Dj.FikryAvatar border
TS
Dj.Fikry
Sore Hari, Jakarta Dihuni Bangsa Barbar

Menyaksikan Jakarta pada waktu sore hari, benar-benar terasa aneh. Ditengah hiruk pikuk Ibukota yang sumpek ini, ternyata sangatlah jauh dari kata lancar. Hampir setiap jalan utama Ibukota yang selalu dipenuhi antrean kendaraan baik itu motor, mobil, bus, truk serta lalu lalang angkot dan sejenisnya.

Tiada yang mau mengalah sesama pengguna jalan, serasa dia sendiri yang bayar pajak jadi dia bebas menggunakan jalan sesukanya. Yang bikin macet adalah ketika banyak motor dan mobil pribadi menerobos lampu merah, memasuki jalur Busway, angkot ngetem sembarangan, bajaj tak peduli ramai atau tidak dengan nekat selap-selip diantara keramaian jalan. Ditambah lagi dengan kelakuan Metromini dan sejenisnya yang dengan seenaknya saja memutar di bukan jalur yang dibenarkan bahkan ngetem/ menunggu penumpang di tengah jalan. Pedagang kaki lima dengan gampangnya menggelar dagangan ditrotoar yang mestinya untuk pejalan kaki, dan yang lebih parah sampai meluber ke tengah jalan…?. Ditambah dengan pejalan kaki, menyeberang jalan dengan melintasi jalan yang sedang ramai dilalui oleh lalu lalang kendaraan, bukannya melalui jembatan penyeberangan. Eh malah ditambah bermunculan pusat perbelanjaan yang menyediakan parkir di pinggir jalan umum?

Sungguh sore hari, Jakarta dihuni oleh kawanan Barbar yang primitif…

Seperti yang terlihat dibeberapa jalan yang ada di Ibukota, khususnya Jakarta Pusat dan Jakarta Barat, domisili yang biasa saya lewati:

Jalan Jendral Sudiraman

Pusatnya Kota Jakarta, disini banyak berdiri gedung-gedung tinggi yang menjadi kantor dari segala macam pelaku bisnis di Indonesia. Sering macet karena terhalang keluar-masuk kendaraan dari gedung ke jalan.

Jalan Gatot Subroto

Salah satu jalan utama di Ibukota, sering macet karena jalurnya terbagi untuk tol dalam kota.

Jalan KH. Hasyim Ashari

Jalan sekunder yang macetnya akibat banyak motor yang parkir seenakanya dipinggir jalan sebuah pusat perbelanjaan telepon seluler di Indonesia. Ikut andil juga juru parkir liar dan pak ogah yang justru bikin tambah macet. Menjadikan sebuah proyek jalan layang menjadi sia-sia karena tetap saja kemacetan terjadi, malah makin bertambah parah.

Jalan Kiai Caringin - Suryopranoto

Kemacetan terjadi mulai dari seberang kali cideng sampai dengan perempatan lampu merah tomang-slipi. Jalan ini adalah pintu gerbang bagi kendaraan roda empat atau lebih untuk menuju ke daerah Barat kota Jakarta hingga Merak.

Jalan KH. Mas Mansyur - Doktor Satrio

Kemacetan terjadi karena jalan menyempit dipakai pedagang kaki lima disekitar pasar Tanah Abang dan juga terhalang oleh akses keluar masuk di sebuah pusat perbelanjaan di Kuningan.

Jalan Daan Mogot

Jalan terpanjang di Barat kota Jakarta hingga kota Tangerang ini adalah biangnya kemacetan bagi kaum pekerja yang pergi atau pulang dari Jakarta ke Tangerang dan sekitarnya. Kemacetan terjadi mulai dari Pesing, Perempatan Cengkareng hingga melewati terminal Kalideres.

Jalan Latumenten - Suparman

Jalan KH. Moh Mansyur (Jembatan Lima)

Macet dijalan kecil ini karena sepanjang bahu jalan dipenuhi oleh pedagang kaki lima yang tumpah-ruah dari pukul lima sore hingga lepas tengah malam

Jalan Pangeran Tubagus Angke

Kemacetan dijalan ini terjadi karena sedang dikerjakan proyek fly over yang entah bisa mengurangi kemacetan atau malah menambah parah sumpeknya jalur ini.

Jalan Bandengan

Jalan Gajah Mada - Hayam Wuruk

Ini hanyalah sekelumit catatan pribadi saya, yang hampir setiap hari melewati jalan- jalan tersebut. Bagi Anda pembaca Kompasiana disarankan kalau tidak perlu-perlu banget, agar tidak melewati jalan-jalan yang saya tuliskan barusan pada waktu pagi (pukul 07-09wib) maupun sore hari (pukul 16-19 wib). Karena selain bisa bikin bengkak + boros BBM, Tensi Darah jadi tinggi, serta bisa membuat Anda kehilangan waktu yang berharga gara-gara terjebak macet. Saran saya lebih baik melewati jalur Alternatif atau jalan tikus untuk menghindari macet, kecuali Anda semua sedang Melatih Kesabaran dan Mental.
0
51.5K
1.1K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.