Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

YggdrassilAvatar border
TS
Yggdrassil
Mengenal Republik Turki
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM

Spoiler for Bendera:


Republik Turki (bahasa Turki: Türkiye Cumhuriyeti) disebut Türkiye (bahasa Turki: Türkiye) adalah sebuah negara besar di kawasan Eurasia. Wilayahnya terbentang dari Semenanjung Anatolia di Asia Barat Daya dan daerah Balkan di Eropa Tenggara. Turki berbatasan dengan Laut Hitam di sebelah utara; Bulgaria di sebelah barat laut; Yunani dan Laut Aegea di sebelah barat;Georgia di timur laut; Armenia, Azerbaijan, dan Iran di sebelah timur; dan Irak dan Suriah di tenggara; dan Laut Mediterania di sebelah selatan. Laut Marmara yang merupakan bagian dari Turki digunakan untuk menandai batas wilayah Eropa dan Asia, sehingga Turki dikenal sebagai negara transkontinental.

Etimologi

Nama Turki, Türkiye dalam bahasa Turki, dapat dibagi menjadi dua komponen: Türk ethnonym dan akhiran-Abai abstrak yang berarti "pemilik", "tanah" atau "terkait dengan" (berasal dari bahasa Arab akhiran-Jam'iyyah, yang mirip dengan Yunani dan Latin akhiran-besarbesaran). Penggunaan tercatat pertama dari istilah "Türk" atau "Türük" sebagai nama asli seorang pengarang yang terkandung dalam prasasti Orkhon dari Göktürks (Celestial Turki) dari Asia Tengah (c. abad ke-8). Kata bahasa Inggris "Turkey" berasal dari bahasa Latin Abad Pertengahan Turchia (c. 1369). Tourkia (Yunani: ???????) pada awalnya digunakan oleh Bizantium untuk menggambarkan Hungaria abad pertengahan (sejak pra-Magyar Hungaria diduduki oleh suku-suku proto-Turki dan Turki, seperti Hun, Avar, Bulgar, Kabars, Pechenegs dan Cumans.) Demikian pula, Khazar abad pertengahan Kekaisaran, sebuah negara Turki di pantai utara laut Hitam dan Caspian, disebut sebagai Tourkia (Tanah Turki) dalam sumber-sumber Byzantine. Namun, Bizantium kemudian mulai menggunakan nama ini untuk menentukan Seljuk-mengendalikan Anatolia dalam beberapa abad yang diikuti Pertempuran Manzikert pada tahun 1071.

Sejarah

Sejarah Turki dimulai dengan migrasi Oghuz Turki ke Anatolia dalam konteks ekspansi Turki lebih besar, membentuk Kekaisaran Saljuk pada abad ke-11. Setelah kemenangan Saljuk atas pasukan Kekaisaran Bizantium di 1.071 pada Pertempuran Manzikert, proses itu dipercepat dan negara itu disebut sebagai 'Turchia' di Eropa pada awal abad ke-12 . Dinasti Saljuk dikendalikan Turki sampai. negara itu diserang oleh bangsa Mongol setelah Pertempuran Kosedag. Selama bertahun-tahun ketika negara berada di bawah kekuasaan Mongol, beberapa negara Turki kecil lahir. Salah satu dari negara-negara ini adalah beylik Ottoman yang mengendalikan Anatolia Barat dan menaklukkan sebagian besar Rumelia. Setelah Istanbul akhirnya ditaklukkan, negara Utsmani menjadi sebuah kerajaan besar, yang disebut Kekaisaran Turki di Eropa. Selanjutnya, Kekaisaran diperluas ke Anatolia Timur, Kaukasus, Timur Tengah, Eropa Tengah dan Afrika Utara. Meskipun daya Kekaisaran Ottoman dan prestise mencapai puncaknya pada abad ke-16, itu tidak sepenuhnya mencapai kemajuan teknologi dalam kemampuan militer dari negara-negara Barat pada abad ke-19. Namun demikian, Turki berhasil mempertahankan kemerdekaan meskipun beberapa dari wilayahnya yang diserahkan ke tetangganya dan beberapa negara kecil memperoleh kemerdekaan dari itu. Setelah Perang Dunia I dimana Turki dikalahkan, sebagian besar Anatolia dan Thrace Timur diduduki oleh kekuatan Sekutu termasuk ibukota Istanbul. Dalam rangka untuk melawan pendudukan, kader-kader perwira militer muda membentuk sebuah pemerintahan di Ankara. Pemimpin terpilih Pemerintah Ankara, Mustafa Kemal mengorganisir perang kemerdekaan melawan kekuatan Sekutu. Setelah pembebasan Anatolia dan Thrace Timur, Republik Turki didirikan pada tahun 1923 dengan ibukota Ankara.

Spoiler for Mustafa Kemal Ataturk:


Geografi

Turki adalah sebuah negara Eurasia benua. Turki Asia (sebagian besar terdiri dari Anatolia), yang mencakup 97% dari negara, dipisahkan dari Turki Eropa oleh Bosphorus, Laut Marmara, dan Dardanelles (yang bersama-sama membentuk hubungan antara air Laut Hitam dan Mediterania) . Eropa Turki (Timur Thrace atau Rumelia di semenanjung Balkan) terdiri dari 3% dari negara.

Spoiler for Bosporus:


Wilayah Turki lebih dari 1.600 kilometer (1.000 mil) panjang dan 800 km (500 mil) lebar, dengan bentuk persegi panjang kira-kira. Ini terletak di antara garis lintang 35 ° dan 43 ° N, dan bujur 25 ° dan 45 ° E. wilayah Turki, termasuk danau, menempati 783.562 kilometer persegi (300.948 sq mi), di mana 755.688 kilometer persegi (291.773 sq mi) berada di Asia Barat Daya dan 23.764 kilometer persegi (9.174 sq mi) di Eropa.

Spoiler for Topografi:


Kepercayaan

Spoiler for Sultan Ahmed Mosque:


Turki adalah negara sekuler dengan tidak ada agama resmi negara, Konstitusi Turki memberikan kebebasan beragama dan hati nurani. Islam adalah agama yang dominan dari Turki, itu melebihi 99% jika orang sekuler latar belakang Muslim disertakan. Perusahaan riset menunjukkan sosok Muslim yang sebenarnya adalah sekitar 98% atau 97%.
Ada sekitar 120.000 orang dari denominasi Kristen yang berbeda, termasuk sekitar 80.000 Ortodoks Oriental, 35.000 Katolik Roma, 5.000 Ortodoks Yunani dan jumlah yang lebih kecil dari Protestan. Saat ini terdapat 236 gereja terbuka untuk ibadah di Turki. Gereja Ortodoks Timur telah berkantor pusat di Istanbul sejak abad ke-4. Kristen mewakili kurang dari 0,2% dari populasi Turki, menurut CIA World Factbook.

Budaya

Spoiler for Tarian Tradisional:


Turki memiliki budaya yang sangat beragam yang merupakan perpaduan antara berbagai elemen Turki O?uz, Anatolia, Ottoman (yang itu sendiri merupakan kelanjutan dari kedua Yunani-Romawi dan budaya Islam) dan budaya Barat dan tradisi, yang dimulai dengan Westernisasi dari Ottoman Kekaisaran dan masih berlanjut hari ini. Campuran ini awalnya dimulai sebagai hasil dari pertemuan Turks dan budaya mereka dengan orang-orang dari masyarakat yang berada di jalur mereka selama migrasi mereka dari Asia Tengah ke Barat.

Galeri Foto

Spoiler for Selimiye Mosque:

Spoiler for Museum Aya Sofia:

Spoiler for Istanbul:

Spoiler for Izmir:


credit :
Spoiler for credit:


Kunjungi Thread Saya Yang Lain
Spoiler for Thread:


emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star
0
2.8K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.