Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

HeriwiijayaAvatar border
TS
Heriwiijaya
hatta: Tiang-tiang Monorel Jangan Dibiarkan, Itu Mengganggu
Jakarta - Pemerintah meminta proyek tranportasi monorel di Jakarta dilanjutkan. Tiang-tiang yang sudah dibangun tidak boleh dibiarkan mangkrak begitu saja.

Menurut Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, moda transportasi masa depan itu bisa mengurai kemacetan Jakarta yang sudah parah.

"Harus jalan dong, masa tiang-tiang saja dibiarkan begitu, itu kan menganggu. Harus dituntaskan nggak boleh begitu saja. Itu kan aset, harus dijalankan," kata Hatta saat ditemui di Gedung DPR Senayan, Jakarta, Senin (1/10/2012).

Terkait rencana PT Adhi Karya Tbk (ADHI) yang ingin melanjutkan pembangunan monerel dari Tanah Abang sampai Senayan, Hatta mengaku mendukung rencana BUMN Karya tersebut itu.

"Soal teknik itu silakan saja, soal teknik biarkan siapa saja," pungkasnya.

Seperti yang diketahui, pembangunan monorel era sebelumnya mangkrak sejak 2004 dan menyisakan tiang-tiang monorel, karena pemrakarsa proyek gagal mendapat investor. Padahal, tiang-tiang tersebut sudah di bangun di kawasan kuningan hingga Senayan. Hingga saat ini tercatat ada 160 tiang monorel di kawasan tersebut.

Pada 19 September 2011 lalu, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo secara resmi menghentikan masa perjanjian terhadap konsesi PT Jakarta Monorel sebagai pengembang dan investor monorel. Dampak penghentian perjanjian itu, pihak PT Jakarta Monorel meminta penggantian biaya investasi Rp 600 miliar.

Foke pada waktu itu menegaskan akan mengganti sesuai rekomendasi dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yang menyatakan jika ganti rugi dapat dibayarkan kepada investor monorel maksimal Rp 204 miliar.

Awalnya proyek monorel rencananya akan dibagi menjadi dua jalur, yakni jalur hijau dan jalur biru, dan diperkirakan dapat mengangkut 120 ribu orang per hari. Monorel jalur hijau sepanjang 14,2 kilometer akan beroperasi dari Semanggi ke Kuningan. Sedangkan, jalur biru sepanjang 12,2 kilometer dari Kampung Melayu-Casablanca-Tanah Abang hingga ke Roxy.

Konsep baru yang ditawarkan oleh Adhi Karya, monorel akan terkoneksi dengan MRT, Bus Way, dan KRL. Selain itu, monorel mampu mengangkut penumpang hingga 800 penumpang dalam sekali jalan sehingga menghemat penggunaan energi.

http://finance.detik.com/read/2012/1...itu-mengganggu

Kenapa baru sekarang ngomongnya pak? waktu jamannya si tokek kemane aje lu?
0
2.5K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.