Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
27
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016719907/catper-gn-talang-sumatera-barat
Dari ajakan disebuah forum, maka pada tanggal 29-30 september 2012 disepakati untuk diadakan pendakian ke Gunung Talang, Sumatera Barat. Sedikit tentang Gunung Talang : Gunung Talang (nama lainnya Salasi atau Sulasi) merupakan gunung berapi yang terletak terletak di Kabupaten Solok provinsi Sumatera Barat, Indonesia Gunung Talang berlokasi sekitar 9 km dari Arosuka, Ibukota Kabupaten Solok, dengan
Lapor Hansip
01-10-2012 15:55

[Catper] Gn Talang Sumatera Barat

Dari ajakan disebuah forum, maka pada tanggal 29-30 september 2012 disepakati untuk diadakan pendakian ke Gunung Talang, Sumatera Barat.

Sedikit tentang Gunung Talang :
Gunung Talang (nama lainnya Salasi atau Sulasi) merupakan gunung berapi yang terletak terletak di Kabupaten Solok provinsi Sumatera Barat, Indonesia

Gunung Talang berlokasi sekitar 9 km dari Arosuka, Ibukota Kabupaten Solok, dengan jarak sekitar 40 km sebelah timur Kota Padang

Gunung ini bertipe stratovulcano dengan ketinggian 2.597 m, merupakan salah satu dari gunung api aktif di Sumatera Barat, dan salah satu kawahnya menjadi sebuah danau yang disebut dengan Danau Talang, Gunung Talang sudah pernah meletus sejak tahun 1833 sampai dengan tahun 2007, letusan terparah dalam 10 tahun terakhir terjadi pada 11 April 2005. Letusan Gunung Talang seringkali berhubungan dengan kejadian gempa di Sumatera Barat.

Dibanding Gunung Merapi dan Singgalang, Gunung Talang termasuk yang jarang didaki, ini dikarenakan sulitnya transportasi menuju ke desa awal pendakian, Desa Batu Barjanjang. Desa ini dapat dicapai dari arah Kota solok dengan menggunakan Angkutan desa menuju Bukit Sileh dan hanya sampai desa Jorong Pasar, setelah itu bisa dilanjutkan dengan ojek atau jalan kaki kalo kuat ke Batu Barjanjang, Kampung bawah gunung.

Review Perjalanan
Perjalanan dimulai dari Kota Padang, setelah menembus kemacetan karena ada acara wisuda di Universitas Negeri Padang, sampailah kami di pool bus Jasa malindo, Jalan raya Dr. Sutomo/Aru, Lubuk Begalung. dari sini dilanjutkan dengan menumpang bus Jasa malindo kearah Kota Solok namun kami tidak akan turun di kota Solok, tapi nanti akan turun di Cupak.

Gak pake lama menunggu bus pun berangkat pukul 13.00, sepuluh menit perjalanan bus berhenti ternyata jalan Padang – Solok sedang dilakukan sistim buka tutup lalu lintas selama 1 jam karena sedang dilakukan pembangunan jalan sitinjau laut. Setelah sabar menunggu bus pun berangkat. Di desa cupak kami turun, dan langsung menuju ke Jorong Kampung Pandan, rumah M. Ridho/ Yahya, sobat TS.

Dari sini kami menunggu teman-teman dari Sawahlunto dan Batu sangkar, yang sudah mencarter kendaraan dari kota Solok. Jam 16.00 yang ditunggu akhirnya pun datang, setelah pamit ke orang tuanya Yahya, kami berangkat ke desa batu barjanjang.

Talang
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
[Catper] Gn Talang Sumatera Barat
01-10-2012 16:00
Batu barjanjang - Pintu Rimba 17.42 – 7.30

Sampai ke desa batu barjanjang, kampung bawah gunung, dilanjutkan berjalan kaki ke arah mushala, dari sini titik awal pendakian kita, setelah berdoa memohon agar lancar selama pendakian, sayang tidak ada pos jaga atau keharusan lapor diri hanya sekedar melapor ke bapak penjaga mushala.

Trek awal ikuti jalan cor semen, lumayan nanjak, sampai akhir coran belok kanan lewati ladang penduduk terus keatas sampai ketemu sumber air, disini kita isi air, karena diatas gak ada air, hanya ada telaga disamping kawah…:capedeh

Karena hari sudah magrib kita istirahat sebentar sebelum memasuki pintu rimba…sholat jamaah magrib dan isya di jama’…waw ternyata sedang Bulan purnama..indahnya..
Sebelum pintu rimba, trek lumayan jelas walau ditutupi semak serupa bambu ato alang-alang.

