- Beranda
- The Lounge
Curhatan Seorang Biker bermotor jadul
...
TS
Ab_5525_hY
Curhatan Seorang Biker bermotor jadul
sebelumnya...
Ane berpikir panjang, hampir sebagian besar kecelakaan yang Ane alami adalah bukan dari keteledoran Ane semata. Melainkan dari pengguna jalan lainnya.
Oleh karena itu Ane hanya ingin memberi sedikit curahan hati untuk rider agar tetap waspada di perjalanan.
1.Ngaca dulu, Kita pantes bawa motor atau belum?
Maksudnya gini, apakah riding skill Kita cukup mumpuni untuk membawa motor ke jalan raya atau belum?
2.Selesaikan segala macam urusan sebelum Kita berkendara.
Kalau mau kencing/boker ya mending kencing/boker dulu di rumah, biar nyaman dan santai bawa motornya.
Kalau mau dengerin musik ya dengerin di rumah aja, jangan pake headset sambil bawa motor.
Emang Lo kate mau ke disko?
Kalo ada masalah sama orang rumah jangan dibawa2 ke jalan, selesain dulu di rumah.
3.Persiapkanlah Diri Kita untuk Jatuh
Lho kok malah optimis jatuh?
Bentar2, maksudnya gini
Pada saat di jalan raya, Kita ga tau kejadian apa yang akan menimpa Kita (amit2 deh jangan sampe kenapa2). Kita perlu meminimalisir benturan waktu Kita jatuh minimal dengan menggunakan aksesoris seperti ini, yaitu:
4.Persiapkan kendaraan dalam keadaan yang optimal;
Sangat mungkin bila persyaratan2 di atas turut serta berpengaruh dalam keselamatan anda selama di jalan.
5.Defensive Riding
Yang menggunakan jalan bukan kita saja, tapi pejalan kaki, tukang somay, tukang abu gosok, tukang bakso, supir2 dan rider lain juga menggunakan jalan yang sama.
Budayakan sifat toleransi selama di jalan raya, berkendara dengan tenang, ga perlu grusak grusuk
Kalo ada tukang bakso nutupin jalan ga usah bentak2, cukup bilang misi Pak numpang lewat
Kan enak dengernya daripada teriak woi minggir Woi !!!
Ga perlu bleyer2 gas kalo di depannya ada motor jalan pelan2 padahal emang lagi macet, emang gasnya ga bisa langsam? Mau lancar terbang aja sana
Slow but sure aja lah
6.Perhatikan Blind Spot atau titik buta Anda.
ilustrasinya begini :
Pada saat motor Kita sejajar dengan posisi tepat dengan roda belakang motor lain itulah blind spot, karena pantulan bayangan situasi pada kaca spion terhalang oleh bayangan lengan kita sendiri.
7.Waspada saat bermanuver di tikungan tajam.
bisa saja tiba2 ada rider dari arah lawan yang terlalu melebar menikung sehingga memakan sebagian jalur Anda.
Atau malah ada rider lain di belakang Anda dengan PeDenya nyalip dari sisi dalam tikungan.
Caranya, sambil mengendurkan gas sambil tekan pedal rem seperempat tekanan dan lihat spion untuk berjaga2 bila tiba2 ada rider lain yang memakan jalur Anda.
Bila Anda melaju di malam hari, dim-kan lampu utama dan klakson 2 kali agar (minimal) pengendara dari arah lawan mengetahui keberadaan Anda.
nyambung ke bawah...
Spoiler for Ane hanya rider biasa:
Ane berpikir panjang, hampir sebagian besar kecelakaan yang Ane alami adalah bukan dari keteledoran Ane semata. Melainkan dari pengguna jalan lainnya.
Spoiler for :
Oleh karena itu Ane hanya ingin memberi sedikit curahan hati untuk rider agar tetap waspada di perjalanan.
1.Ngaca dulu, Kita pantes bawa motor atau belum?
Maksudnya gini, apakah riding skill Kita cukup mumpuni untuk membawa motor ke jalan raya atau belum?
Spoiler for ngaca:
Spoiler for alay:
2.Selesaikan segala macam urusan sebelum Kita berkendara.
Kalau mau kencing/boker ya mending kencing/boker dulu di rumah, biar nyaman dan santai bawa motornya.
Kalau mau dengerin musik ya dengerin di rumah aja, jangan pake headset sambil bawa motor.
Emang Lo kate mau ke disko?
Kalo ada masalah sama orang rumah jangan dibawa2 ke jalan, selesain dulu di rumah.
Spoiler for :
3.Persiapkanlah Diri Kita untuk Jatuh
Lho kok malah optimis jatuh?
Bentar2, maksudnya gini
Pada saat di jalan raya, Kita ga tau kejadian apa yang akan menimpa Kita (amit2 deh jangan sampe kenapa2). Kita perlu meminimalisir benturan waktu Kita jatuh minimal dengan menggunakan aksesoris seperti ini, yaitu:
Spoiler for aksesoris:
Spoiler for armor protector:
Spoiler for mau riding atau pameran paha?:
4.Persiapkan kendaraan dalam keadaan yang optimal;
Spoiler for cek first:
Sangat mungkin bila persyaratan2 di atas turut serta berpengaruh dalam keselamatan anda selama di jalan.
Spoiler for akibatnya:
Spoiler for :
5.Defensive Riding
Yang menggunakan jalan bukan kita saja, tapi pejalan kaki, tukang somay, tukang abu gosok, tukang bakso, supir2 dan rider lain juga menggunakan jalan yang sama.
Budayakan sifat toleransi selama di jalan raya, berkendara dengan tenang, ga perlu grusak grusuk
Kalo ada tukang bakso nutupin jalan ga usah bentak2, cukup bilang misi Pak numpang lewat
Kan enak dengernya daripada teriak woi minggir Woi !!!
Ga perlu bleyer2 gas kalo di depannya ada motor jalan pelan2 padahal emang lagi macet, emang gasnya ga bisa langsam? Mau lancar terbang aja sana
Slow but sure aja lah
Spoiler for :
6.Perhatikan Blind Spot atau titik buta Anda.
ilustrasinya begini :
Pada saat motor Kita sejajar dengan posisi tepat dengan roda belakang motor lain itulah blind spot, karena pantulan bayangan situasi pada kaca spion terhalang oleh bayangan lengan kita sendiri.
Spoiler for tips blind spot:
Spoiler for ngopy dari saft7.com, dsb2:
7.Waspada saat bermanuver di tikungan tajam.
bisa saja tiba2 ada rider dari arah lawan yang terlalu melebar menikung sehingga memakan sebagian jalur Anda.
Atau malah ada rider lain di belakang Anda dengan PeDenya nyalip dari sisi dalam tikungan.
Caranya, sambil mengendurkan gas sambil tekan pedal rem seperempat tekanan dan lihat spion untuk berjaga2 bila tiba2 ada rider lain yang memakan jalur Anda.
Bila Anda melaju di malam hari, dim-kan lampu utama dan klakson 2 kali agar (minimal) pengendara dari arah lawan mengetahui keberadaan Anda.
Spoiler for waspada di tikungan:
nyambung ke bawah...
Diubah oleh Ab_5525_hY 15-09-2014 05:34
0
109.6K
3K
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
924.7KThread•89.4KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya