klo reska ya ikut kereta yg make jasa reska,ada juga PT yg bergerak di bidang sejenis reska namanya boga-bogi



yup kemungkinan ganti,klo soal penginapan/mess ane kurang tau dimanaemoticon-Hammer



ga boss,setelah sampe dia ga ikut kereta yg dia naikin sebelumnya,dia istirohat dulu,beda halnya klo pramugarinya robot emoticon-Big Grin



bukan boss dia pegawai KAI manager on duty itu kata lainnya KP = kondukter pemimpin
mungkin ente pernah denger klo kereta mau berangkat PPKA stasiun ngomong di toa "KP masinis KA bla...bla... aman berangkat" nah si manager on duty(KP) tersebut ngasih sign ke masinis(biasanya make senter ama peluit) dari pintu bordes tanda aman brkt



pengalaman ama talent kale yahemoticon-Hammer
soale temen ane masih nubi di bidang masinis tapi dia pertama kale bawa K3,setelah beberapa bulan nah campur aduk tuh bawa K2 ama K3 ac,sampe sekarang dia belom megang KA ekse



----------------------------------------------
1 tingkat diatas satpam keknyaemoticon-Malu
beda halnya PKD ama satpam 11-12 huehehehe



dia bekas KRD boss,ente tau KRD prameks ga?-+ seperti itu emoticon-Stick Out Tongue







tarif 8000


wah sip boz
barusan gw juga nemu posting ente:
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...postcount=3202

jadi gmn jadualnya boz?
1x ato 2x dlm sehari?
kalo cuma 1x dari bogor jam 5, nyampe sukabumi malem..
ngapain gw disana malem2?
pulangnya besok paginya..

btw brapa lama ya perjalanannya?
trus tiketnya 100% dapet bangku ato rebutan?

Quote:Original Posted By scentedflowers
gan saya mau tanya, nanti hari rabu saya berangkat dari solo-pasar senen naik senja utama. kursi penumpang yang dekat jendela biasanya A atau B gan ? misalnya : BIS1 9B sama BIS1 9A itu yang dekat jendela yang mana ya gan.

rencana balik hari minggu dari daerah jakarta/tangerang kereta yang berangkat pagi ke solo kereta apa yang gan ? itu tiketnya bisa dibeli dimana aja, thank you gan, mohon pencerahan


Quote:Original Posted By scentedflowers
kalo yg bisnis itu dari gambir aja ya gan, terus di jogja nya turun di stasiun mana ya gan ?
thank you


ente baru mau beli tiket bisnis ya boz?
saran gw hindari bangku 2CD dan 16AB krn menghadap dinding toilet, jadinya area kakinya sempit banget
mau ga mau harus dibalik jadi berhadap2an dgn 3CD dan 15AB
skalian hindari bangku 3CD dan 15AB krn 4 bangku ini akan berhadap2an dgn bangku 2CD dan 16AB
percuma naek bisnis kalo duduknya berhadap2an kaya eko, kcuali kalo pergi sama temen2/keluarga

ilustrasinya liat di TR gw (bagian 5. Kereta 4, Seat 16A):
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...postcount=4183

Quote:Original Posted By Gie17

Ane ceritain pake gambar2 hasil jepretan ane aja ya.. emoticon-Smilie
Lengkapnya ada di FB ane.. emoticon-Big Grin


wah makasi boz..
ternyata dalemnya kombinasi bisnis dan eko panas ya emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By dokumen
gw punya bbrp pertanyaan nih sehubungan crew KA

1. kalo jadi masinis, prama/i tu tugasnya di KA itu2 juga ya?
bisa bosen donk kalo rutenya itu2 terus

2. dulu seinget gw, pernah liat prami di KA Progo
kok kemaren gada lg ya
di KA Bisnis juga ga pernah nemuin ada prami

3. misalnya KA Taksaka dari Jakarta pagi, sampe Jogja sore, trus berangkat lg malemnya ke Jakarta
nah prama/i nya yg itu2 juga?
ato ganti lg, sementara yg dr Jakarta paginya istrahat dulu trus kembali bertugas bwt Taksaka pagi besoknya dari Jogja?

4. di KA Ekse biasanya ada info Manager On Duty
itu sapa? Kondekturnya?
pegawai KAI ato Reska?

5. penempatan masinis, prama/i di K1, K2, K3 itu berdasarkan apa?

6. polsuska itu beneran polisi dari kepolisian RI yg pake seragam khusus, ato kaya satpam gitu?


