Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BillyBoenAvatar border
TS
MOD
BillyBoen
Belum Nyaman Karena Belum Biasa
Agan tau kan istilah comfort zone alias zona nyaman? Apa sih artinya?

Ya, saya rasa semua orang akan dengan mudah mengartikan bahwa zona nyaman itu ya keadaan di mana kita merasa nyaman. Dan, biasanya istilah ini dipakai di area pekerjaan.

Seringkali mereka yang sudah ada di comfort zone, ya namanya juga berasa nyaman, mereka memilih untuk tetap berada di zona tersebut. Tapi, Agan juga pasti sering banget denger atau bahkan tau bahwa orang yang memilih untuk terus berada di comfort zone, ya akan 'gitu-gitu aja'. Dan,.. orang-orang sukses itu biasanya adalah orang-orang yang berani dan memilih untuk keluar dari comfort zone. Aneh?

Gini,..

Comfort zone itu tercipta ketika Agan sudah 'tau luar-dalamnya 110%'. Maksudnya apa? Kalau di pekerjaan, Agan mungkin sudah kerja di situ selama 2 tahun, atau 5 tahun.. di mana Agan mungkin:

- Sudah tau dari rumah mesti berangkat jam berapa dan lewat jalan mana biar sampai di kantor tepat waktu
- Sudah tau di mana 'tempat parkir mobil/motor' milik Agan
- Sudah tau apa yang mesti Agan lakuin pertama kali sampai ke meja Agan
- Sudah tau apa yang diharapkan atasan Agan
- Sudah tau dan akrab dengan teman-teman se-tim
- Sudah kenal dengan semua rekan kerja di kantor
- Sudah tau persis gimana nyelesaiin tugas-tugas kantor
- Sudah tau kalau ada masalah A, mesti minta tolong ke siapa, kalau masalah B mesti minta tolong ke siapa, dst
- Sudah tau pulang mesti lewat jalan apa biar sampe rumah ngga kemaleman
- dan.. 'sudah tau sudah tau' lainnya.

Ini semualah yang membuat Agan merasa ada di comfort zone. Ini semualah yang seringkali membuat orang-orang memilih untuk tetap berada di comfort zone. Mereka berpikir, "Ngapain cari kerjaan baru, lamar sana sini? Belum tentu di kantor baru akan lebih enak teman-teman kerjanya, apalagi atasannya. Kalau si atasannya ngga se-asik atasan gua sekarang gimana? Kalau kerjaannya lebih susah, gimana?", dan sejuta pemikiran negatif lainnya!

Sadarilah, bahwa comfort zone itu ada disetiap tempat. Kuncinya: sejalan dengan waktu. Semakin Agan membuka diri untuk belajar dan berpikiran terbuka, semakin cepat Agan akan berada di comfort zone (yang baru).

Saya adalah tipe orang yang selalu mau menantang diri saya. Saya ngga pernah takut untuk meninggalkan comfort zone yang sedang saya rasakan. Di tahun 2009 akhir, saya memutuskan meninggalkan comfort zone saya. Kala itu, orang-orang terdekat saya bilang, "Ah elu gila Bill. Di umur 30 tahun, elu udah jadi berada di jajaran level Direktur, eh malah elu tinggalin!"

Tau kenapa saya berani ambil keputusan itu? Karena saya percaya bahwa selalu ada comfort zone yang lebih tinggi lagi. Kalau saya meninggalkan posisi itu, untuk memulai menjadi seorang entrepreneur (pengusaha), saya tau dan sadar bahwa di awal saya ngga akan ada di comfort zone; gimana mau nyaman? Semuanya serba baru, harus berjuang mati-matian!

Tapi sekarang, saya sudah berada di comfort zone yang 'lebih tinggi' dari waktu itu! Saya bisa bisa bangun jam berapa pun. Mengatur waktu saya sendiri. Bisa berbagi ke lebih banyak orang. Bisa milih ngga ngantor dan ngerjain semua kerjaan dari rumah. Bisa punya waktu lebih banyak untuk keluarga. Bisa olah raga pergi ke gym kapan pun saya mau. Intinya, saya sendiri yang menentukan kegiatan saya sendiri dan penghasilan saya. Saya ngga bergantung dengan orang lain lagi. Ini jelas adalah comfort zone yang lebih tinggi daripada comfort zone yang saya rasakan ketika menjabat posisi tinggi di perusahaan tempat saya bekerja saat itu.

Jadi, ngga usah takut untuk ninggalin comfort zone Agan! Yang penting adalah untuk Agan tau apa yang Agan mau capai. Arahnya kemana. Abis itu, kejar! Sejalannya dengan waktu, semakin Agan tau situasi dan kondisinya, Agan akan mulai merasa nyaman... dan semua itu, ya karena TERBIASA.

See you ON TOP!

Billy Boen
CEO PT. Jakarta International Management (JIM)
PresDir Rolling Stone Cafe Jakarta
Author & Founder "Young On Top"

website: [url]www.billyboen.com[/url] & [url]www.youngontop.com[/url]
twitter: @billyboen & @youngontop
facebook: [url]www.facebook.com/billyboenYOT[/url] & [url]www.facebook.com/youngontopYOT[/url]

0
7K
330
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Young on Top KASKUS Community (YOTKC)
Young on Top KASKUS Community (YOTKC)KASKUS Official
1.7KThread854Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.