Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kaskus1dAvatar border
TS
kaskus1d
Efek Tersembunyi Antibiotik

Ulasan Khas Bahaya di Balik Antibiotik
Efek Tersembunyi Antibiotik: Dari Gigi Kuning Sampai Vagina Gatal


Jakarta, Semua obat punya efek sampingnya, termasuk antibiotik. Antibiotik menjadi perhatian karena penggunaannya tidak boleh sembarangan. Jika dosisnya kurang atau kebanyakan maka ada bahaya yang tersembunyi.

"Penggunaan antibiotik yang tidak bijaksana dikhawatirkan terjadi resistensi atau kekebalan dari bakteri terhadap antibiotik," ujar dr Sandra Utami Widiastuti, SpPD dari RS Siloam Kebun Jeruk saat dihubungi detikHealth dan ditulis Rabu (5/9/2012).

Antibiotik membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri yang peka. Tapi kadang salah satu bakteri dapat bertahan hidup karena mampu menetralisir atau menghindar dari efek antibiotik. Bakteri yang semula hanya peka bisa menjadi kebal melalui perubahan genetik di dalam selnya sehingga menjadi resisten terhadap antibiotik.

Jika antibiotik digunakan dengan tidak tepat bisa membahayakan kesehatan masyarakat secara global maupun individual, ini karena berisiko memicu masalah resistensi yang cukup serius.

"Untuk efek samping antibiotik macam-macam, tergantung dari jenis antibiotiknya," ujar Maura Linda Sitanggang, Apt, PhD selaku Dirjen Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes.

Maura menuturkan hal tersebut bukan disebut sebagai kerugian, karena sama seperti obat lainnya bahwa tiap obat jelas memiliki efek samping. Namun selama dosis dan penggunaannya tepat maka antibiotik tidak memiliki masalah.

Seperti dikutip dari eMedicinehealth.com dan About.com, diketahui ada beberapa efek samping dari antibiotik yang bisa muncul yaitu:
Spoiler for "efek samping":

"Reaksi alergi harus diperhatikan, dan bisa terjadi pada semua obat. Jika memang alergi terhadap suatu obat sebaiknya catat dan ingat-ingat agar tidak mengonsumsinya lagi," ujar dr Sandra.


5 jenis antibiotik yang paling sering dipakai

Agar pasien juga tidak rewel ataupun salah pakai karena tidak tahu jenis-jenis antibiotik, ada baiknya kenali 5 jenis antibiotik yang paling sering dipakai di masyarakat berikut ini:
Spoiler for "jenis antibiotik":



Ulasan Khas Bahaya di Balik Antibiotik
Memangnya Kenapa Kalau Antibiotik Tidak Dihabiskan?

Spoiler for "Antibiotik Harus dihabiskan":


semoga bs menambah info buat agan2, klo ada yg mau share pengalaman juga monggo...

sumber: hvvp://health.detik..com
0
4.3K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.