eghapaul89Avatar border
TS
eghapaul89
Ternyata FreeKick David Beckam Ada Rumusnya...Watch Out...
Malem gan...
Semoga thread gw kali ini gak repost...



David Beckham, mantan kapten Inggris yang mempunyai tendangan bebas dengan pergerakan bola melengkung (tendangan pisang), telah menjadi salah satu legenda sepak bola dunia. Bahkan, kisahnya di dunia nyata telah menginspirasi pembuatan film Bend It Like Beckham (2002).

Kini, Mahasiswa Fisika Universitas Leicester telah menerbitkan sebuah makalah yang menetapkan cara optimal untuk membuat tendangan melengkung ke gawang di permainan sepak bola.

Saat ini, empat mahasiswa program master di Jurusan Fisika dan Astronomi, University of Leicester telah menemukan formula untuk menjelaskan bagaimana kurva pergerakan bola ketika seorang pemain melakukan tendangan yang memaksa bola berputar di atas tanah.

Jasmine Sandhu, Amy Edgington, Matius Grant dan Naomi Rowe-Gurney menemukan hubungan antara jumlah putaran bola di udara (kecepatan pergerakan bola) dengan kecepatan sudut atau putaran yang diterapkan pada bola.

Ketika bola berputar di udara, hal ini tergantung pada gaya yang disebut efek Magnus – yang menyebabkan bola mempunyai arah yang melengkung dari titik ditendangnya bola.



Tim peneliti menemukan bahwa jarak lengkungan bola (D) yang merupakan hasil dari efek Magnus, terkait dengan jari-jari bola (R), kepadatan udara (ρemoticon-Wink, kecepatan sudut bola (ωemoticon-Wink, kecepatan bola di udara (v), massa bola (m) dan jarak penendang dengan bola (x).

Misalnya, jika seorang pemain berdiri 15 meter dari bola yang akan ditendang, kecepatan berlari menuju bola adalah 35 meter per detik dan tendangannya memiliki kecepatan sudut sebanyak 10 putaran per detik, maka bola akan melengkung sekitar 5 meter ke arah tujuan.

Para pemain yang akan melakukan tendangan bebas harus mampu memperhitungkan semua faktor di atas dan kemampuan mereka, jika menginginkan teori tersebut dapat diaplikasikan di sepak bola.

Jasmine Sandhu, 22, yang mempelajari Fisika dengan Space Science dan Teknologi, berkata: “Penelitian ini bermula ketika saya berusaha untuk mencari ide baru untuk makalah yang akan terbitkan. Tanpa sengaja, saya membaca artikel tentang bagaimana fisika dapat mempengaruhi berbagai aspek sepak bola, mulai dari pakaian yang mereka kenakan hingga efek dataran tinggi terhadap kondisi fisik pemain,”

“Artikel tersebut juga membahas bagaimana desain baru bola, yang digunakan di Piala Dunia 2010, dimana memiliki panel 3D untuk menghasilkan bola lebih bulat, sehingga mempengaruhi putaran bola. Hal inilah yang mendorong kita untuk mengkaji bagaimana pemain menerapkan putaran pada bola dan faktor-faktor yang mempengaruhi lengkungan bola.” Tambahnya.

Makalah ini diterbitkan dalam Jurnal Special Physics Topics, Universitas Leicester yang. Jurnal tersebut hanya menerbitkan makalah yang ditulis oleh mahasiswa Master of Fisika.

Wah mantep juga tuh yang bikin rumus,,,
emoticon-Blue Guy Smile (S)emoticon-Blue Guy Smile (S)emoticon-Blue Guy Smile (S)emoticon-Blue Guy Smile (S)emoticon-Blue Guy Smile (S)emoticon-Blue Guy Smile (S)emoticon-Blue Guy Smile (S)emoticon-Blue Guy Smile (S)emoticon-Blue Guy Smile (S)emoticon-Blue Guy Smile (S)
0
1.2K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.