Talang

Talang

Talang


Pintu Rimba – Camp 7.45 – 22.00
Setelah Pintu rimba trek lumayan landai, masih banyak semak dan sudah mulai rapat hutannya…awas pacet lho…tapi rupanya pacetnya lebih suka nempel ke cewe dari pada cowo..pacet kurang ajar tau aja betis mulus…he..he…he..

Terus keatas rupanya tambah sanggar jalurnya, untung aja malam itu cerah gak kebayang kalo hujan, jalan 10 menit break...jalan lagi 10 menit break…maklum bukan dengkul racing, ada 2 tanjakan yang lumayan tajam…monyet-monyet pada ribut diatas pohon rupanya sedang musim kimpoi, ternyata klo pas Bulan purnama itu musimnya mereka kimpoi, setelah melewati pohon pandan-pandanan dan satu tanjakan tajam lagi akhirnya sampailah di camp, cari ranting-ranting kering dulu buat perapian…suhunya bbbbrrrrrrr dingin banget

Perapian dah nyala, mulai deh masak-masak…masak air dolo buat bikin susu jahe, setelah itu Indomi plus sayuran sop yang udah dimasak bawa dari rumah, makanan panas penting perlu lho buat jaga stamina.
Setelah selesai makan dan session ngumpul depan api unggun sambil curhat, ngelawak dll jam 12 masuk tenda…tenda Cowok dan Cewek pisah lho…
0 0
0
[Catper] Gn Talang Sumatera Barat
01-10-2012 16:08
Summit Attack, Camp – Puncak 1 05.20 – 06.00

Bangun…teriakan bang ridho mengejutkan pagi itu, walau kurang nyenyak tidurnya karena dingin banget plus suara ngoroknya riki yang double bass, masak air hangat, sholat Subuh..mulailah perjalanan kebatas cadas, posisi camp di 2282 mdpl sebenarnya gak terlalu jauh dari cadas, hanya jalan 5 menit. Sebelum sampai puncak satu sudah sunrise tapi sayang mataharinya tertutup awan, meskipun begitu cuaca cerah masih bisa melihat lampu-lampu Kota Solok dan sekitar,

Sampai dipuncak satu wow..bwgitu indah negeri ini..View danau diatas, danau dibawah dan danau Talang, serta bayang-bayang danau Singkarak..Gunung Kerinci, Gunung Tujuh diselatan, Gunung Merapi-Singgalang di utara.
Talang

talang

sunrise



Puncak 1 – Puncak Talang 06.24 – 07.00

Hari semakin terang perjalanan dilanjut, trek dibatu cadas semakin terjal, ada kepulan asap solfatara disebelah kanan, tumbuhan didominasi semak, cantigi, dan edelweis dulunya kawasan ini merupakan padang edelwis, namun sayang banyak yang mati terkena letusan, jalan melipir kesebelah kiri. Nampak jurang dan pohon cantigi yang kering karena erupsi tahun 2007. Lewati peralatan seismograf BVMKG lewati gigir menyebrang kekiri sampai lah di puncak Talang 2597 mdpl. Gak terlalu lama dipuncak karena angin bertiup kencang sekali kami turun kesisi selatan arah kawah gunung Talang.

Pukul 7.41 sampai dikawah…ambil session foto-foto…makan snack yang dibawa dari tadi..sayang telaga diatas kering..jam 8.45 kami beranjak turun..(tepatnya lagi harus nanjak balik ke puncak hadeuh..setelah sampai puncak baru turun)

Jam 10an sampai kembali di camp, makan siang ato sarapan ya..pokoknya makan dulu, menu kali ini Mie rebus sosis, telur rebus, tahu goreng, dan kentang goreng, pokoknya kenyang.

Jam 11.00 setelah packing dimulai perjalanan turun. Target sampai sampai dibatu barjanjang jam 13.00 ternyata molor jadi jam 14.00, maklum banyak yang ngesot…he..he.., setelah semua tim kumpul lanjut jalan lewati jalan desa bawah gunung ketempat mobil carter yang mengantar kami kemarin
Sebelum pulang mampir dulu di pemandian air panas di Jorong Air anget, bukit kili-kili..wow nikmatnya, berendam dan mandi di air hangat, kaki dan badan yang pegal-pegal sirna.

Talang

Talang

Talang

Talang

Talang

Talang

Talang

Talang



Trek talang


file GPS Trek talang


Thank to Allah SWT atas ijinnya, Ridho & Yahya, teman2 dari co-assisten RSUD Sawahlunto & Batusangkar...see you next trip...

