Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mrjackAvatar border
TS
mrjack
[30GSPKI] Istilah PKI Masih Membuat Muka Sakerah Memerah
[30GSPKI] Istilah PKI Masih Membuat Muka Sakerah Memerah

PERISTIWA 30 September 1965 berada jauh di belakang. 47 tahun bukanlah masa yang singkat bagi sebuah generasi untuk tumbuh, berkembang, dan melupakan. Sebab darah yang terlanjur tumpah dan nyawa yang beterbangan tidak mudah begitu saja lepas dari ingatan.

Faktanya, Partai Komunis Indonesia (PKI) hingga kini masih terstigma hitam. Tap MPR No. XXV Tahun 1966 tentang larangan PKI dan segala anasirnya di Indonesia masih berdiri gagah. Gaung peringatan awas bahaya laten komunisme setiap saat masih berkumandang.

Tidak heran, air muka Supardi alias Ardi Kinco (65), mendadak memerah begitu istilah PKI, Ansor, Militer dan Gestapu kembali disebut. Wajah keriputnya menegang. Sorot mata yang semula tenang tiba-tiba menajam. “Lihat, sepertinya Kang Ardi (Supardi) kurang senang istilah itu (PKI) disebut lagi,” tutur Marjuni (62), adik kandung Supardi.

Supardi merupakan salah satu aktivis Gerakan Pemuda Ansor, badan otonom Nahdatul Ulama (NU) asal Desa Podorejo Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung. Di usianya yang tergolong belia, yakni 18 tahun (1965), pria bertubuh kekar dengan tinggi badan sekitar 170 cm itu, aktif terlibat penumpasan sebuah kaum yang diidentifikasi sebagai anggota PKI.

lanjut dibawah ya,,,
0
7.9K
63
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.5KThread42KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.