Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nanda.fajarAvatar border
TS
nanda.fajar
Story to Ho Chi Minh - Dalat - Mui Ne
Perjalanan ke Ho Chi Minh, Dalat dan Mui Ne (VIETNAM)


TRIP TO VIETNAM
1st Day Ho Chi Minh City / Saigon

Ho Chi Minh City merupakan kota pertama yang gw kunjungi ama istri. Alasannya adalah kota ini merupakan kota terdekat untuk menuju ke Mui Ne dan Da Lat.

Waktu itu kita masih dapat promo 0 Rupiah AA dan belum ada fuel surchage (fule surcharge + Rp.90.000)...Guess what, kita cuma dapat tiket seharga Rp 100.000/ orang.

Untuk boarding Air Asia cukup mudah karena kita ga bawa tas berat2 amat, jadi bisa dilakukan di alat check-in AA @Soetta. Lalu bayar 150.000 buat airport tax cukup dikasih mba-mba AA disamping alat counter check-in itu. Cukup singkat dan mudah! Namun bagi yang bawa bagasi gede-gede baiknya check in lebih awal karena antriannya panjang banget. Alhamdulillah ga dilakukan pemeriksaan tas seberat 7kg.

Pesawat AA menggunakan A320 AirBus series. Lumayanlah, namun sayangnya keterisian pesawat sepertinya hanya 50%. Pantesan aja AA banyak melakukan promo ke Ho Chi Minh. Sebulan sebelum keberangkatan aja masih buka promo seharga Rp 300,000.

Landing di Ho Chi Minh, gw ama istri langsung stempel paspor. Setelah stempel kita harus tuker USD ke VND. Untuk penukaran USD ke VND money changer memasang harga 21,000 VND / 1 USD. Money changer bisa ditemui saat kita mau keluar bandara. Usahakan Tanya di money changer sebelahnya. Waktu itu kita tuker 200 USD saja. Bagi yang mau tuker Rp --> Dong di Indonesia sebaiknya jangan karena ratenya jelek abis. Waktu itu ane mau nuker masa cuma ditawar 16.000.emoticon-Blue Guy Bata (S) Disebelah money changer kita juga menemui taksi untuk membawa kita ke Hostel di Jalan Phang Ngu Lao.

---

Taksi untuk ke daerah ini 7 USD atau 140,000 VND. Untuk pilihan taksi kita ada 2 pilihan yang cukup kredibel yaitu antara Vinasun (warna biru) dan Mailinh (hijau). SIstem argo atau system voucher 7$ ga beda jauh harganya. Jadi kita pake voucher 7$ itu aja buat ke hostel. Sesampainya di hostel, kita nyari VyKhan hostel yang udah kita booking jauh2 hari via hostel.com. Kita booking online waktu itu dengan harga 140,000 rupiah. 10% DP di website dan sisanya dibayar langsung. Nama pemiliknya adalah Ms.Vy. Ada pilihan sewa bunk bed atau private room. Berhubung ini perjalanan honeymoon, kita sewa private bed aja. Fasilitas hostelnya mayan bagus dengan TV, Water heater, AC, dan kulkas.

Berhubung kita belum makan malam, kita Tanya Mba Vy makanan yang enak deket-deket hostel. Ternyata selain ngejelasin restoran, dia juga ngejelasin tempat-tempat menarik di Ho Chi Minh. Sep deh…kita berangkat ke restoran KEN. Katanya letaknya di Ben Tham St atau sebelah Sinh Tourist/ Sinh Café dan waktu jalannya Cuma 5 menit aja. Sinh Café itu travel agent yang paling terkenal di Vietnam.

