Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tomsizAvatar border
TS
tomsiz
dibalik kehebatan susu kedelai. benarkah itu?
permisi semuanyaa.. sekedar mau berbagi buat para kaskuser semuanya..emoticon-I Love Kaskus (S)
bantu emoticon-Rate 5 Star ato kasih yang sueger yah gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
jgn dikasih emoticon-Blue Guy Bata (L) lo ya.. emoticon-Ngakak (S)
langsung aja nih... semoga ga emoticon-Blue Repost

susu kedelai, banyak orang yang mengatakan susu kedelai adalah susu yg terbaik kedua selain ASI karena susu kedelai adalah pengganti ASI. selain itu banyak sekali manfaat lain nya seperti :
1. mencegah berbagai penyakit(karena bnyk mengandung vitamin E dan mineral magnesium),
2. mengurangi kolesterol(krna mengandung lesitin),
3. perlambat monopouse (karena vitamin E nya),
4. mampu mencegah migrain (mngandung vit B-komplek, kaya akan mineral, dan asam amino yg tinggi),
5. anti kanker dan penuaan dini (krna mengandung zat anti-oksidan),
6. mencegah rambut rontok, dsb masih banyak lagi.

dari sekian banyak manfaat2 susu kedelai, tahukah kaskuser sekalian sisi buruk dari susu kedelai? cekidot mari simak salah satu kejahatannya:

Susu kedelai memang rendah lemak bila dibandingkan dengan susu sapi. Namun sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa potensi susu kedelai merusak gigi lebih besar. Riset itu memperlihatkan bakteri yang ditemukan dalam mulut menghasilkan asam lima hingga enam kali lebih banyak ketika mereka mengkonsumsi susu kedelai daripada susu sapi.

Asam dalam mulut berkontribusi pada pembentukan plak pada gigi, yang akhirnya menyebabkan pembusukan gigi dan pembentukan lubang.


Ilmuwan yang terlibat dalam riset tersebut menyatakan temuan ini menunjukkan bahwa minuman yang terbuat dari kacang kedelai berpotensi lebih tinggi untuk menyebabkan gigi berlubang dibanding susu sapi. Kendati begitu, masih perlu penelitian lebih mendalam sebelum ilmuwan mengetahui dengan pasti apakah susu kedelai benar-benar merusak gigi karena riset ini baru dilakukan dalam cawan petri di laboratorium.


William Bowen, profesor emeritus mikrobiologi dan imunologi di Center for Oral Biology, University of Rochester, yang tidak terlibat dalam riset itu, mengatakan bahwa potensi merusak gigi yang dimiliki masing-masing substansi tergantung pada bagaimana Anda mengunakannya. Minum segelas susu kedelai, misalnya, kemungkinan besar tidak merusak gigi. Tapi membiarkan bayi minum susu kedelai dalam botol sepanjang hari dapat menyebabkan hal itu. Sebaliknya, susu sapi diketahui tidak memicu gigi berlubang, tak peduli seberapa banyak susu dikonsumsi.

"Temuan ini mencurigakan, tapi butuh lebih banyak bukti untuk mendukung penelitian tersebut," kata Bowen.

Eric Reynolds, peneliti dari Dental School, University of Melbourne di Australia, dan timnya memilih empat merek minuman berbahan dasar kedelai, dan dua merek susu sapi untuk eksperimen mereka. Masing-masing susu kemudian dicampur dengan bakteri Streptococcus mutansyang ditemukan dalam mulut manusia dan biasanya diasosiasikan dengan lubang gigi.

Mereka menemukan bahwa susu kedelai, yang telah ditambah bakteri, menjadi lebih asam dalam 10 menit. Sebaliknya tingkat keasaman susu sapi tidak berubah setelah diberi bakteri itu.

Para peneliti tidak memasukkan saliva (air liur) dalam eksperimen ini. Padahal, kata Bowen, saliva dapat menghasilkan efek untuk mengatasi tingginya asam yang diproduksi susu kedelai.[forum kompas]

Quote:


kalo saya yah gan.. tetep milih minum susu kedelai walaupun merusak gigi, tinggal periksa gigi rutin aja ke dokter[semoga Tuhan memberikan rezeki yg lebih] emoticon-Ngakak (S) tapi dengan aturan tertentu tentunya..
saran saya kalo minum susu kedelai mendingan buat sendiri ato suruh buatin siapa kek yg bisa buat susu kedelai, jangan beli yg bubuk apalagi yg instan udah nggak alami dan kemungkinan khasiatnya tidak sedasyat yg bener2 alami dari tangan kita sendiri.
sekian.. terimakasih atas kunjungan nya.. komentar baik dan ratenya selalu saya tunggu emoticon-Blue Guy Smile (S)
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
3.9K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.