Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BERlSlKAvatar border
TS
BERlSlK
Tiap tahun ratusan polisi dipecat
Tiap tahun ratusan polisi dipecat

Sejak Januari hingga awal Oktober 2012, tercatat lebih dari 100 anggota Kepolisian Republik Indonesia dipecat. Anggota yang mayoritas golongan bintara itu dipecat karena melanggar kode etik.

Demikian diungkapkan Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia Komisaris Jenderal Nanan Soekarna, di Hotel Grand Royal Panghegar, Kota Bandung seusai membuka seminar bertajuk 'Perbandingan Pengelolaan Security Profesional di Indonesia dan Malaysia', Kamis (4/10/12).

“Anggota yang dipecat di antaranya adalah polisi bermasalah dalam hal afektif, yaitu tingkah laku dan ketaatan pada hukum. Sedangkan aspek kognitif atau kepintaran, tidak menjadi alasan pemecatan seorang anggota,” ujarnya.

Dijelaskan dia, tidak ada polisi yang dipecat karena bodoh. “Ini bukan masalah kognitif, tetapi afektif. Seperti anggota yang terjerat kasus narkoba, kemudian anggota yang seharusnya melindungi malah memeras, dan masalah kelakuan dan aspek emosional lainnya," ungkapnya.

Nanan menjelaskan, mereka yang tersandung masalah dan dipecat mayoritas dari golongan Bintara. Dirinya menduga, hal itu disebabkan dengan minimnya waktu pendidikan, sehingga muncul oknum-oknum polisi.

Diakui dia, tugas mengubah pola pikir seseorang ketika menjadi anggota Polri bukanlah hal mudah. Selain diperlukan waktu, juga pemahaman serta keseriusan orang itu sendiri.

"Kebanyakan yang tersandung kasus itu Bintara. Sekitar 80 persen anggota Polri ya Bintara. Untuk masuk Kepolisian, mereka hanya menjalani pendidikan selama tujuh bulan. Ini tugas berat buat Polri. Maksudnya harus mengubah mindset orang yang rata-rata berusia 17 tahun, yang hanya dalam waktu tujuh bulan pendidikannya," ujarnya.

Nanan berharap, masyarakat tidak terlalu memojokkan Polri dengan kasus tersebut. Menurut dia, polisi hanya manusia biasa yang dapat melakukan kesalahan.

Nanan menambahkan, setiap tahunnya tercatat 300 hingga 500 anggota Polri yang dipecat. (A-195/A-88)***

EMBER

Quote:
0
3K
34
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.