Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Craig79Avatar border
TS
Craig79
Tahun 2050, Indonesia Kebanjiran Manula
TEMPO.CO , Yogyakarta - Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi menyatakan, Indonesia akan mengalami "booming" manusia usia lanjut (Manula) pada 2050. Hingga 2011 yang lalu, tercatat jumlah manula di Indonesia sudah mencapai 19,5 juta orang atau 8,2 persen dari jumlah penduduknya.

"Pada 2050 akan meningkat menjadi 25 persen dari jumlah penduduk Indonesia," kata Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi di Yogyakarta, Selasa 4 September 2012.

Hingga 2012 jaminan keshatan untuk masyarakat Indonesia sudah mencakup 63,2 persen. Yang belum terlindungi sebesar 36,8 persen.

Dengan adanya undang-undang nomor 24 tahun 2011 soal Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, Indonesia memulai Uneversal Health Coverage. Harapannya pada 2019 seluruh penduduk Indonesia sudah mempunyai jaminan kesehatan.

Berbicara tentang jaminan kesehatan untuk para manula, Nafsiah mengatakan di Yogyakarta akan diselenggarakan Deklarasi Yogyakarta yang berisi komitmen pemerintah negara-negara anggota WHO untuk membangun kemitraan di antara semua pemangku kepentingan di tingkat nasional, regional dan global, untuk memperkuat kebijakan mengenai lansia.

Selain itu dibahas juga upaya pembangunan kesehatan sejak usia muda sehingga saat lanjut usia tetap produktif dan sehat.

Sejumlah menteri kesehatan anggota WHO Asia Tenggara yang mengikuti sidang ke-65 Komite Regional WHO SEARO pada Rabu-Jumat, 5 sampai 7 September 2012 ini terdiri dari Bangladesh, Bhutan, Korea Utara, India, Indonesia, Maladewa, Myanmar, Nepal, Sri Lanka, Thailand dan Timor Leste.

Nafsiah menambahkan, harus ada upaya pencegahan penyakit, penyadaran masyarakat untuk menjalani hidup sehat. Jika gaya hidup sehat maka manusia bisa sehat hingga usia tua. "Jika semua orang yang sakit digratiskan terus menerus negara bisa bangkrut. Maka harus ada pencegahan sebelum sakit," kata dia.

Sumber : http://id.berita.yahoo.com/tahun-205...231304091.html
0
2.1K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.