1. Masinis ganti ganti gan sepanjang perjalanan, bisa 2-3 org yg jadi masinis emoticon-Smilie maksimal jam dinas masinis itu 8 jam selama 1 hari
2. Prami jg di rolling kadang di KA ini kadang di KA itu emoticon-Big Grin
3. Ganti gan, klo ngga tumbang dia emoticon-Big Grin
4. Manager on Duty / Customer Service on Train itu pegawai PT KAI bukan PT Reska. tugasnya ngelayanin penumpang, pas di bolongin tiket kan ada tuh dia ngikutin kondektur, nah dia nyatetin dimana penumpang yg turun di sta. tengah, ntar pas ud nyampe dia nyamperin satu2 buat dibangunin kalo ud ditujuan emoticon-Big Grin (cuma kelas Ekse aja gan)
5. penempatan masinis mah tergantung kebijakan Daop nya, faktornya macem macem, jam dinas, usia, penglaman supaya kenal lintasnya gan. klo baru di Daop 1 eh dipindah ke Daop 8 kan gawat tuh, dia ga kenal lintas :S
6. Polsuska itu pegawai PT KAI gan, beda ama Security (baju item) itu biasanya dari Outsource kaya Sent*nel dll. Pas di rekrut, dibina dan dilatih ama Polri, TNI, dll.

CMIIW
Quote:Original Posted By Nitrococcus
1. Masinis ganti ganti gan sepanjang perjalanan, bisa 2-3 org yg jadi masinis emoticon-Smilie maksimal jam dinas masinis itu 8 jam selama 1 hari
2. Prami jg di rolling kadang di KA ini kadang di KA itu emoticon-Big Grin
3. Ganti gan, klo ngga tumbang dia emoticon-Big Grin
4. Manager on Duty / Customer Service on Train itu pegawai PT KAI bukan PT Reska. tugasnya ngelayanin penumpang, pas di bolongin tiket kan ada tuh dia ngikutin kondektur, nah dia nyatetin dimana penumpang yg turun di sta. tengah, ntar pas ud nyampe dia nyamperin satu2 buat dibangunin kalo ud ditujuan emoticon-Big Grin (cuma kelas Ekse aja gan)
5. penempatan masinis mah tergantung kebijakan Daop nya, faktornya macem macem, jam dinas, usia, penglaman supaya kenal lintasnya gan. klo baru di Daop 1 eh dipindah ke Daop 8 kan gawat tuh, dia ga kenal lintas :S
6. Polsuska itu pegawai PT KAI gan, beda ama Security (baju item) itu biasanya dari Outsource kaya Sent*nel dll. Pas di rekrut, dibina dan dilatih ama Polri, TNI, dll.

CMIIW


wah makasi tambahan infonya boz emoticon-shakehand
ternyata managernya yg ngintilin kondektur sambil nyatet2 itu ya..

kalo dari pengalaman naek KA sih gw ngrasa polsuska lebih "belagu" drpd satpam ato PKD
buset deh gw bayar mahal naek Argo Lawu eh malah diomelin emoticon-Stick Out Tongue

btw ga mahal ding, cuma 100rb (tiket promo) emoticon-Peace
Denah Tempat Duduk Kereta Api dan Sub Kelasnya

Isenk2 bikin denah nih berdasarkan pengalaman dan pengamatan gw naek KA. denahnya ga skalatis tapi cukup menggambarkan posisi real nya. kalo ada yg salah silaken dikoreksi. smoga berguna bwt yg blom pernah naek kereta dan bingung mau pilih seat yg mana emoticon-shakehand

Quote:
Denah Umum
Spoiler for denah

Eksekutif (K1)
Spoiler for K1

Semua tentang perjalanan dengan Kereta Api

1. Kapasitas
Model 1 berkapasitas 50 Seat dan memiliki ciri pintu yg berada di pinggir. ini kereta favorit gw, soale ada single seat (1C & 13B). mnurut gw Model 1 ini lebih bagus drpd Model 2, tapi sayangnya kita ga tau bakalan dapet kereta yg model mana pas mesen tiket, soale ada rangkaian KA yg ga seragam model keretanya. contohnya gw pernah naek Taksaka Malam dari Jogja rangkaiannya adalah:

K1-1 = Model 2
K1-2 = Model 1
K1-3 = Model 1
K1-4 = Model 1
K1-5 = Model 1
K1-6 = Model 2
K1-7 = Model 2
Spoiler for single seat

Semua tentang perjalanan dengan Kereta Api


Model 2 berkapasitas 52 Seat dan memiliki ciri pintu yg berada di tengah. seat 1D ato 13A dalam kereta model ini mungkin ga dijual. soale seinget gw 3x gw mesen single seat ke petugas loket dikasi 13B. ternyata seat nya double (kereta model 2), tapi gada yg duduk di seat 13A
Spoiler for pintu ditengah

yg merasa punya foto dibawah ini, pinjem ya boz emoticon-shakehand

Semua tentang perjalanan dengan Kereta Api


Model 3 berkapasitas 50 Seat dan sama persis kaya Model 1, tapi cuma terdapat 1 toilet, yaitu didepan seat 1AB. denah blom sempet gw bikin, tapi TR Argo Dwipangga bisa memberikan gambaran ttg kereta model 3 ini