Spoiler for Phang ngulao St.:



Day 2
Hari ini kita check out dari Vy Hostel dan langsung menuju ke Sinh Tourist untuk tour 4 hari 3 malam ke DaLat dan Mui Ne. Untuk pemesanan tiket, kita udah pesen via internet beberapa minggu sebelumnya karena kalau pesen deket-deket hari harga tur bisa naik. Harga tur untuk 4 hari 3 malam R750.000 Rupiah. Sudah termasuk hotel bintang 2, makan siang, transportasi, guide dan tiket masuk. MurMer bener deh nih...Walaupun banyak juga agen-agen perjalanan disekitaran Ben Tham St., saya memilih pake tur karena harganya juga masih kejangkau kantong dengan fasilitas yang worthed emoticon-Smilie4hr = 750.000 amazing!

Akhirnya bus datang jam 07.00 pagi. Karena kita ga sempet sarapan, akhirnya beli roti aja dijalan. Baiknya sih sarapan karena lapar juga kalau Cuma ngemil doang.hehe. Kalau melihat pemandangan Ho Chi Minh ke Dalat nampaknya pembangunan Indonesia masih lebih maju dari Vietnam. Motor-motor yang digunakan masih jauh lebih canggihan Indonesia. Namun yang patut diapresiasi adalah disiplin pengguna kendaraan bermotor masih lebih baik. (*sotoy)

Akhirnya sampai juga di Dalat setelah menempuh perjalanan selama 8 jam. Kesan pertama yang didapat dari kota ini adalah dingiiin, berawan, udaranya bersih dan berbukit-bukit. Namun kita check-in hotel dulu deh. Syukurlah hotel bukan hostel. Really not bad buat hotel bintang dua.

Bagi yang mau lihat hostel-hostel yang murah ada didekat-dekat hotel Sinh Tour ini, seperti yang teman Korea saya lakukan. Dia Cuma ikut tur Sinh aja tapi ga check in di hotelnya. Tapi bagi yang ga ikut dua-duanya (hotel dan tur), nampaknya harus sewa motor karena tidak ada angkot disini kecuali Taksi Mailinh.

Besoknya kita sarapan dulu di hotel…Sarapan di Vietnam hampir sama kaya di Indonesia, tapi hati-hati ya kegigit babi bagi yang muslim. Soalnya kadang saya suka ga sadar apa yang saya makan kalau ga ada keterangan.

Dalat City Tour kita, itinerynya kurang lebih seperti ini:

Spoiler for hotel di dalat:


1. Prenn Waterfall
Berhubung Da Lat adalah kota yang berbukit-bukit, memiliki sungai, maka ia juga memiliki airterjun yang cukup deras yaitu Prenn. Wisata air terjun ini juga dikemas dengan taman yang baik dan jalan setapak yang cukup enak dilalui.

Spoiler for PREN WATERFALL:


2. Buddhist Meditation Monastery and Paradise Lake
Kuil Budha dan Danau yang cukup lumayan. Ada tempat ibadah orang Budha, taman-taman yang indah dan Danau yang cukup luas.

--

3. Robin Hill (cable car)

[spoiler=robin hill cable car][/CODE]

4. Bao Dai Summer Palace
Ini adalah pemukiman raja Vietnam yang dijadikan museum.

--

5. Crazy House
Susah menggambarkan tempat ini, Crazy House adalah rumah-rumah yang arsitekturnya ga terbayang sebelumnya bentuknya.

--

6. Traditional Embroidery Village

7. Valley of Love
Disini taman dengan berbagai patung-patung yang melambangkan cinta. Cocok buat pasangan yang lagi pacaran atau honeymooners. Yang unik disini, ada teralis motif hati dan kita bisa cantolin gembok disitu. Persis sama konsepnya seperti di KorSel.

--

8. Beli oleh-oleh

9. Flower Garden

Berhubung Da Lat daerah tinggi jadi produksi bunga-bunga dikota ini lumayan subur. Banyak bunga-bunga bermekaran. Sejuk!

