• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kesalahan fatal dalam memilih power bank, membahayakan gadget anda

lightcomAvatar border
TS
lightcom
Kesalahan fatal dalam memilih power bank, membahayakan gadget anda
karena thread ini ane dedikasikan untuk membantu para kaskuser agar tidak salah dalam memilih powerbank, agar supaya gadget kaskuser terhindar dari kerusakan, maka kami akan memberikan apresiasi terhadap KOMEN yg kami anggap TERBAIK berupa emoticon-Blue Guy Cendol (L) untuk setiap harinya (mohon maaf jika kelewatan atau kehabisan ya), dan ane juga sangat menghargai apresiasi yang agan berikan ke ane, jadi setiap emoticon-Blue Guy Cendol (L) yang ane dapatkan dalam thread ini, pasti akan ane emoticon-Blue Guy Cendol (L) in balik alias kirbal, sebagai ucapan terima kasih ane.

Mohon pengertiannya jika agak lama reply, coz TS lagi ada kegiatan seminar science fair all about power bank di UPH karawaci.

BINGUNG GAN MAU BELI POWER BANK TAPI GAK TAU MANA YANG BAGUS, KAMI SIAP MEMBANTU ANDA MENENTUKAN POWER BANK YANG SESUAI DENGAN KEBUTUHAN SEHARI HARI AGAN, NAMUN TENTUNYA JUGA YANG AMAN BUAT GADGET KESAYANGAN AGAN SEMUA...

sekilas apa itu power bank:
Power bank biasa juga dikenal sebagai backup battery atau portable charger yang berfungsi untuk mengisi daya pada batre gadget/ handphone Anda dimanapun dan kapanpun. Dengan power bank Anda tidak perlu takut lagi kehabisan batre dijalan, sehingga Anda lebih bebas dalam menggunakan gadget/ handphone Anda untuk browsing, cek email, chatting, main game, baca majalah, serta melakukan aktifitas lainnya tanpa takut kehabisan batre.

Spoiler for contoh power bank:


banyak merek power bank yang beredar dipasaran, namun hanya sedikit yang bisa memberikan jaminan keamanan buat gadget/ handphone Anda.

berikut adalah sedikit saya ulas beberapa kesalahan dalam memilih power bank:
1. Tergiur dengan kapasitas yang besar dan harga murah.
case: tidak semua power bank yang beredar di pasaran memiliki standar kualitas yang baik, banyak yg beredar dengan menggunakan batre 2nd (alias batre bekas) demi mengejar harga yg murah maupun demi mengejar keuntungan semata.
solusi: pilihlah power bank yang sudah punya nama (dimata international) dan dijamin dengan garansi minimal 1th, bayar sedikit mahal, namun gadget kita save.

2. memilih power bank berdasarkan kapasitas yg besar.
case: tujuan dari membeli power bank adalah agar mudah dibawa kemana mana, jangan sampai menjadi beban bawaan anda.
solusi: pilihlah power bank yang sesuai dengan kebutuhan keseharian anda, jika anda hanya membutuhkan daya tambahan 2000mah dalam sehari, pilihlah power bank dengan kapasitas 2600mAh.

3. tidak memperhitungkan CELL batre power bank.
case: banyak user yang hanya memilih power bank berdasarkan merek yang sudah dahulu beredar atau dengan harga yg murah tanpa memperhitungkan CELL batre dalamnya.
solusi: CELL batre dalam power bank sangat menentukan umur dari power bank itu sendiri, maka pilihlah JAPAN CELL. JAPAN CELL terkenal dengan kualitas yg terjamin, jika ingin maksimal pilihlah SANYO.

4. menggunakan konektor yang bukan original.
case: hal ini yg penting, namun seringkali diabaikan oleh user pengguna power bank, banyak power bank yang menawarkan berbagai macam konektor namun tidak disertai dengan standar kualitas yang baik, sehingga dapat menyebabkan arus pendek dan membahayakan gadget kesayangan Anda.
solusi: gunakan kabel data original bawaan gadget/ handphone anda, karena lebih terjamin kualitasnya (arus yang dialirkan lebih stabil) serta aman buat gadget/ handphone Anda.

5. memilih power bank hanya berdasarkan banyaknya konektor yg ditawarkan.

case: hal ini sangat fatal, banyak user yang mengambil keputusan membeli power bank hanya mempertimbangkan banyak/ lengkap tidaknya konektor yang diberikan oleh merek tersebt.
solusi:justru kita harus curiga terhadap merek yang menyediakan banyak konektor didalam kemasannya, karena tidak semua power bank dapat di charge menggunakan konektor original bawaan gadget/ hp. ada baiknya tanyakan dahulu kepada sales/ seller yang menjual "apakah power bank tersebut support untuk charging menggunakan kabel data original bawaan gadget/ hp. jadi jangan sampai gadget kita dipaksa charging pakai kabel konektor bawaan power bank, apalagi jika power bank tersebut tidak menyediakan fitur2 kemananan.

6. memilih power bank tanpa menimbang fitur2 yg terkandung di dalamnya.
case: user seringkali menganggap bahwa power bank hanyalah sebuah alat untuk menyalurkan daya ke gadget/ handphone, sehingga tidak memikirkan fitur2 lainnya.
solusi: fitur2 power bank sangat penting untuk keamanan gadget/ handphone Anda, sebaiknya memilih power bank yg memiliki fitur kemanan yg beragam. Adapun fitur yg biasa terkandung dalam power bank adalah sbb:
* short circuit protection >>> berguna untuk melindungi gadget/ handphone Anda jika terjadi arus pendek, sehingga jika terjadi arus pendek, baik power bank maupun gadget/ handphone Anda terhindar dari kerusakan, maka dari itu kita sarankan untuk menggunakan kabel data bawaan/ original gadget/ handphone.
* over charging protection >>> melindungi gadget Anda dari kerusakan apabila gadget/ handphone di charge terlalu lama, misal di charge semalaman ditinggal tidur. fitur ini akan otomatis mematikan arus listrik jika batre gadget/ handphone sudah terisi penuh.
* temperature protection >>> fitur ini akan mendeteksi adanya panas yang berlebih pada saat pengisian batre.
Spoiler for contoh pict fitur pada salah satu merek power bank:



7. tidak memperhatikan output power bank.

case:fitur ini sebenarnya cukup penting, namun banyak user yang mengabaikannya dan banyak merek power bank yang arus outputnya tidak real (merek yg banyak dipakai belum tentu menjamin output yg real), sehingga charging gadget/ handphone menjadi lama.
solusi: pilihlah power bank yg menjanjikan output yang real, sehingga proses charging lebih cepat dan maksimal.

8. Terakhir PILIHLAH POWER BANK yang sudah mendapatkan UL certification (standar kualitas power bank, dijamin)

9. Recommended Brand.
case: atas banyaknya pertanyaan akan merek power bank yang berkualitas, maka dengan ini kita berikan informasi untuk merek2 power bank yang berkualitas versi TS:
di urutan pertama:
SANYO JAPAN CELL:
1. ENERPAD
2. ENELOOP
JAPAN CELL LAINNYA:
1. ENERGIZER
2. PANASONIC
3. SONY

10. Test Power Bank Anda.
coba lakukan cara berikut untuk mengetahui sejauh mana kemampuan power bank anda.
1. pakai handphone anda sampai batre di dalamnya habis total, alias hp tidak bisa dinyalakan lagi, lalu gunakan power bank anda untuk charging handphone tersebut.
2. jika test diatas dapat dilalui, lakukan hal yang sama terhadap tablet anda.
3. jika lolos test no.2, lakukan hal yang sama terhadap new ipad (jika ada).
Bagaimana hasil.nya, mampukah power bank anda melakukannya?
>>>power bank yang baik akan mampu melakukan hal diatas dalam waktu yang cukup singkat, alias handphone/ gadget/ tablet akan terisi batre.nya dan dapat dinyalakan kembali.


NEW UPDATE!!!


HATI HATI DALAM MEMILIH CELL POWER BANK, PASTIKAN CELL YANG DIGUNAKAN ADALAH CELL BRAND NEW, ALIAS CELL BARU DARI PABRIK DAN BUKAN CELL BEKAS REKONDISI, JANGAN TERPERDAYA OLEH MEREK YANG BANYAK DIPAKAI ORANG!!!!

SETELAH MENENTUKAN PILIHAN MEREK POWER BANK YANG BERKUALITAS KINI SAATNYA UTK MEMILIH SELLER YANG BERKUALITAS, CEKIDOT GAN:

1. Pilihlah seller yang sudah terpercaya
Case:banyak Kasus penipuan yg berkedok online store. ID sepuh, banyak bar cendol sekarang tidaklah mencerminkan reputasi yang sebenarnya, karena semua itu bisa dibeli.
Solusi: pilihlah seller yang sudah terbukti keamanannya.

2. Pilihlah seller yang bukan musiman untuk barang2 bergaransi.
Case: keamanan berbelanja saja disini tidak cukup untuk barang2 bergaransi lama. Karena tidak jarang juga beredar seller2 musiman. Sehingga kita kesulitan untuk claim garansi jika dikemudian hari ada masalah dengan barang kita.
Solusi: pilih seller yang memang sudah punya toko offline, dan selalu mintakan nota beralamat toko/cap untuk kemudahan proses garansinya. Jika ingin maksimal pilihlah seller yang sekaligus sebagai service centernya, dalam hal ini bukan seller musiman. Kelemahan seller musiman adalah disaat kita ingin claim garansi dan mereka sudah tidak menjual produk brand tersebut mereka akan merasa malas untuk melayani proses claimnya.

3. Mintalah nota beralamat jelas dan cap toko untuk barang2 bergaransi.

SEMOGA SEMUA INI BISA MEMBANTU ANDA DALAM MEMILIH POWER BANK, DAN MENYADARI ANDA APAKAH POWER BANK YANG ANDA GUNAKAN SELAMA INI MEMBAHAYAKAN GADGET ANDA...

YANG BERKENAN, TS MENGHARAPKAN:
BAGI YG SUDAH ISO
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
DAN BAGI YANG SUDAH ISO DAN YANG BELUM ISO
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

TS MENOLAK:
emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Takutemoticon-Blue Guy Bata (L)

MONGGO GAN....
jika ada yang kurang jelas bisa menanyakannya disini...
bagi yang ingin membeli power bank dan masih bingung bisa tanyakan langsung via japri ke PIN: 75DE2677
senang bisa membatu Anda semua...
Diubah oleh lightcom 07-01-2014 03:05
0
318.5K
4.8K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.