2. Panah Merah dan Biru
kalo perjalanan searah Panah Merah maka seat 1ABC & 2C (Model 1 & 3) dan 1ABCD (Model 2) gada sandaran kaki, sedangkan kalo searah Panah Biru maka seat 12B & 13BCD (Model 1 & 3) dan 13ABCD (Model 2) yg gada sandaran kakinya
Spoiler for sandaran kaki

Semua tentang perjalanan dengan Kereta Api


3. Panah Hijau
artinya seat bisa diputer 180 derajat (berhadap2an)

4. Seat Strategis
Bwt yg doyan jalan2 ato nongkrong di bordes seat strategis adalah 1ABCD, 2ABCD, 12ABCD, 13ABCD. minusnya adalah berisik krn deket dgn bordes dan pas brenti di beberapa stasiun masih banyak pedagang asongan yg triak2 di pintu, ditambah lg ada bbrp crew KA yg males nutup pintu pas masuk/kluar kereta. guncangan juga lebih terasa karena seat berada diatas Bogie (rangkaian roda kereta), tapi lebih halus drpd K2 dan K3

Bwt yg doyan tidur seat strategis adalah yg berada ditengah2 kereta dan disamping jendela: 6A, 6D, 7A, 7D, 8A, 8D

Bwt yg doyan beser pilih Seat B & C krn gampang mondar mandir ke toilet tanpa sungkan sama tetangga


Bisnis (K2)
Spoiler for K2

Semua tentang perjalanan dengan Kereta Api

  1. Kapasitas 64 seat

  2. Panah Kuning
    artinya sandaran bisa dibalik berhadap2an

  3. Panah Merah dan Biru
    kalo perjalanan searah Panah Merah (seat 17 paling depan) maka seat 16AB adalah seat yg paling ga enak krn berhadapan dgn dinding toilet. akibatnya area kaki jadi sempit banget. satu2nya cara bwt mengatasi ini adalah dgn membalik sandaran jadi berhadap2an dgn seat 15AB. nah penumpang di seat 15AB juga jadi kebagian ga enak krn sama aja jadinya kaya naek KA Ekonomi, duduk berhadap2an dan kemungkinan dengkul bisa beradu
    Spoiler for 16AB

    Semua tentang perjalanan dengan Kereta Api

    Semua tentang perjalanan dengan Kereta Api

    Spoiler for sandaran seat 16AB dibalik

    kaya gini jadinya:

    Semua tentang perjalanan dengan Kereta Api

    catetan:
    foto diatas diambil dari http://i52.tinypic.com/f4iqh2.jpg
    karena terlalu gede jadinya gw edit dan reupload
    bagi yg merasa punya foto ini, pinjem ya boz emoticon-Big Grin
    tapi kalo keberatan akan gw apus..

    makasih emoticon-shakehand


    yg diuntungkan adalah seat 17CD karena area kakinya lebih luas drpd seat laennya
    Spoiler for 17CD

    Semua tentang perjalanan dengan Kereta Api


    tapi seat 17CD bukannya tanpa kekurangan. ada beberapa kereta yg langit2nya ga rata dari depan ke belakang. maksudnya di bagian depan dan belakang lebih rendah, yg mengakibatkan seat 17CD ga kebagian bagasi
    Spoiler for langit2 ga rata dibagian ujung/deket pintu)

    Semua tentang perjalanan dengan Kereta Api

    akibatnya gada bagasi diatas seat 17CD

    Semua tentang perjalanan dengan Kereta Api


    sedangkan kalo perjalanan searah Panah Biru (seat 1 paling depan) maka kasus Panah Merah terjadi di seat 2CD. yg diuntungkan adalah seat 1AB karena area kakinya lebih luas drpd seat laennya, tapi bisa jadi juga gada bagasi diatasnya kaya kasus seat 17CD di Panah Merah

    Dulu gw nyangka perjalanan KA dari Jakarta pasti susunan seatnya adalah nomer 1 paling depan, tapi kenyataannya ga selalu begitu. jadi hindari aja 8 bangku ini: 2CD, 3CD, 16AB, 15AB

  4. Kerjasama
    kalo sebelah nawarin bangkunya bwt ente, itu artinya dia minta area kaki ente. jadi dia tidur di area kaki sementara ente selonjoran di 2 bangku. terserah ente apakah mau menerima ato menolak tawaran tersebut emoticon-Big Grin



Ekonomi AC (K3-AC)
Spoiler for K3-AC

Semua tentang perjalanan dengan Kereta ApiSemua tentang perjalanan dengan Kereta Api

  1. Kapasitas
    80 seat (kiri), adalah kereta untuk penumpang umum
    64 seat (kanan), adalah kereta untuk pengguna kursi roda (dalam satu rangkaian terdapat 2 kereta ini, dan biasanya kereta nomer 4, 5, 6. jadi kalo bukan kereta 4 & 5, brarti kereta 5 & 6)

