riyannoAvatar border
TS
riyanno
Pertanyaan Dasar Pemula di bidang Photography
Saya membuat thread ini bukan sebagai tempat diskusi atau tempat bertanya tentang pertanyaan yang saya tulis di bawah, namun bila agan mau request pertanyaan yg sering di tanyakan di khalayak umum untuk di bahas silahkan ; apalagi tempat jualan emoticon-Mad (S) ; thread ini hanya sebagai acuan atau informasi terhadap pertanyaan-pertanyaan yang saya tulis di bawah ; tetapi bagi yang ingin bertanya lebih detail agan-agan sekalian bisa bertanya langsung pada forum photography

Dewasa ini photography adalah bidang umum yang banyak di geluti setiap individu, pada thread ini saya mengkhususkan bagi banyak pertanyaan-pertanyaan yang membilang dirinya *pemula* - "newbie" yang mengindikasi tidak tahu apa-apa ; dan memiliki pertanyaan :

1. Kamera apa yang cocok untuk saya ?
2. Model kamera apa yang cocok untuk saya ?
3. Merek apa yang cocok untuk saya ?
4. Tipe apa yang cocok untuk saya ?
5. Saya harus melakukan apa agar hasil foto saya maksimal ?


OK, kita mulai :

1. Kamera apa yang cocok untuk saya ?
2. Model kamera apa yang cocok untuk saya ?


Jawaban dari pertanyaan 1 & 2
Saya akan jawab dalam satu kesatuan secara umum:

Dewasa ini terdapat empat jenis kamera populer, yaitu :
1. kamera compact (kamera digital saku)
2. kamera digital SLR

3. kamera LOMO
4. kamera Polaroid

Lalu anda bertanya lagi saya pilih yang 1, 2, 3 atau 4 ?

Mari kita mengkondisikan diri kita saat ini, (sedikit curcol) dari awal saya menggemari photograpi adalah sewaktu saya SD dulu, pada saat itu kamera kebanyakan masih menggunakan roll film. Ahahha, mungkin agan-agan berfikir tahu apa anak SD ? . Benar sekali, saya sebagai anak SD saat itu hanya mengemari hasil-hasil foto yang mengagumkan. Sehingga saya pada akhirnya mengutarakan minat saya kepada ayah saya. Dengan uang jajan seadanya saya menabung selama 2 tahun lebih dan dapat membeli kamera pertama saya yautu, FUJIFILM ZOOM DATE 125 38-120mm. nah permulaan saya terjun langsung ke dunia photograpi adalah saat itu dengan tipe kamera yang terbeli sesuai buget dan kebutuhan saya emoticon-Big Grin

Dari sedikit curcol saya mungkin agan-agan bisa menyimpulkan sedikit tentang maksud dan tujuan curcol tersebut, atau ya masih bingung (apansih nih orang cerita ga jelas), ahahha. Maksud dan tujuan saya curcol itu adalah tentang pemilihan Kamera dengan Model apa yang cocok untuk saya :

1. Tentukan Kebutuhan Kamera
Tentukan kebutuhan agan terhadap kamera itu sendiri, dewasa ini kamera digital diproduksi dengan berbagai spesifikasi dengan berbagai variasi fitur untuk merespon pasar yang juga semakin bervariasi. Kamera Digital Compact dengan target pasar yang mencari kemudahan dalam penggunaan kamera pada situasi yang mungkin lebih sulit di tebak, namun tetap dengan kualitas yang sesuai kebutuhan orang itu sendiri (dewasa ini kamera compact pun memiliki spesifikasi yang tinggi yang berbanding lurus dgn buget). Kamera DSLR dengan target pasar yang mungkin lebih memerlukan fitur high-end seperti flash sync yang cepat atau pengaturan dan ukuran sensor yang lebih besar sehingga dapat lebih mudah mengatur “depth of field”, serta penggantian lensa yang di khususkan, misalkan lensa makro, lensa fish-eye, ultra wide, dan lensa telephoto (penjelasan lensa) agar mendapatkan hasil lebih maksimal. Kamera LOMO memiliki spesifikasi yang unik pada setiap variannya sehingga memliki mangsa pasar sendiri dalam keterkaitan keindahan dalam hasil fotonya. Kamera Polaroid kamera yang mengandalkan kemudahannya untuk pencetakan langsung pada sistem kamera itu sendiri.

