Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

INCUBATORAvatar border
TS
INCUBATOR
Bilik dari kardus bisa jadi model Pemilu 2014
Bilik suara di lokasi bekas kebakaran terbuat dari kardus


Bilik dari kardus bisa jadi model Pemilu 2014


Lima Tempat Pemungutan Suara (TPS)di lokasi permukiman bekas tempat kebakaran Pekojan, Tambora, Jakarta Barat menggunakan bilik suara yang terbuat dari bahan kardus. TPS itu adalah TPS 25, 26, 27, 28, dan 29.

"Saya juga nggak tahu dapatnya seperti ini, waktu putaran pertama juga begini," ujar anggota KPPS di TPS 25, Aep Saefudin kepada merdeka.com di lokasi, Kamis (20/9).

Aep mengatakan, dirinya pernah komplain masalah bilik suara itu ke KPPS kelurahan. Menurut KPPS, penggunaan bilik kardus karena ada kekurangan.

"Katanya sih ada masalah kekurangan gitu makanya kita dapatnya dari kardus," katanya.

Pantauan merdeka.com, bilik suara itu terbuat dari bahan kardus berwarna coklat dan berlogo Komisi Pemilihan Umum (KPU). Tetapi baik dari segi ukuran dan model sama persis dengan yang seharusnya terbuat dari aluminium.

Sementara itu, menurut Wakil Ketua DPD DKI Jakarta saat berkunjung, La Ode Ida mengatakan penggunaan kardus seperti itu mendapat dukungan dan patut dicontoh.

"Ini bisa jadi contoh penggunaan kardus dan bisa direkomendasikan karena praktis dan saya apresiasi sekali," paparnya.

Bilik dari kardus bisa jadi model Pemilu 2014


Bilik dari kardus bisa jadi model Pemilu 2014


Ibukota Jakarta hari ini menggelar pesta demokrasi untuk memilih calon gubernur dan wakil gubernur untuk periode 2012-2017. Dua pasangan kandidat akan bersaing dalam penentuan perolehan suara, Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli nomor urut 1 dengan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama.

Tak aneh jika kita melihat di Tempat Pemungutan Suara (TPS) nampak berjajar bilik-bilik suara, tempat untuk mencoblos memberikan hak suara. Berbentuk kotak dan terbuat dari aluminium dengan logo Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Namun ternyata, pantauan merdeka.com antara TPS satu dengan TPS lainnya, bilik tempat untuk mencoblos bahannya berbeda. Sebut saja TPS 25 dan TPS 26 Tambora Kelurahan Pakojan. Di kedua TPS ini, bilik suara terbuat dari kardus, berbentuk kotak juga dan dengan logo KPU.

"Bilik suara ini dari bahan kardus, ya bisa lebih efisien dan bisa jadi model untuk pemilu yang akan datang 2014 atau model percontohan daerah lainnya," kata seorang petugas TPS 26 Tambora Kelurahan Pakojan kepada wartawan, Jakarta, Kamis (20/9).

Saat ditanya apakah bilik suara berbahan kardus tersebut juga didistribusikan dari KPU, "Iya mas ini sudah distribusi dari KPU pusat," jawabnya.

Ketua DPD Irman Gusman juga tampak terheran-heran. Pasalnya, biasanya bilik suara terbuat dari bahan alumunium.

"Bilik suara dari kardus ini bisa direkomendasikan untuk pemilu 2014," tegas Irman.

Tambora merupakan kawasan yang padat penduduknya. Dan daerah ini juga sering menjadi langganan musibah kebakaran.

"Saya melihat KPU disini cukup reponsif, relatif cukup baik. Saya melihat di tempat-tempat lain relatif baik, dalam keadaan musibah antusias masyarakat dalam Pilkada ini terlihat baik, persiapan penyelenggara baik," tandasnya.

Komentar dan Harapan :langsung diiyakan saja, irit anggaran..

Sumber : LINK
0
4K
32
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.