  2. Panah Biru
    untuk kereta yg sebelah kiri artinya seat 1 berhadapan dgn seat 2, seat 3 berhadapan dgn seat 4, seat 5 berhadapan dgn seat 6, dst
    sedangkan kereta yg sebelah kanan, seat 1 & 16 menghadap pintu dan dinding toilet. seat 2 berhadapan dgn seat 3, seat 4 berhadapan dgn seat 5, seat 6 berhadapan dgn seat 7, dst

    seat di 2 jenis kereta ini ga bisa diapa2in lg alias permanen kaya gitu

  3. Seat Asik
    Seat yg asik kayanya yg gw warnain biru tua (prioritas berdasarkan jarak ke bordes). khusus kereta yg sebelah kanan, seat 1 & 16 prioritas bagi pengguna kursi roda (jika ada)



Ekonomi (K3)
Spoiler for K3

Semua tentang perjalanan dengan Kereta Api

  1. Kapasitas 106 seat

  2. AC Split
    KA ini sekarang udah dilengkapi AC Split sebanyak 6 unit per keretanya. jadi anggapan KA ini sebagai KA Eko Panas udah bisa dikurangi emoticon-Stick Out Tongue
    beberapa laporan menyebutkan di siang hari masih berasa gerah walopun ga segerah dulu, dan di malam hari sangat dingin. ada juga yang melaporkan adanya tetesan aer dari ACnya, biasanya yang kena yang duduk disamping lorong (C ato D)

    letak AC di langit2 kereta:
    diatas kursi 6 menghadap ke 5, 4, 3, 2, 1
    diatas kursi 7 menghadap ke 8, 9, 10, 11, 12
    diatas kursi 12 menghadap ke 11, 10, 9, 8, 7
    diatas kursi 13 menghadap ke 14, 15, 16, 17, 18
    diatas kursi 18 menghadap ke 17, 16, 15, 14, 13
    diatas kursi 19 menghadap ke 20, 21, 22, 23, 24

    ga smua kereta letak ACnya di langit2, di beberapa kereta AC dipasang diatas bagasi

  3. Panah Pink
    artinya seat 1 berhadapan dgn seat 2, seat 3 berhadapan dgn seat 4, seat 5 berhadapan dgn seat 6, dst
    seat di kereta ini ga bisa diapa2in lg alias permanen kaya gitu

  4. Recommended Seat
    1AB, 2AB, 23DE, 24DE
    karena deket dgn bordes, jadi gampang kalo mau sekedar refresh pantat ato kalo mau ke toilet
    minusnya rada berisik, dan kadang bau pesing dari toilet nongol pas kereta brenti emoticon-Stick Out Tongue

    3B, 22B
    karena selaen masih deket dgn bordes, masih bisa duduk nyamping kalo pegel ato bwt menghindari dengkul penumpang yang didepan

    4C, 21C
    depannya lowong, jadi bisa nglurusin kaki

  5. Worst Seat
    seat warna merah adalah seat mati gaya. bayangin aja duduk bertiga paling tengah, berhadap2an dgn 3 orang juga. kalo orang yg di kiri kanan badannya gede, yaudah dobel apes..





Quote:
Sub Class
Spoiler for sub class

Apa itu Sub Class (Sub Kelas)?
Secara garis besarnya adalah zona tempat duduk dalam suatu kereta yg (kalo ga salah) mulai diterapkan sekitar April 2013 pada KA kelas Eksekutif, Bisnis, dan Ekonomi AC. jadi harga tiketnya pun bervariasi berdasarkan zonanya itu, tapi gada fasilitas yg berbeda antara subclass yg satu dgn yg laennya
Spoiler for posting terkait

Quote:Original Posted By Nitrococcus

Jadi gini, per Juli 2013 ada sistem tarif baru gan

Eksekutif ada 4 kelas (klo sumber dari tiketkai.com) = A, H, I, J
Bisnis ada 4 kelas = B, K, N, O
Ekonomi ada 4 kelas = C, P, Q, S

Nah, pasti nanya apa bedanya kan.. bedanya tarifnya emoticon-Big Grin
ada yan mahal, ada yang agak mahal, ada yang murah, ada yang agak murah. penentuan tarif beda-beda berdasarkan kursinya, ada di posisi mana, atau di gerbong mana, penentuan by system di PT KAI. Enaknya sekarang buat agan-agan yang naik KA yang cuma "yang penting nyampe" bisa pilih yang murah, "yang pengen nyaman diperjalanan" bisa agak yang mahal dikit, dll. Jadi ada beberapa pilihan tarif, pokoknya pilih aja yang paling murah dulu, klo ud abis, naik ke subkelas yang lain, dst

