Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

porkroastAvatar border
TS
porkroast
Awas Belut Raksasa
Spoiler for belut raksasa:


Spoiler for kepala belut:

Hari ini, Rabu (18/1) saya dan beberapa teman yang sedang meeting sangat terkejut. Tanpa mengetuk pintu, tiba-tiba masuk dua orang membawa karung pupuk yang cukup berat. Isi dalam karung itu bergerak-gerak, seperti ada makhluk hidup di dalamnya. Belum habis rasa terkejut, orang yang bernama Pak Keling bersama anaknya langsung membuka bungkusan itu.

Kami semua makin terkejut, bahkan sampai berlarian menuju pintu keluar saat kepala makhluk aneh muncul dari dalam karung. Kepalanya mirip kepala ular berwarna hitam seukuran kaleng oli. Setelah kepala makhluk itu keluar, kemudian disusul badannya yang sama besar dengan kepala. Tubuhnya persis seperti ular, hanya ekornya mirip ekor ikan gabus.

Ulaaaarrr….. teriak salah seorang peserta meeting. Teriakan yang sangat keras itu mengagetkan seluruh karyawan yang berada di ruang lain, termasuk satpam. Mereka berlarian menuju ke sumber teriakan itu di ruang meeting. Satpam yang datang lebih dahulu sempat terhenyak kaget saat melihat seekor makhluk bertubuh hitam itu mengelepar-gelepar di lantai.

“Awasss….ada belut raksasa,” teriak seorang karyawati. Pak Keling bersama anaknya tersenyum melihat orang-orang berlarian ketakutan. Siapa yang tidak takut, ruang meeting yang sebelumnya hening, tiba-tiba kedatangan orang yang membawa makhluk mengerikan. Meeting yang tinggal mengambil kesimpulan akhirnya harus dihentikan, karena semuanya sibuk mengamati makhluk bertubuh ular itu.

“Ini ikan denung,” kata Pak Keling. Barulah semua paham, ternyata yang menggelepar di lantai itu bukan ular, tetapi salah satu ikan penghuni Danau Laut Tawar Aceh Tengah. Ikan denung (bahasa Gayo) adalah ikan sidat atau moa (ordo Anguilliformes) yang berhasil ditangkap Pak Keling tadi malam di muara Danau Laut Tawar. Panjang ikan itu 120 cm dengan garis tengahnya sekitar 15 cm dan beratnya mencapai 16 Kg.

Pak Keling mengaku, dia bersama anaknya sudah keliling seluruh pelosok kota untuk menjual hasil tangkapannya. Namun, semua orang takut melihat ikan itu sehingga tidak ada yang bersedia membelinya. Karena tidak tahu mau menjual kemana lagi, akhirnya dia memutuskan menuju ke tempat kerja kami. Menurut Pak Keling, tempat kerja kami sebagai pilihan terakhir untuk memasarkan moa hasil tangkapannya.

Di pasar, harga ikan itu adalah Rp.100 ribu per Kg, kata Pak Keling. Biasanya, ikan moa tersebut diiris-iris per 1 Kg supaya mudah dibeli orang. Untuk ikan yang masih tergeletak di lantai ruang meeting itu, dia memberi harga Rp.1,5 juta. Mahal memang, kata Pak Keling, bulan lalu moa sebesar ini yang ditangkap orang di daerah Mendale dijual dengan harga Rp.2 juta. “Sulit menangkap ikan denung ini, salah-salah tangan kita bisa putus digigitnya” kata Pak Keling.

Setelah tawar menawar yang cukup alot dengan beberapa orang penggemar ikan moa, harganya turun menjadi Rp.1 juta. Akhirnya terjadi deal, ikan moa hasil tangkapan Pak Keling terjual seharga Rp.900 ribu. Beberapa orang karyawan melakukan “konsorsium” alias patungan untuk membeli ikan tersebut. Kemudian mereka membawa ikan itu dari ruang meeting untuk diiris-iris sesuai jumlah orang yang ikut patungan.

Di luar negeri, ikan moa tergolong sebagai makanan mewah dan istimewa, karena kandungan proteinnya yang cukup tinggi. Masyarakat Jepang menamakan moa dengan unagi. Mereka sangat menyukai ikan jenis ini, karena dipercaya memiliki khasiat sebagai penambah stamina dan energi.

Pak Keling menambahkan, ekor ikan moa juga memiliki khasiat istimewa untuk orang yang sulit melahirkan. Caranya, ekor moa itu dikeringkan, kemudian celupkan ekor moa kering itu dalam satu gelas air. Minumkan air celupan ekor moa itu. Insya Allah melahirkan akan lancar. Bidan-bidan kampung sering memesan ekor ikan moa dari Pak Keling. Benarkah khasiat yang dikatakan Pak Keling? Wallahualam bissawab

sumber
Spoiler for Ko*pas*a*:
0
2.9K
11
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lounge Pictures
Lounge PicturesKASKUS Official
69KThread11.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.