--

Untuk tur jenis ini, kalau tidak ama paket, Tur mematok biaya 275.000 VND atau sekitar 14 USD. Udah dapet makan siang, tiket masuk, mobil dan guidenya. Namun biaya ini tidak termasuk kereta gantungnya dan naik gajah. Ini ane kasih gambar Sinh Tour di Dalat emoticon-Blue Guy Cendol (S)

--


Mui Ne

Mui Ne dapat ditempuh sekitar 4,5 jam dari Da Lat atau Saigon. Dari daerah pegunungan diDalat, saya akhirnya tiba di Mui Ne yang daerah panas (pantai dan gurun pasir). Syukur dapat hotel yang PW, samping kolam renang, dan pinggir pantai.
--

Turis-turis kalau ke Mui Ne memang mengunjungi gurun pasirnya. Amaze juga banyak turis asing disini. Saya ambil fullday tour di Mui Ne by Sinh Tour. Detail itinnya sbb:

1.\tFishing Village
Fishing Village adalah desa nelayan yang Cuma 20 menit dari hotel. Menurut saya ga ada yang terlalu istimewa dari tempat ini kecuali perahu kecil mereka yang berbentuk ½ bola.
--

2.\tWhite Sand Dune
White sand dune adalah best spot di Mui Ne. Disini kalian bisa main ATV (4wheel drive) dan main seluncuran di gurunnya. Ada tekniknya Gan…Harus aga tiduran supaya ngeluncurnya mulus. Kalau yang males jalan sewa aja ATV nya. Hati-hati yang bawa kamera karena pasir halusnya bisa masuk kamera agan.

--

3.\tRed Sand Dune
Red Sand Dune adalah gurun pasir merah di Mui Ne. Ane lebih suka ngeliat yang putih karena lebih luas dan bersih. Disini banyak orang main layangan dan kita bisa ngeliat laut dari kejauhan. Disekitaran banyak juga rombongan wisata lokal maupun asing. Bagi yang belanja oleh-oleh atau makanan banyak warung diseberangnya.

--

Bagi yang mau ke Vietnam, berikut beberapa tipsnya :
1. Usahakan booking jauh2 hari bagi yang mau make travel. Kadang bisa 50% lebih mahal kalau booking deket2 hari.
2. Cari hostel bisa di hostelworld.com atau hostel.com. Cari aja referensi yang tertinggi dan cari yang deket dengan meeting point tour/ meeting bus agan.
3. Kalau mau yang titip tas di bandara juga bisa...Harga terjangkau tergantung berapa lama nitipnya.
4. Hati2 kamera kemasukan pasir di gurun pasir Mui Ne...
5. Kadangkala harga travel agent bisa lebih murah daripada jalan secara individual. Selain hemat waktu, agan bisa hemat tenaga juga. Nyasar di Vietnam bukan hal mudah karena tulisannya ga dibuat dalam bahasa Inggris.
6. Kalau yang bawa motor hati2 ya...Jalannya rame dan setirnya sebelah kiri.


Code:
Perincian Dana 3 kota di Vietnam (Dalam VND/ Vietnam Dong)

Day 1 @HCM
Taksi dari Bandara HCM ke Hostel\t150.000
Hotel (Private)\t\t\t\t310.000
Dinner\t\t\t\t\t80.000

Day 2 (Perjalanan dari HCM ke DaLat)
Sarapan\t\t\t\t20.000
Lunch\t\t\t\t\t70.000
Dinner\t\t\t\t60.000

Day 3 (@Dalat)
Cable Car\t\t\t\t50.000
Dinner\t\t\t\t84.000

Day 4 (@Mui Ne)
Lunch\t\t\t\t\t75.000
Dinner\t\t\t\t45.000

Day 5 (HCM)
Lunch\t\t\t\t\t75.000
Taxi ke Airport\t\t\t130.000

*Untuk sarapan, makan siang, hotel, transport disediakan oleh Tur
Paket Tur 4H-3M adalah Rp750.000/org

>> BAGI CENDOLNYA YA GAN << emoticon-Toast
0
8.9K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Mancanegara
MancanegaraKASKUS Official
5.9KThread2.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.