Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lampuhiasAvatar border
TS
lampuhias
Yang orang Djogja Pasti tau majalah ini..
Djaka Lodhang


Majalah berbahasa jawa ini diterbitkan di Jogjakarta, terbit setiap minggu dengan informasi-informasi terkini serta berbagai macam informasi tentang budaya jawa yang dikemas dengan menggunakan bahasa jawa. Sejak terbit tahun 1971, majalah yang didirikan Abdullah Purwo Darsono dan almarhum Kusfandi, sempat berulang kali ganti penampilan, mengikuti perkembangan teknologi mesin cetak. Uniknya, kendati terbit tanpa iklan, majalah ini merupakan satu-satunya majalah berbahasa Jawa yang mampu bertahan di Yogyakarta dan Jawa Tengah.
Sebelumnya, pernah ada majalah serupa seperti Mekarsari, Kembang Brayan dan Darmo Kondo serta Darmo Nyoto yang terbit di kota Solo. Namun majalah itu hilang tenggelam ditelan zaman.
Majalah ini, berisi aneka ragam kebudayaan Jawa, tetapi selebihnya hampir sama dengan majalah berbahasa Indonesia. Ada rubrik, tajuk rencana atau editorial dengan masalah kontenporer, ramalan nasib, cerita pendek, cerita bersambung, pewayangan juga cerita misteri yang bertajuk jaka lelembut.
Belakangan, sampul Djaka Lodang selalu dihiasi wajah-wajah muda. Menurut Abdullah, hal itu sebagai strategi menarik pembaca kaum muda menghampus kesan sebagai bacaan kaum dewasa.
Saat ini Djaka Lodang sulit ditemui di agen-agen koran dan majalah. Dari operasi sekitar 8 ribu, selama ini lebih banyak diedarkan ke pelanggan antara lain, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, warga transmigran serta suku Jawa di Surename.
Untuk melestarikannya, pemberdayaan pendidikan melalui muatan lokal di sekolah akan mengurangi keterasingan generasi muda terhadap satra Jawa.


Spoiler for penampakan:

Spoiler for penampakan:

Spoiler for penampakan:

Spoiler for penampakan:
0
3.8K
15
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.