Saat ini baru mulai sosialisasi gan, kaya batasan2 A itu mana sampai mana, I mana sampai mana, dst. coba aja agan buka tiket.com nah pas pesen coba liat si sub kelas A / yang paling murah gerbong brp, yang agak mahal gerbong berapa, gtu gan emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By wibi82

Betul gan, lengkapnya sebagai berikut
Eksekutif: A, H, I, J, X (Tarif tertinggi A, terendah J, Promo X)
Bisnis: B, K, N, O, Y (Tarif tertinggi B, terendah O, Promo Y)
Ekonomi komersial: C, P, Q, S, Z (Tarif tertinggi C, terendah S, Promo Z)
Ekonomi non-komersial: C (tarif flat)



Jadi apa untungnya beli tiket dalam subclass termahal?
karena posisinya yg berada ditengah kereta, maka:

  1. Goncangan lebih halus
    bagi sebagian orang posisi ini sangat nyaman karena kursi tidak berada diatas Bogie (rangkaian roda kereta), karena kursi yg berada diatas Bogie (deket pintu) goncangannya akan lebih terasa walopun untuk kelas Eksekutif ga terlalu signifikan dibanding kelas Bisnis dan Ekonomi

  2. Lebih tenang
    dalam perjalanan ada aja orang yg mondar mandir kluar masuk pintu kereta (penumpang ato Crew KA), dan kadang mereka males nutup pintunya lagi. kalo pintu kebuka ya brarti berisik

  3. Lebih aman
    bagi sebagian orang juga, ditengah kereta brarti lebih aman karena umumnya para maling lebih milih barang bawaan penumpang yg berada di deket pintu supaya gampang kabur


tapi bwt gw pribadi sih gw ga peduli dgn poin 1 & 2, gw pasti milih subclass termurah emoticon-Stick Out Tongue
kalo poin 3 itu sih tergantung kewaspadaan masing2, dimanapun dan naek apapun emoticon-Ngacir

Spoiler for Denah Subclass


  1. Pengamatan dilakukan via tiket.kereta-api.co.id

  2. Pindah kursi hanya bisa dilakukan dalam subclass yang sama

  3. Jumlah subclass dalam tiap kereta tidaklah mutlak
    misalnya untuk keberangkatan hari ini rangkaian KA X memiliki 4 subclass dalam tiap keretanya, tapi bisa jadi untuk keberangkatan bbrp minggu/bulan kemudian rangkaian KA X itu hanya memiliki 1 ato 2 subclass dalam tiap keretanya, dan ini juga mempengaruhi kuota tempat duduknya
    perubahan2 itu sangat merepotkan kalo denahnya digambarkan spesifik per kereta
    jadi yg gw gambarkan dibawah ini adalah garis besarnya aja (1 kereta per kelas), kereta lainnya dalam satu rangkaian ga berbeda jauh
    susunannya adalah subclass termahal (A, B, C) berada ditengah2 kereta, subclass termurah (J, O, S) berada didekat pintu, dan sisanya berada diantara subclass termahal dan termurah itu


Semua tentang perjalanan dengan Kereta Api.Semua tentang perjalanan dengan Kereta Api.Semua tentang perjalanan dengan Kereta Api

Eksekutif
Harga tertinggi: A, terendah: J
Promo: X (tanggal tertentu), biasanya mengambil seat dari subclass I atau J

Bisnis
Harga tertinggi: B, terendah: O
Promo: Y (tanggal tertentu), biasanya mengambil seat dari subclass N atau O

Ekonomi AC
Harga tertinggi: C, terendah: S
Promo: Z (tanggal tertentu), biasanya mengambil seat dari subclass Q atau S

---------------------------------------

Apakah harga tiket Sub Class selalu berbeda?
Pada tanggal2 tertentu harga tiket bwt smua subclass bisa sama
Spoiler for subclass beda harga sama

Semua tentang perjalanan dengan Kereta Api






Quote:
2 FAQs
Spoiler for 2 FAQ

1. Gerbong atau Kereta?
  • Kereta
    digunakan untuk mengangkut penumpang. umumnya orang2 menyebut "gerbong" walopun yang dimaksud adalah "kereta"
  • Gerbong
    digunakan untuk mengangkut barang
  • Rangkaian
    kombinasi antara lokomotif, kereta, dan gerbong. contohnya:
    - Lokomotif
    - Kereta 1 s/d 3
    - Kereta Makan (dengan ato tanpa Pembangkit)
    - Kereta 4 s/d 7
    - Gerbong


2. Kursi nomer berapa yang paling depan ato belakang?
Ga bisa dipastikan boz! coba baca TR gw ttg KA Eksekutif ato KA Ekonomi


Quote:
Last But Not Least
Spoiler for Penting!

1. Jaga kebersihan ya boz
siapin kantong kresek bwt tempat sampah sementara

2. No Smoking
sekarang udah ketat, ga bole merokok dimanapun diatas kereta emoticon-Hammer
terpaksa nunggu kereta brenti

3. Kalo nongkrong di bordes jangan buka pintunya
ato kalo mau buka, dikit aja. takutnya ada yg lempar batu

4. Have a nice trip emoticon-Ngacir



Spoiler for index

Kumpulan Trip Report, Jadwal, dll bisa diliat disini
Gan tolong dibantu yah, kebetulan gw salah satu penumpang kereta api yang cukup rutin untuk kawasan jkt-smrg, tapi untuk kereta menoreh gw belom pernah coba karena itu merupakan kereta baru, bisa di share ga detail kereta ini gimana? lebih baguskereta eko-ac atau bisnis non-ac? thanks gan.
Quote:Original Posted By pacardia

jakarta - surabaya

1. gaya baru malam selatan (seinget saya start jam 12.00)
kota - surabaya gubeng
36ribuan

2. kertajaya (seinget saya start jam 15.30)
tanjung priuk - surabaya pasarturi
43ribuan



makasi ya gan emoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By dokumen

wah sip boz
barusan gw juga nemu posting ente:
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...postcount=3202

jadi gmn jadualnya boz?
1x ato 2x dlm sehari?
kalo cuma 1x dari bogor jam 5, nyampe sukabumi malem..
ngapain gw disana malem2?
pulangnya besok paginya..

btw brapa lama ya perjalanannya?
trus tiketnya 100% dapet bangku ato rebutan?


Spoiler for jawab sekalian curcol

itu postingan ane lama banget emoticon-Big Grin
waktu itu buge emang dari bogor pagi dari sukabumi sore ternyata okupansinya nyusut emoticon-Hammer lah iya lah ngapain juga dari bogor pagi ke sukabumi ada juga orang2 sukabumi beraktifitas pagi ke bogor emoticon-Ngakak (S)
trus di balik jadwalnya dari bogor sore*tuh kek post si agan pacardia*

agustus (lebaran) emang 2x jalan yg 1reguler yg 1nya lagi fakultatif
musim lebaran liwat ya udah cuma reguler duank yg jalan jadi 1x perjalanan emoticon-Big Grin

soal seat emang di tulis "Tanpa Tempat Duduk" mirip kek prameks

lama perjalanan? KRD geulis normal bogor - sukabumi 2 jam boss
dulu 2007an ikut temen dines tp bukan make KRD guelis ,1 jam-an lebih kira2
gue naek kereta barang kricak(kerikil,batu balas)buat bantalan rel ada 1 jam-an dari bogor sukabumi emoticon-Big Grin keujanan pula namanya di kereta barang,ditambah didaerah maseng ditimpukin anak2 kampung umuran bocah2 tanggung yg lagi pada maen bolaemoticon-Mademoticon-Frownlapangannya samping rel) soale di kereta barang tersebut ada anak2 hemmm apa yah sebutannya,gerombolan anak2 jalanan kale yah....yg ikut KA barang yg gue naikin mereka naek dari bogor,

uniknya pas ditimpukin kereta langsung ngerem ,mundur nyamperin lagi ke spot bocah2 yg pada nimpukin kereta emoticon-Ngakak disamperin ama crew2 KA barang tsb malah kaburemoticon-Hammer baru kali itu gue ngerasain naek kereta ditimpuk tapi kereta malah berhenti,nyamperin pula emoticon-Hammer2

soal pemandangan ga usah ditanya dah,nanjak,sungai juga banyak + diapit2 gunung ,gn.gede ama gn.salak emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By dokumen
Denah Tempat Duduk Kereta Api

Isenk2 bikin denah nih berdasarkan pengamatan dan pengalaman gw naek KA
denahnya ga skalatis tapi cukup menggambarkan posisi real nya
kalo ada yg salah silaken dikoreksi..

smoga berguna bwt yg blom pernah naek kereta dan bingung mau pilih seat yg mana emoticon-shakehand




Spoiler for interior kereta


mantaf emoticon-thumbsup:
misale TS online taro diindex neh emoticon-Angkat Beer

Quote:Original Posted By tetoong
Gan tolong dibantu yah, kebetulan gw salah satu penumpang kereta api yang cukup rutin untuk kawasan jkt-smrg, tapi untuk kereta menoreh gw belom pernah coba karena itu merupakan kereta baru, bisa di share ga detail kereta ini gimana? lebih baguskereta eko-ac atau bisnis non-ac? thanks gan.


sama gan kek eko AC bogowonto ama gawong
klo lebih bersih si eko ac menurut ane,soale kaca jendela ketutup rapet ditambah manoreh masih baru emoticon-Big Grin

|
V
V

Quote:Original Posted By Denok21


3. K-3+ AC a.k.a ekonomi ac
Posisi duduk berhadapan, dengan formasi (2+lorong+2). Kelas ini semua rangkaian dilengkapi AC.
Spoiler for eksterior
Semua tentang perjalanan dengan Kereta Api

Spoiler for interior
Semua tentang perjalanan dengan Kereta Api



sumber
Quote:Original Posted By username1990
Spoiler for jawab sekalian curcol

itu postingan ane lama banget emoticon-Big Grin
waktu itu buge emang dari bogor pagi dari sukabumi sore ternyata okupansinya nyusut emoticon-Hammer lah iya lah ngapain juga dari bogor pagi ke sukabumi ada juga orang2 sukabumi beraktifitas pagi ke bogor emoticon-Ngakak (S)
trus di balik jadwalnya dari bogor sore*tuh kek post si agan pacardia*

agustus (lebaran) emang 2x jalan yg 1reguler yg 1nya lagi fakultatif
musim lebaran liwat ya udah cuma reguler duank yg jalan jadi 1x perjalanan emoticon-Big Grin

soal seat emang di tulis "Tanpa Tempat Duduk" mirip kek prameks

lama perjalanan? KRD geulis normal bogor - sukabumi 2 jam boss
dulu 2007an ikut temen dines tp bukan make KRD guelis ,1 jam-an lebih kira2
gue naek kereta barang kricak(kerikil,batu balas)buat bantalan rel ada 1 jam-an dari bogor sukabumi emoticon-Big Grin keujanan pula namanya di kereta barang,ditambah didaerah maseng ditimpukin anak2 kampung umuran bocah2 tanggung yg lagi pada maen bolaemoticon-Mademoticon-Frownlapangannya samping rel) soale di kereta barang tersebut ada anak2 hemmm apa yah sebutannya,gerombolan anak2 jalanan kale yah....yg ikut KA barang yg gue naikin mereka naek dari bogor,

uniknya pas ditimpukin kereta langsung ngerem ,mundur nyamperin lagi ke spot bocah2 yg pada nimpukin kereta emoticon-Ngakak disamperin ama crew2 KA barang tsb malah kaburemoticon-Hammer baru kali itu gue ngerasain naek kereta ditimpuk tapi kereta malah berhenti,nyamperin pula emoticon-Hammer2

soal pemandangan ga usah ditanya dah,nanjak,sungai juga banyak + diapit2 gunung ,gn.gede ama gn.salak emoticon-Big Grin


ngebayangin pemandangannya dari kalimat ente yg trakhir, kayanya keren banget nih..
tapi kalo ngebayangin kalimat ente yg diawal2, gw jd ngebayangin KRL jabodetabek Depok - Jakarta yg penuh sesak kaya sarden pas jam pergi/pulang kerja..

jangan2 sikonnya juga sama ya boz emoticon-Big Grin
gan bagi info jadwal kereta api jurusan yogya banyuwangi dong

yg kelas ekonomi
gan,purwo k2 n sawung k2,enakan mn y gan??thx gan

akhire bisa ngpost di mariiiihemoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Kaskus (S)
Quote:Original Posted By dokumen


ngebayangin pemandangannya dari kalimat ente yg trakhir, kayanya keren banget nih..
tapi kalo ngebayangin kalimat ente yg diawal2, gw jd ngebayangin KRL jabodetabek Depok - Jakarta yg penuh sesak kaya sarden pas jam pergi/pulang kerja..

jangan2 sikonnya juga sama ya boz emoticon-Big Grin


klo soal sama menurut ane masih ekstrim KRL ekonomi jkt-bogor boss emoticon-Big Grin
keknya buge yg sekarang udah ga se ekstrim yg dulu emoticon-Big Grin
pernah jaman2 camping ground ke daerah sukabumi dan sekitarnya klo ga salah dulu sekitar tahun 2005an tuh buge udah kek angkotemoticon-Big Grin,beberapa kali ane liat angkut penumpang di tengah2 perjalanan,ada juga yg bawa hasil bumi,ane liat ada yg bawa pisang 1 tandan belum lagi ada yg bawa ayam emoticon-Ngakak setahun kemudian(2007an) pensiun tuh KRD dikarenakan trak ama armada yg mengenaskan
tahun 2007 pas mau dijalanin lagi batu kerikil bantalan rel(ballast) udah pada ilangemoticon-Ngakak (S) denger2 tuh kerikil di ambil ama warga sekitar buat campuran bangun rumah emoticon-Big Grin
akhirnya ditimbun batu ballast lagi deh*yg ane ikut kereta barang kricak*emoticon-Hammer

btw keknya buge mo di stop sementara deh soale rel ama bantalan mau diganti tapi ga tau kapan emoticon-Peace
yg sekarang make rel R33 mau di upgrade R54
bantalan baja mau di ganti make beton
soale ada pic di sekitar stasiun tsb *yg punya pic pinjem dolo yaks* emoticon-Stick Out Tongue

pic1

pic2

Quote:Original Posted By accelero
gan bagi info jadwal kereta api jurusan yogya banyuwangi dong

yg kelas ekonomi


cuma ada ekonomi sritanjung gan
pagi,naik dari lempuyangan jam 07:30 sampe banyuwangi jam 9an malem
harga tiket
eko panas(non ac) Rp.35.000
eko ac split Rp.120.000

