Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cheeze.25.12Avatar border
TS
cheeze.25.12
[SHARE] Jalan menuju kampus STAN


Di sini mungkin ane mau sedikit share tentang kisah hidup ane, transisi dari masa SMA menuju bangku perkuliahan. Silahkan ambil positifnya dan buang negatifnya. Semoga cerita ini bisa memotivasi agan-agan dan cerita ini tidak dimaksudkan untuk menyerang pihak mana pun. Untuk perkenalan, ane berasal dari salah satu SMA negeri di Lampung. Ane berasal dari keluarga yang ekonominya ga kurang tapi ga bisa lebih, pas-pasan banget lah gan. Ane juga bukan orang yang cukup dianggap di sekolah ane.

Ane semasa SMA bukan lah anak yang cukup berprestasi. Hidup ane biasa-biasa aja gan. Bahkan di kelas pun ane kurang dianggap. Peringkat ane selalu di tengah-tengah waktu di kelas. Saat ada pelajaran ane juga kurang dianggap atau lebih tepatnya malah ga didenger saat mengungkapkan pendapat ane terhadap suatu masalah di dalam pelajaran, padahal menurut ane itu udah solusi terbaik, tapi tetep aja ga didenger.

Dari SMP orang tua ane pengen banget ane masuk STAN biar bisa bantu meringankan beban ekonomi keluarga. Mereka berdua selalu memotivasi ane, sampe akhirnya ane sendiri punya niat untuk masuk STAN. Ane berniat setelah lulus dari STAN nanti, ane bisa kerja di Kemenkeu dan biayain sekolah adek-adek ane. Tapi semua berubah gan, saat ane masuk SMA, orang tua ane jadi pesimis melihat ane, karena peringkat dan prestasi ane yang bisa dibilang kurang. Mereka bahkan ragu ane bisa masuk bangku kuliah atau tidak.
Ya, gan. Saat di SMA hampir semua orang memandang remeh ke ane. Hampir semua orang ngeliat ane dengan sebelah mata. Sinis. Seolah di dunia ini gak ada yang mihak sama ane, gak ada yang mihak kepada eksistensi keberadaan ane. Apalagi saat ane cerita ane pengen masuk STAN, mimik wajah mereka seperti ingin berkata “orang kaya elo pengen masuk STAN? Ga salah tuh?” atau seperti ini “Ngimpi lu masuk STAN?” Ya hampir seperti itu lah yang kurasa. Agan-agan boleh bilang ane prasangka buruk, itu karena agan belum pernah ngerasain di posisi ane. Sampe dalam hati ane punya dendam gan, ane pengen nunjukkin ke mereka kalo ane juga bisa. Kalo kata orang sih ini “Power of Sakit Hati” (maksa banget -____-)

Keadaan makin parah dengan kondisi peringkat ane saat kelas 3 SMA semester 2 Ane dapet peringkat yang di bawah rata-rata. Semua makin remeh ngeliat ane. Ane juga sampe jadi ngiri ngeliat temen-temen ane yang bisa tertawa lepas karena mendapat nilai yang baik. Padahal ane ngerasa bisa lebih baik dari mereka. Dan semua ini belum berakhir gan, keadaan menjadi makin jauh lebih parah, ane gagal di SNMPTN Undangan. Ya iyalah gagal, secara ane dapet peringkat pencorot di kelas. Fufufufufu. Orang tua ane pun jadi patah semangat, ga tau lagi gimana nasib ane. Tapi untungnya mereka tetep ngedukung ane untuk ikut SNMPTN tertulis. (FYI : waktu itu USM STAN belum buka gan.)

