Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AdanWAvatar border
TS
AdanW
[HOT] Laut China Selatan Jadi Laut Filipina Barat


WASPADA ONLINE

MANILA - Presiden Benigno Aquino pada Rabu mengatakan Filipina secara resmi mengganti nama perairan Laut China Selatan di lepas pantai barat negara itu menjadi "Laut Filipina Barat".

Aquino mengatakan pemerintah akan mandaftarkan nama baru itu pada PBB sebagai bagian dari usaha menggambarkan wilayah kedaulatannya, kendati daerah itu diklaim China dan negara lain.

"Ini adalah untuk menegaskan bahwa daerah itu adalah yang kita klaim," kata Aquino kepada wartawan.

China mengklaim hampir seluruh Laut China Selatan bahka perairan yang dekat dengan pantai negara-negara lain.

Filipina, Vietnam,Malaysia, Brunei Darussalam dan Taiwan juga melakukan klaim yang tumpang tindih atas perairan itu, yang membuat daerah itu merupakan salah satu titik-titik api konflik militer.

Filipina terlibat pertikaian yang meningkat dengan China tahun ini mengenai saling klaim mereka.

Kapal-kapal dari dua negara itu terlibat dalam satu ketegangan di Beting Scarborough, satu kelompok pulau kecil di laut itu,April dan Filipina mengatakan kapal China tetap berada di sana.

Filipina juga menuduh China melakukan taktik gertakan diplomatik.

Satu keputusan pemerintah dikeluarkan istana kepresidenan Rabu mengatakan "Laut Filipina Barat" akan masuk dalam peta-peta dan peta pelayaran.

"Dalam melaksanakan juridiksi kedaulatan, Filpina memiliki kekuasaan yang melekat dan hak untuk menandakan daerah-daerah maritimnya dengan nama yang lauyak untuk tujuan-tujuan sistem pemetaan," katanya.

"Daerah-daerah maritim di bagian barat dari kepulauan Filipina dengan ini dinamakan sebagai Laut Filipina Barat," katanya.

"Daerah-daerah ini termasuk Laut Luzon serta perairan sekitarnya, di dalam dan dekat dengan Kelompok Pulau Kalayan dan Bajo de Masinloc, yang juga dikenal sebagai Beting Scarborough.

Kalayan adalah nama yang diberikan pemerintah Filipina untuk daerah-daerah yang diklaimnya di Kepulauan Spratly, salah satu dari kepulauan yang menjadi pusat ketegangan paling panas di laut itu.

Filipina memiliki satu garnisun militer di salah satu dari pulau-pulau Spratly.Itu termasuk Mischief Reef, yang China duduki tahun 1995.

Pemerintah Filipina telah menyebut Laut China Selatan sebagai "Laut Filipina Barat" sejak tahun lalu, tetapi ini adalah pertama kali negara itu secara resmi menetapkan dengan rencana-rencana untuk melaporkannya kepada PBB.

Juru bicara kedubes China tidak dapat dihubungi untuk diminta komentar.

sumber : IYAA.com
0
3.1K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.1KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.