Klo berkenan, gak nolak klo ada yang kasih emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L), asal jangan di emoticon-Bata (S) ya
Catatan :
  • Transportasi ke desa terdekat agak sulit, kami mencarter angkutan 45 ribu satu orang PP
  • Sumber air minim, disarankan membawa jerigen 3-4 liter.
  • Karena gunung aktif disarankan mencari informasi dahulu sebelum mendaki.
0 0
0
[Catper] Gn Talang Sumatera Barat
01-10-2012 16:40
ane pertamaxxx gan..

emoticon-Cool


emoticon-Selamat yah..

tuh gunung sering didaki atau masih alami yah kk??..

nubie tumpang nanya...
0 0
0
[Catper] Gn Talang Sumatera Barat
01-10-2012 17:44
selamat kk emoticon-shakehand
viewnye keren jg emoticon-Big Grin

blm pernah nyebrang ke sumatra emoticon-Frown
0 0
0
[Catper] Gn Talang Sumatera Barat
01-10-2012 19:44
wooow, nice view emoticon-Blue Guy Peace
TS bersediakah morterin, kita orang dr Jekardah, emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
[Catper] Gn Talang Sumatera Barat
02-10-2012 11:35
Quote:Original Posted By rianmanda
ane pertamaxxx gan..

emoticon-Cool


emoticon-Selamat yah..

tuh gunung sering didaki atau masih alami yah kk??..

nubie tumpang nanya...



Gunung Talang, termasuk gunung yang jarang didaki, tapi jalurnya sudah jelas kok, kemarin naik dan turun cuma ketemu 4 orang.., memang gak sealami Gn. Talamau yang masih banyak tapir ato macan dahan sih...emoticon-Takut (S)

Quote:Original Posted By omanputih
wooow, nice view emoticon-Blue Guy Peace
TS bersediakah morterin, kita orang dr Jekardah, emoticon-I Love Indonesia (S)


bole om.., kapan datang? emoticon-thumbsup:

Quote:Original Posted By Jawir40
selamat kk emoticon-shakehand
viewnye keren jg emoticon-Big Grin

blm pernah nyebrang ke sumatra emoticon-Frown


kapan2 harus jajal gunung di Sumateraemoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
[Catper] Gn Talang Sumatera Barat
02-10-2012 11:57
WAOWW..emoticon-Matabelo Nais trip Gan...

Salmek atas tripnya..emoticon-Salaman

Ane sudah pernah mampir ke danau atas danau bawah, jadi pengin naik ke Gunung Talang. emoticon-Malu (S)
0 0
0
[Catper] Gn Talang Sumatera Barat
02-10-2012 17:38
kerennn...emoticon-Matabelopernah denger beberapa x nama gunung ini,indah juga ya,,,layak dikunjungi nih kl maen kesana
0 0
0
[Catper] Gn Talang Sumatera Barat
02-10-2012 19:57
great job kk emoticon-thumbsup
yg di sumbar taunya cuma singgalang, marapi, tandikek, talamau..trnyata ada banyak yaa... emoticon-Matabelo

pengen maen2 ke minangkabau... emoticon-Mewek
0 0
0
[Catper] Gn Talang Sumatera Barat
03-10-2012 08:49
Quote:Original Posted By kraksaantimur
WAOWW..emoticon-Matabelo Nais trip Gan...

Salmek atas tripnya..emoticon-Salaman

Ane sudah pernah mampir ke danau atas danau bawah, jadi pengin naik ke Gunung Talang. emoticon-Malu (S)


emoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By perabotanlenong
kerennn...emoticon-Matabelopernah denger beberapa x nama gunung ini,indah juga ya,,,layak dikunjungi nih kl maen kesana


harus kk emoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By Qimizan
great job kk emoticon-thumbsup
yg di sumbar taunya cuma singgalang, marapi, tandikek, talamau..trnyata ada banyak yaa... emoticon-Matabelo

pengen maen2 ke minangkabau... emoticon-Mewek


masih banyak om disini yang bisa diexplore, tapi yang recomended Talang sama Talamau (saya belum kesana sihemoticon-Malu (S), baru merapi, singgalang sama talang saja, tapi banyak yang saranin nanjak kesana, min perlu waktu 3D2N sayang waktunya saia gak bisa lama2)
0 0
0
[Catper] Gn Talang Sumatera Barat
03-10-2012 08:58
cuma bisa bilang W O W untuk tripnya

emoticon-Shakehand2 buat tripnyah .. ternyata minangkabau buanyak gunungnya yah
emoticon-Malu baru tau nubi ..
0 0
0
[Catper] Gn Talang Sumatera Barat
14-10-2012 00:12
kakak ijin save as materi disini ya buat arsip pribadi emoticon-Malu
0 0
0
[Catper] Gn Talang Sumatera Barat
15-10-2012 11:01
keerreenn kk trip nya emoticon-Belo
salmek yah kk emoticon-shakehand:


entah kapan bisa melipir untuk menjejakan kaki di pegunungan sumatra emoticon-Frown