Semuanya dibuat untuk kebutuhan, kondisi, dan tipe individual yang berbeda. Masing-masing dari model kamera tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk kondisi pemotretan yang berbeda-beda. Untuk apa membawa kamera DSLR yang lebih besar dan berat kalau kebutuhan yang hanya untuk dokumentasi sehari-hari (selain untuk bergaya dan menonjolkan diri anda : tp ya namanya juga selera. Ada uang ada barang, siapa suka jangan dilarang :P). Bila memang anda bertanya kualitas antara kedua kamera Compact VS SLR bisa di lihat pada link tersebut. Maka spesifikasi yang tinggi dari suatu kamera pun akan berbanding lurus dengan buget yang anda keluarkan. Sebaiknya sebelum ke tahap berikutnya anda membaca link tersebut dengan seksama dahulu, baru memijakkan ke tahap berikut.

Jadi, manakah kamera digital yang tepat untuk kebutuhan dan selera agan-agan sekalian?

2. Tentukan Anggaran yang di Sediakan
Hal pertama yang menjadi pertimbangan setelah anda memilih kamera (1, 2, 3 atau 4) sesuai kebutuhan adalah anggaran. Seperti yang saya sudah utarakan di atas, spesifikasi yang tinggi dari suatu kamera pun akan berbanding lurus dengan buget yang anda keluarkan. Biasanya di tahap ini ada pertanyaan lagi : Untuk spesifikasi tinggi yang agan sebutkan dengan buget minim saya harus beli merk dan tipe apa ? Untuk pertanyaan tersebut saya hanya bisa menjawab, sebaiknya agan menabung saja dulu seperti saya waktu SD emoticon-Blue Guy Peace hhe.

Dengan anda menentukan anggaran, anda memperkecil pilihan sesuai dengan keuangan anda dengan spesifikasi yang dibatasi oleh anggaran tersebut. Jadi, apakah sekarang agan sekalian sudah dapat menentukan pilihan ?

3. Pilih Kamera dengan Besaran Megapiksel Besar
Untuk yang nomor tiga ini saya menambahkan sebagai pilihan bantuan dan mengutip dari sini, namun tetap untuk pemilihan Kamera dengan Besaran Megapiksel Besar tetap berpegang pada kebutuhan dan sesuai spesifikasi yang sudah di tentukan berdasarkan buget agan.
“Meskipun besaran megapiksel merupakan ukuran kuantitas (detail gambar) dan bukan merupakan ukuran kualitas. Mempunyai kamera dengan angka megapiksel besar menguntungkan jika anda ingin memotong (cropping) gambar. Angka megapiksel yang besar memang memakan memori lebih banyak untuk setiap gambar, namun anda bisa saja mengatur angka megapiksel yang lebih kecil sebelum memotret. Ukuran file foto juga dapat dengan mudah diperkecil setelah pemotretan. Jadi selagi harganya belum melampaui anggaran anda, memiliki kamera dengan angka megapiksel yang besar lebih menguntungkan.”

OK, SESI PERTAMA untuk pertanyaan 1 & 2 sudah saya jawab menurut sepengetahuan saya, bilamana ada kesalahan tolong di koreksi dan jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L) apalagi di laporin hansip emoticon-Sorry , manum bila sudah cukup memuaskan ane terima dengan senang hati kok emoticon-Blue Guy Cendol (L) buat pelepas dahaga emoticon-Blue Guy Peace
Jangan Lupa Komen dan Share Tambahan dari Agan-Agan Sekalian yang Mampir

Pada saat ini anda sudah menentukan kamera (1, 2, 3 atau 4) dan menemui beberapa merk dan tipe yang agan bingung harus pilih yang mana? ; atau agan mau bertanya: Merk A, Merk B,Tipe A dan Tipe B mana yang lebih bagus? Mana yang harus saya beli dengan buget sekian Rp ?
0
4.1K
31
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Photography
PhotographyKASKUS Official
14.2KThread4.4KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.