Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sandradevi.nAvatar border
TS
sandradevi.n
Orang Utan Kalimantan Terbakar !!
Seekor orang utan berjenis kelamin jantan nekat masuk ke daerah pemukiman warga. Setelah empat hari mengusahakan untuk evakuasi, warga mencoba cara yang sedikit ekstreme, menggunakan api. Akibatnya, orang utan tersebut mengalami luka bakar. Insiden ini terjadi di Kampung Parit Wadongkak, Desa Wajok Hilir, Kecamatan Sianten, Pontianak, Kalimantan Barat. Primata yang memiliki nama latin pongo pygmaeus tersebut masuk ke area pemukiman pada Kamis, 23 Agustus 2012 dan bertengger di pepohonan selama beberapa hari hingga Minggu (26/8). Warga menghubungi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk meminta bantuan. BKSDA sempat mencoba berbagai cara untuk membuat orang utan yang berusia sekitar 17 tahun itu mau turun dan dievakuasi seperti dibius dan dikagetkan dengan bunyi petasan. Bahkan, warga sempat meminta bantuan kepada seorang dukun namun tetap berakhir gagal. Akhirnya, warga berinisiatif menggunakan api untuk menghalau dengan harapan primata tersebut mau turun dari pohon. Nahas, musim kering dan angin membuat api tidak terkontrol sehingga berakibat fatal. Orang utan itu pun terpaksa dievakuasi dalam keadaan penuh luka bakar. Warga sendiri mengaku insiden tersebut terjadi tanpa disengaja. “Nggak ada faktor sengaja untuk membakar orangutan,” ujar salah satu warga bernama Habibi, seperti dikutip dari Vivanews. Ia juga menambahkan, masyarakat menyadari bahwa orang utan adalah hewan yang dilindungi. Karena itulah mereka menghubungi BKSDA. Lantas, siapa yang harus disalahkan? apakah peralatan yang digunakan untuk evakuasi terlalu minim? Yang pasti, posisi primata yang dilindungi pemerintah ini adalah korban. Penghuni asli hutan-hutan Kalimantan tersebut mulai kehilangan tempat tinggal karena banyaknya hutan yang dibabat baik secara ilegal atau sebaliknya.

Momen Sebelum, Saat, Hingga Sesudah Terbakarnya Orang Utan Kalimantan emoticon-Mewek

Spoiler for foto sebelum primata ini terbakar:


Orang utan dewasa ini bermain di pepohonan yang ada di perkebunan warga desa Wajok Hilir. Diduga habitatnya terganggu sehingga ia mencari makan hingga ke perkebunan warga.

Spoiler for primata:


Foto di atas menunjukan hewan primata ini sedang asyik berayun dari pohon yang satu ke pohon yang lainnya

Spoiler for primata santai:


Orang utan ini juga bertengger di puncak pohon kelapa milik warga desa tersebut. Hal ini yang membuat warga khawatir. Mereka takut kalau orang utan tersebut akan menghabiskan seluruh hasil perkebunan mereka, atau mungkin saja, merusaknya.

Spoiler for naassssss:


Warga pun kehabisan akal untuk menghalau orang utan yang dianggap sebagai pengganggu ini. Akhirnya, mereka membakar pohon tersebut dengan harapan orang utan itu berhasil dilumpuhkan dengan asap yang timbul akibat pembakaran pohon.

Spoiler for kasiaaaan /:(/:


Alih-alih menghalau orang utan itu dengan asap, justru hewan primata ini ikut terbakar bersama pohon tersebut.

Spoiler for kasiiiiaaaannn:



Akhirnya, tim penyelamat datang untuk mengevakuasi orang utan tersebut. Menurut para petugas, diharapkan luka bakar pada orang utan ini akan sembuh dalam waktu kurang lebih 4 hari. Peristiwa orang utan terbakar ini, baru pertama kali terjadi. Sebelumnya, tidak pernah ada kasus tragis yang menimpa hewan langka yang dilindungi ini

Read more at: http://ciricara.com/2012/08/29/momen...limantan-foto/
Copyright © CiriCara.com




















0
3.2K
39
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.