Quote:Original Posted By scr_24
kakak ijin save as materi disini ya buat arsip pribadi emoticon-Malu


kayanya mau silit trip ke mari neh emoticon-Malu
0 0
0
[Catper] Gn Talang Sumatera Barat
16-10-2012 15:37
Quote:Original Posted By scr_24
kakak ijin save as materi disini ya buat arsip pribadi emoticon-Malu


Silahkan dipakai asal gak komersil aja....he..he..
Gak nolak klo mo ksh emoticon-Blue Guy Cendol (L): lho
0 0
0
[Catper] Gn Talang Sumatera Barat
17-10-2012 00:38
gunung perdana ini emoticon-Belo

banyak cerita dimarih,dari talang sebelum meletus sama yg setelah meletus emoticon-Embarrassment

ada anjing di desa tsb yg selalu ngikutin pendaki sampai puncak,di beri nama kafir ama temen2 gara2 tu anjing kalau diatas selalu deketin pendaki utk minta makan,pas dibawah kayak gak kenal emoticon-Hammer


makan markisa sambil berendam di air anget di desa emoticon-Embarrassment


jadi pengen kemari lg pas mudik emoticon-Embarrassment



============================================================

for TS : urang solok da? emoticon-Big Grin
0 0
0
[Catper] Gn Talang Sumatera Barat
17-10-2012 01:02
Quote:Original Posted By oyoy84
keerreenn kk trip nya emoticon-Belo
salmek yah kk emoticon-shakehand:


entah kapan bisa melipir untuk menjejakan kaki di pegunungan sumatra emoticon-Frown




kayanya mau silit trip ke mari neh emoticon-Malu

kalo suatu waktu mendadak pingin dan nganu aja kok qaqa emoticon-Malu
Quote:Original Posted By Masari
Silahkan dipakai asal gak komersil aja....he..he..
Gak nolak klo mo ksh emoticon-Blue Guy Cendol (L): lho

tengkiu qaqa emoticon-Kiss
Quote:Original Posted By andrehidayat
gunung perdana ini emoticon-Belo

banyak cerita dimarih,dari talang sebelum meletus sama yg setelah meletus emoticon-Embarrassment

ada anjing di desa tsb yg selalu ngikutin pendaki sampai puncak,di beri nama kafir ama temen2 gara2 tu anjing kalau diatas selalu deketin pendaki utk minta makan,pas dibawah kayak gak kenal emoticon-Hammer


makan markisa sambil berendam di air anget di desa emoticon-Embarrassment


jadi pengen kemari lg pas mudik emoticon-Embarrassment



============================================================

for TS : urang solok da? emoticon-Big Grin

emoticon-Ngakak
anjing ga tau diri emoticon-Ngakak (S)

kabarin da kalo mo mudik emoticon-Stick Out Tongue





dari cerita TS ngomongin pacet jadi merinding emoticon-Hammer
shock di singgalang emoticon-Frown emoticon-Frown
0 0
0
[Catper] Gn Talang Sumatera Barat
17-10-2012 07:09
Quote:Original Posted By scr_24
kalo suatu waktu mendadak pingin dan nganu aja kok qaqa emoticon-Malu

tengkiu qaqa emoticon-Kiss

emoticon-Ngakak
anjing ga tau diri emoticon-Ngakak (S)

kabarin da kalo mo mudik emoticon-Stick Out Tongue





dari cerita TS ngomongin pacet jadi merinding emoticon-Hammer
shock di singgalang emoticon-Frown emoticon-Frown



karna itu dikasi nama kafir ben emoticon-Ngakak

tunggu wisuda dulu mudik emoticon-Embarrassment
0 0
0
[Catper] Gn Talang Sumatera Barat
21-12-2012 17:16
mantebbbb emoticon-2 Jempol
0 0
0
[Catper] Gn Talang Sumatera Barat
10-04-2013 15:30
ini kampung ane gan, tp sampe sekarang belum pernah coba naik kesana.. emoticon-Sorry
0 0
0
[Catper] Gn Talang Sumatera Barat
10-04-2013 19:59
Quote:Original Posted By eeya
ini kampung ane gan, tp sampe sekarang belum pernah coba naik kesana.. emoticon-Sorry


Wow uda nyo urang batu bajanjang? emoticon-Belo
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Selera Nusantara (Indonesian Food)
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia