Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

arifudinAvatar border
TS
arifudin
Rawan Kebakaran, Pendakian Gunung Lawu Ditutup
Rawan kebakaran hutan, jalur pendakian Gunung Lawu yang berada di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah ditutup sementara. Dua pintu masuk pendakian baik di Cemoro Sewu, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, dan Cemoro Kandang, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, telah ditutup sejak sepekan lalu.

"Sementara ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan," kata Asisten Perhutani Badan Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Selatan Andri Wahyu Tri Purnawan, Kamis 6 September 2012.

Andri mengatakan penutupan kawasan pendakian tersebut bertujuan untuk menjaga keamanan pendaki. "Pendaki dilarang tapi kalau pengunjung wisata masih dibolehkan," katanya. Penutupan kawasan pendakian ini berkoordinasi dengan Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Perhutani Unit II Jawa Timur Cluster Sarangan yang mengelola Wana Wisata Cemoro Sewu.

BKPH Lawu Selatan dibawah KPH Lawu dan sekitarnya memiliki luas hutan produksi dan hutan lindung 5.770 hektar. Rata-rata tanaman yang dikelola adalah pinus yang diambil getahnya. Penyebab kebakaran adalah pendaki yang membuat api unggun maupun masyarakat sekitar hutan yang membuat arang.

Akhir Agustus 2012 lalu sempat terjadi kebakaran di perbatasan BKPH Lawu Selatan dan BKPH Lawu Utara. BKPH Lawu Utara berada dibawah pengelolaan Perhutani Unit I Jawa Tengah.

BKPH Lawu Selatan hanya memiliki 16 personil Satuan Tugas Pengendalian Kebakaran Hutan (Satgas Dalkarhut). "Karena keterbatasan personil, kami melibatkan unsur LMDH," kata Andri menambahkan. Ada 19 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang berada di wilayah BKPH Lawu Selatan. menurut Andri, jumlahnya bisa sampai ratusan orang yang siap membantu mengatasi kebakaran.

Karena lokasinya berada di pegunungan, pemadaman kebakaran hutan setempat hanya secara manual. "Kami juga sudah membuat ilaran atau sekat bakar," katanya. Ilaran berfungsi untuk membatasi titik-titik api. Kebakaran besar pernah terjadi di kawasan hutan Gunung Lawu diantaranya tahun 2002, 2006, dan 2009.

Gunung Lawu adalah salah satu wilayah yang rawan kebakaran. Potensi kebakaran tahun ini cukup besar. Sebab sudah beberapa tahun tidak terjadi kebakaran besar sehingga ilalangnya mungkin sudah tinggi.

Pengendalian kebakaran di wilayah Gunung Lawu harus melibatkan Perhutani Unit II Jawa Timur dan Unit I Jawa Tengah. Untuk wilayah hutan yang bisa dilalui kendaraan, Perhutani Unit II Jawa Timur menyiapkan sejumlah mobil Polisi Mobil (Polmob) Perhutani yang dimodifikasi dengan tanki air pemadam. Mobil modifikasi ini ditempatkan di sejumlah titik yang rawan kebakaran baik di wilayah barat dan timur. Wilayah barat Perhutani Jawa Timur yang rawan kebakaran ditempat di Ngawi hingga Madiun dan Bojonegoro. Sedangkan wilayah timur yang rawan kebakaran terutama di Banyuwangi dan Situbondo.

Code:
Sumber : http://www.tempo.co/read/news/2012/09/06/199427879/Rawan-Kebakaran-Pendakian-Gunung-Lawu-Ditutup


emoticon-Blue Guy Cendol (S)
0
2.3K
15
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Outdoor Adventure & Nature Clubs
Outdoor Adventure & Nature ClubsKASKUS Official
2.9KThread4.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.