Oke tanpa banyak cerita, tibalah hari SNMPTN Tertulis. Ane udah persiapin segala hal untuk ujian ini sebelumnya. Sebelum mulai ujian ane berdoa gan, semoga ane ga ngecewain orang tua lagi. Ane juga berdoa supaya bisa melupakan sejenak yang ada di fikiran ane. (FYI: ane semalem sebelum SNMPTN Tertulis putus sama pacar ane, dan itu bikin ane kurang semangat). Saat ngerjain soal ane banyak ga bisa gan, ane ga konsen ngerjain soal, ane tetep kepikiran kejadian semalem, ane galau. Hahaha. Ane berdoa lagi deh ke Yang Kuasa minta bantuan tangan dia untuk bekerja dan langsung aja selesai doa ane ngisi lembar jawabannya dengan asal. Dan setelah ujian selesai ane pun langsung doa lagi. (Ane percaya gan doa itu mengubah segala sesuatu).

Yah hari kedua ujian pun berlangsung seperti itu. Ane cuma bisa berpasrah sama Tuhan aja gan. Ane percaya Dia kasih yang terbaik buat ane. Dan sampe tiba saat pengumuman. “Duarrr!” bagai disambar kilat si Thor ane terkejut dan langsung sujud syukur. Ane keterima di Geofisika UNPAD gan. Ane seneng banget bisa masuk di salah satu PTN favorit di Indonesia. Bagi ane ini keajaiban banget gan, kalau kata orang-orang sih ini mukjizat.

Tapi eh tapi, dengan masuknya ane di UNPAD ini, malah menimbulkan beberapa pertanyaan di benak temen-temen ane gan. Bahkan ada yang mencibir “Wah, Kristian masuk UNPAD?” dengan nada sinis. Ane ga ngerti kenapa mereka begitu gan. Mungkin hal ini karena beberapa orang yang peringkatnya di atasku malah gagal di SNMPTN Undangan dan SNMPTN Tertulis. Sedangkan ane yang peringkatnya di bawah malah bisa masuk dan jebol di SNMPTN Tertulis. Ah ya sudahlah, yang penting orang tua ane pun senang dan bangga. Mungkin mereka juga sedikit terkejut dengan hal ini. Yah tapi inilah hasilnya gan.

Akhirnya ane kuliah gan. Beberapa bulan setelah mengikuti perkuliahan akhirnya muncul pengumuman USM STAN. Ane sempet senang, tapi langsung kecewa. Loh, kenapa cuma buka D1 kenapa ga buka D3? Udah gitu tesnya makin panjang dan makin rumit pula. Ane jadi galau mau ikut apa gak. Ane tanya sana, tanya sini, minta pendapat ke teman-teman dan saudara. Tapi tetep galau. Ane kembali berdoa, dan seperti ada yang membisikkan ane untuk ngambil tes USM ini. Dan singkat cerita ane ikuti tes ini.

Dan perjalanan tes ini pun kembali penuh lika-liku. Cibiran sana-sini kembali kurasakan. Tapi hal ini ga membuatku goyah. Aku ikuti semua tahap dan singkat cerita akhirnya aku pun lulus di STAN dan akhirnya kuliah di PTK ini. Aku ambil resiko meninggalkan kampusku yang lama. Dan kembali banyak orang mencibirku. “Bego ya anak itu, ninggalin S1 untuk D1.” Tapi kembali aku tidak akan goyang arah. Aku yakin akan keputusan yang kuambil ini. Karena nantinya pun aku masih bisa meraih S1-ku.

Yah gan. Pada akhirnya ane berhasil meraih cita-cita ane. Sekarang ane bisa sedikit meringankan beban ekonomi keluarga ane. Karena ane kuliah gratis di sini. Semoga lulus dari sini ane langsung dapet penempatan biar bisa biayain sekolah adek-adek ane. Ane seneng bisa sedikit bikin orang tua ane bahagia dengan ini. Ane seneng “Power of Sakit Hati” ane terbalas. Ane bisa buktiin kalo ane bisa. Dan sekarang ane punya cita-cita untuk nerusin sampe S2 dan S3 di luar negeri. Mohon doanya ya gan.

Kesimpulannya gan
Spoiler for Pesan:


Sekian cerita ane gan. Maaf ane newbie bikin thread. emoticon-Malu (S)jangan dilempar emoticon-Blue Guy Bata (L) ya gan.
0
4.9K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.