khan10Avatar border
TS
khan10
(KRITIS) Orangutan di Rawa Tripa tinggal 300


Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) menyita seekor orangutan dari salah seorang warga di Desa Simpang Gading, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh, Senin (23/4). Penangkapan Orangutan di daerah itu terus berlangsung, karena habitat binatang dilindungi di hutan gambut Rawa Tripa tersebut semakin terjepit, akibat penebangan untuk pembukaan lahan kelapa sawit. (ant/paul hilton )


Jakarta (ANTARA News) - Populasi orangutan Sumatera (Pongo Abelii) di sekitar Rawa Tripa terus menurun dan kini hanya 300 orangutan yang tersisa di kawasan yang berada di pantai barat Provinsi Aceh itu.

"Masih ada sekitar 300 orangutan Sumatera yang masih bisa diselamatkan di sekitar Rawa Tripa, di sepanjang Taman Nasional Gunung Leuser," kata Direktur Eksekutif Yayasan Ekosistem Leuser (YEL), Dr Ian Singleton.

Saat memaparkan program "Save Tripa, Save Indonesia Forest" di Jakarta, Rabu, ahli orangutan dunia itu menyatakan populasi orangutan Sumatera di seluruh wilayah Sumatera menurun drastis sejak tahun 1990.

Ia menjelaskan, tahun 1990 masih ada sekitar 3.000 orangutan Sumatera di Rawa Tripa namun perburuan liar, pembukaan lahan dan perusakan hutan telah membuat populasi orangutan menyusut menjadi sekitar 200 sampai 300 orangutan.

"Jika ini tidak segera diselamatkan, habitat mereka akan hilang dan orangutan Sumatera akan punah pertengahan tahun depan,"ujar dia.

Sementara jumlah orangutan Sumatera yang tersebar di seluruh Pulau Sumatera, menurut dia, sekarang sekitar 6.700 orangutan.

"Sebagian besar habitat orangutan Sumatera terdapat di kawasan ekosistem Leuser, sepanjang pesisir barat Sumatera merupakan ibu kota orangutan Sumatera," ujar dia.

Ia menjelaskan, orangutan Sumatera merupakan jenis yang berbeda dari orangutan Kalimantan.

Orangutan Sumatera memiliki warna kulit yang lebih terang dan rambut yang lebih halus dibandingkan orangutan Kalimantan. Orangutan Sumatera juga lebih sosialis dibandingkan dengan orangutan Kalimantan.

"Hutan di Aceh masih bagus sekali. Jika hutan dirusak dan dijadikan lahan perkebunan sawit maka semua keanekaragaman hayati akan hilang. Saat ini mencari kadal dan serangga saja sulit," ujar dia.

-------------------------------

Hutan gambut Rawa Tripa yang rusak akibat pembukaan lahan kelapa sawit, betul-2 menghambat sampai titik nadir populasi orangutan, mungkin tahun depan tinggal kenangan foto-2 saja bahwa tempat ini pernah jadi hunian orangutan.

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :
0
14.6K
369
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.