Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

indah.shopAvatar border
TS
indah.shop
Pohon mahoni di trotoar cijerah hilang fungsi nya
Assalamu'alaikum Wr, Wb.
saya mau curhat seputar hilangnya fungsi pohon.

saya tinggal di jalan Cijerah kelurahan cibuntu, kecamatan bandung kulon, kota bandung. di sepanjang jalan cijerah ada ratusan pohon mahoni yang berdiri tepat di badan trotoar.

pohon mahoni memang punya ranting yang lebat dan daun yang banyak.sehingga fungsinya untuk penghijauan cocok banget di pinggir jalan.selain itu jalan juga jadi semakin nyaman karena terik matahari terhalang pohon.

tapi kondisi sekarang ini lain cerita nya.pohon mahoni sekitaran jalan cijerah malah hilang fungsinya, malah menimbulkan beberapa kecelakaan kecil yang bisa jadi kecelakaan besar.

contohnya :

1. pohon tersebut rantingnya meluas kemana2. ga jarang rantingnya banyak yang nempel ke kabel listrik.

2. ranting2 yang lumayan besar gak jarang banyak yang jatuh.beratnya bisa2 sampe 7kg kalo jatuh ( lumayan kalo kena kepala pejalan kaki bisa masuk rumahsakit) apalagi kalo jatuhnya ditengah jalan [ranting yang meluas ke atas jalanan] bisa-bisa kecelakaan besar.

3. buahnya kalo lagi musim berbuah sehari bisa jatuh sampe 4x per pohon.udah ane itung gan.hehehe dan jangan dikira buahnya bisa dimakan nikmat buah mahoni itu isinya biji semua yang kulitnya sekeras kayu. per buahnya kira2 1/2kg lumayan kalo kena kepala. gak jarang juga rumah warga jadi korban. asbes nya ketimpa buah mahoni pada retak2.alhasil kalo hujan ya bocor.

4. daunnya buanyakk banget gan. kalo musim kemarau daunnya jatuh semua sampe2 jalanan penuh daun kering.berantakan [dan gak kelihatan ada petugas kebersihan jalan yang ngebersihinnya ] selain itu musim kemarau ya pada botak pohonnya dan hilang deh fungsi nya.

mudah2an curhatan ane dibaca pihak yang bersangkutan. dan ditindaklanjuti.
saran ane sebagai orang awam ya tolong dicek pohon2 yang kiranya udah gak sehat & menimbulkan banyak masalah lebih baik diganti. kalopun harus melibatkan masyarakat dalam penanaman kembali itu jauh lebih baik.

maaf kalo ada kata-kata yang tidak berkenan atau yang salah.

mudah2an masalah ini terselesaikan. amiiin
0
1.8K
5
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat Pembaca
KASKUS Official
13.1KThread2KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.