Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

NgaraiAvatar border
TS
Ngarai
Puasa bermanfaat untuk Lingkungan
Ayo Agan-agan kita Puasa nyok, ternyata bermanfaat buat lingkungan lho,,,
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peace

Sama seperti agama lain, Islam juga memiliki acara-acara khusus yang berlangsung tiap tahun sekali. Sama juga seperti Nyepi yang dilakukan umat Hindu, puasa dilakukan oleh umat Islam. Sama juga seperti Nyepi, yang dianggap bisa membantu perbaikan lingkungan, karena menghentikan berbagai macam tindakan konsumtif, berpuasa diperkirakan juga memiliki nilai yang serupa.

Jadi dapat dikatakan, karena berpuasa berarti juga mengurangi konsumsi, maka puasa dapat dianggap membantu melestarikan lingkungan. Namun dalam menjalaninya, perlu juga diketahui beberapa macam tips agar makin terasa membantu lingkungan.

Seperti pada saat sahur, usahakan memakan makanan yang tak berlebih. Jangan karena takut
lapar, maka segalanya disikat. Bukannya sehat, malah justru bisa sakit karena perut kekenyangan. Selain juga membatasi makan hanya secukupnya saja, berarti tidak menambah sampah, atau membuang energi yang harus dikeluarkan ketika harus memasak.

Upaya lain yang bisa dilakukan adalah beraktifitas seperti biasa saja. Prioritaskan tetap pada penggunaan kendaraan umum, karena bisa mengurangi polusi. Atau kalau tak terlalu jauh, bisa
naik sepeda atau jalan kaki saja.

Lalu persiapkan minuman sendiri ketika harus berbuka puasa di jalanan. Jangan terus-menerus membeli. Tindakan ini bisa dangat membantu lingkungan, mengingat sampah yang makin banyak karena botol-botol minuman.

Berbuka puasa tak perlu berlebihan. Cari makanan-makanan yang dijual oleh saudara sebangsa sendiri. Karena bisa membantu perekonomian nasional secara tak langsung. Usahakan juga mencari makanan organik yang tak memakai pestisida.

Bila ingin beribadah taraweh agak jauh dari rumah dan menggunakan kendaraan, perhitungkan waktu efisien penggunaan bahan bakar. Pertimbangkan cara tercepat mencapai rumah ibadah tanpa harus berputar-putar tak perlu. Bahkan lebih baik kalau kendaraan untuk beribadah diisi bersama, untuk mengirit bahan bakar.

Kemudian bila sudah waktunya istirahat, matikan semua lampu-lampu dan peralatan elektronik yang tak perlu. Bangun sahur, juga baik untuk kesehatan paru-paru dan jantung, karena udara yang relatif masih bersih. (sulung prasetyo).

Sumbernya: http://www.ngarai.com/puasa-bermanfa...uk-lingkungan/
0
917
11
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.