Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

KriegsherrAvatar border
TS
Kriegsherr
Brain spyware bisa meng-hack pikiran
Ga tau ini info bagus apa buruk, bentar lagi pikiran kita bisa di terjemahkan pake smacam perangkat gan, serem jg, bisa2 kejahatan pencurian data bisa makin ga terdeteksi.. antivirus sm antikeylogger lewat emoticon-Bingung emoticon-Ngacir

translateApakah rahasia terdalam di pikiran Anda aman? Bisakah pencuri mengecoh agar Anda mengungkapkan pin ATM atau password komputer hanya dengan memikirkannya?

Secara terori, hal ini bisa terjadi. Ivan Martinovic dari University of Oxford dan koleganya di University of Geneca dan University of California at Berkeley menjelaskan penelitian itu dalam makalah berjudul “On the Feasibility of Side-Channel Attacks With Brain-Computer Interfaces” yang dipresentasikan awal bulan ini di 21st USENIX Security Symposium.

Riset ini diinspirasi oleh meningkatnya jumlah permainan dan aplikasi pikiran lainnya yang tersedia untuk perangkat Electroencephalography (EEG) murah untuk kosumen seperti headset Emotiv EPOC, yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan komputer hanya dengan menggunakan pikiran mereka. Pengembang jahat bisa membuat aplikasi “brain spyware” yang dirancang untuk menipu pengguna agar memikirkan informasi sensitif, yang kemudian dicuri.

Penelitian ini difokuskan pada sinyal otak P300, yang sering dikeluarkan ketika sesuatu yang bermakna dikenali. Hal ini juga sudah dipertimbangkan dalam merancang detektor kebohongan terbaru.

Sebanyak 28 subjek penelitian yang menggunakan headset Emotiv ditunjukkan gambar-gambar seperti angka, kartu bank, ATM, dan wajah orang ketika ditanyai sejumlah pertanyaan spesifik dengan target informasi spesifik. Gelombang otak mereka, khususnya P300, ditangani dengan perangkat lunak pengilah sinyal. Hasilnya, informasi pribadi yang diambil dari uji coba ini lebih akurat 15-40 persen ketimbang hanya dengan menebak.

“Sinyal EEG yang ditangkap mengungkapkan informasi pribadi pengguna, seperti kartu bank, nomor PIN,” demikian kesimpulan para peneliti.

“Data sinyal ini masih perlu diteliti lebih lanjut, dan perangkatnya tidak dibuat untuk mendeteksi pola semacam ini. Tapi kita bisa melihat dari penelitian ini, kita bisa mendapat informasi lebih baik dari sekadar menebak,” kata Martinovic.Dia mencatat bahwa kualitas perangkat EEG dan sinyal yang dihasilkannya pasti akan meningkat, dan penjahat bisa memanfaatkan hal tersebut.“Ada pertanyaan tentang apakah ada potensi serangan yang lebih canggih, bisakah kita menanamkan serangan ini di video, game online?”Di masa depan ketika Anda memainkan tokoh seperti Profesor X dalam film X-men dan mengendalikan sesuatu dengan pikiran Anda, berhati-hatilah terhadap pencuri.

Spoiler for buka gan:
0
1.2K
6
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.