menataplangits
TS
menataplangits
Wakil PM Belanda: Kebangkitan Indonesia Pelajaran Buat Eropa
salut ane ama President SBY emoticon-I Love Indonesia (S)


Verhagen, Resepsi Diplomatik HUT ke-67 RI (e.santosa/detikcom)
Den Haag - Ekonomi Indonesia kini menunjukkan pertumbuhan sangat mengesankan dengan rata-rata lebih dari 6% per tahun berturut-turut. Dalam masa-masa ketidakpastian saat ini, Eropa dapat belajar dari pengalaman Indonesia.

Demikian disampaikan Wakil Perdana Menteri merangkap Menteri Ekonomi, Pertanian dan Inovasi Maxime Jacques Marcel Verhagen dalam sambutannya selaku tamu kehormatan pada Resepsi Diplomatik dalam rangka HUT ke-67 RI di Wisma Duta, Wassenaar, Rabu malam atau Kamis (6/9/2012) WIB.

"Kini ekonomi Indonesia menunjukkan angka-angka pertumbuhan sangat mengesankan, dengan pertumbuhan GDP rata-rata lebih dari 6% per tahun berturut-turut," ujar Verhagen.

Dikatakan, 14 tahun lalu Indonesia mengalami krisis berat menyusul krisis keuangan Asia. Sekarang beban utang Indonesia telah menyusut dari 150% GDP menjadi kurang dari 25% GDP pada 2011, salah satu terendah di ASEAN.

"That is making most European countries jealous these days. Hal itu membuat sebagian besar negara-negara Eropa saat ini iri," imbuh Verhagen, yang sebelumnya menjabat Menlu di era Hassan Wirajuda itu.

Menurut Verhagen, dengan prestasinya itu tidak aneh jika Indonesia menjadi pasar luar negeri sangat penting bagi perusahaan-perusahaan Belanda seperti Unilever dan Friesland Campina. Juga tidak aneh bahwa banyak perusahaan-perusahaan lainnya telah mengikuti jejak mereka.

"Itulah pula mengapa Belanda menjadi investor asing terbesar ke empat di Indonesia," cetus Verhagen.

Pada bagiannya, lanjut Verhagen, Belanda bangga menjadi mitra dagang Indonesia terbesar kedua di UE. Belanda juga merupakan pintu gerbang ke UE, sebagaimana banyak ekspor Indonesia mencapai tujuannya melalui pelabuhan Rotterdam atau Bandara Internasional Schiphol.

Selain itu Asosiasi Eksportir Belanda (Fenedex) menempatkan Indonesian pada ranking ketiga setelah Cina dan India dalam hal ekspektasi pertumbuhan.

"Separuh dari anggota Fenedex memperkirakan akan mencapai angka penjualan lebih tinggi di Indonesia tahun ini," pungkas Verhagen.

sumber

harap maklum yah agan-agan dan para aganwati untuk trit pertama ane..

ane hanya ingin berbagi info saja...

emoticon-I Love Indonesia (S)
0
2.2K
17
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas Berita dan Politik
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
668KThread39.1KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.