Quote:Original Posted By satriakarisma
gan,purwo k2 n sawung k2,enakan mn y gan??thx gan

akhire bisa ngpost di mariiiihemoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Kaskus (S)


klo ke bumiayu-purwokerto-kroya sih mending pilih purjay gan
soale dia lebih cepet kereta pembuka jalan dan lebih enaknya lagi misale ente tinggal di bekasi ga usah jauh2 ke gambir,soale purjwo masih berhenti di JNG dan bekasi

klo sawunggalih jalan pagi jam 8an udah agak crowded jam segitu,belom lagi misale dia agak ngodong dikit aja bisa jadi bakal kesusul kereta di belakangnya(taksaka)

======================================

mau ngepost kok overpost molo yah ato ga 502 bad gateway emoticon-Bingung (S)

oh iya just info KRD maguwo ekspress (purwokerto - maguwo) saat ini berhenti beroperasi sampe batas waktu yg tidak ditentukan dikarenakan mengalami kerusakan,sempet make rangkaian cadangan K2 2kereta tapi banyak komplen dari pengguna soale rangkaian bisnis ga ber-ac,akhirnya stop beroperasi

gimana ke stasiun tambun..

Gan.. sabtu ini ane ada kondangan ke Tambun. Kebetulan lokasinya deket stasiun tambun.

Kira2 gimana caranya ane dari Bandung bisa sampe ke stasiun Tambun. Ganti kereta gpp gan.. rencananya sih ane dari bandung pengen pake Parahyangan yang paling pagi. turun di bekasi. trus nyambung deh pake somehting. nah kalo kereta kan enak tuh. tanpa hambatan, tanpa macet. hehe

thanks b4.
Quote:Original Posted By d3m14w
Gan.. sabtu ini ane ada kondangan ke Tambun. Kebetulan lokasinya deket stasiun tambun.

Kira2 gimana caranya ane dari Bandung bisa sampe ke stasiun Tambun. Ganti kereta gpp gan.. rencananya sih ane dari bandung pengen pake Parahyangan yang paling pagi. turun di bekasi. trus nyambung deh pake somehting. nah kalo kereta kan enak tuh. tanpa hambatan, tanpa macet. hehe

thanks b4.


enta mau naik parahyangan yg jam berapa dari bandung?
klo ente sampe bekasi jam 9 pagi sih bisa sambung naek KA ekonomi lokal odong2 yg berangkat bekasi jam 9:30 menuju tambun

harga tiket 1500 s/d 2000 perak emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By username1990


enta mau naik parahyangan yg jam berapa dari bandung?
klo ente sampe bekasi jam 9 pagi sih bisa sambung naek KA ekonomi lokal odong2 yg berangkat bekasi jam 9:30 menuju tambun

harga tiket 1500 s/d 2000 perak emoticon-Ngacir


pengennya sih paling pagi, jam 5an. tapi setelah ane cek, yang jam segitu ga berenti di bekasi. bablas ke jatinegara. paling yang jam 6.30.. tapi nyampe bekasi jam 9.47 (kalo ontime).. emoticon-Cape d...

solusi lain pake bis + angkot.. tapi ane g ngerti jkt, mesti berpetualang nih.. mana ane bawa baby.. que sera sera deh

btw: dari kereta yg ke tambun dari arah jkt jadwalnya liat d mana ya? atau ada yg apal. siapa tau bisa dicari strategi yg lebih enak.

thanks bgt
Quote:Original Posted By d3m14w


pengennya sih paling pagi, jam 5an. tapi setelah ane cek, yang jam segitu ga berenti di bekasi. bablas ke jatinegara. paling yang jam 6.30.. tapi nyampe bekasi jam 9.47 (kalo ontime).. emoticon-Cape d...

solusi lain pake bis + angkot.. tapi ane g ngerti jkt, mesti berpetualang nih.. mana ane bawa baby.. que sera sera deh

btw: dari kereta yg ke tambun dari arah jkt jadwalnya liat d mana ya? atau ada yg apal. siapa tau bisa dicari strategi yg lebih enak.

thanks bgt


ndak usah bingung gan emoticon-Malu (S) ente naik parahyangan yg jam 5 aja
kan sampe jatinegara jam 8 kurang ,nah bisa sambung kereta ekonomi odong2 yg ane maksud tadi deh dari sta jatinegaraemoticon-Shakehand2

itu kereta ekonomi odong2 yg ane maksud brkt dari tanjung priok,melewati senen ,jatinegara,bekasi,tambun.....dst s/d purwakarta


tiket penataran sby - mlg , di reserve apa beli hari H gan?