PILLAR.UKMAvatar border
TS
PILLAR.UKM
Kiat Memenangkan Persaingan
Semangat pagi salam kaya dan bahagia gan

Thread yang ane bikin kali ini bisa dibilang kelanjutan dari thread yang ane bikin sebelumny gan, bagi yang pantengin SF UKM ini pasti sudah tahu dan udah baca ya?! Hehe emoticon-Genit

Bagi yang belum baca, bisa di cek di mari gan : http://kask.us/15427126

Paling nggak ada 3 hal yang bisa ane rangkum, apa yang biasanya menjadi sesuatu yang dianggap penting oleh konsumen, yaitu harga, kualitas, dan pelayanan. Sebelumnya ane udah ulas nih ketiga poin itu. Sekarang tinggal apa yang bisa kita lakukan untuk ngebangun keunggulan dari tiga sisi poin itu.

Berikut gan, poin yang bisa agan terapin untuk bisa memenuhi keinginan konsumen dan memenangkan persaingan, cekidot...emoticon-Ngacir

Nggak harus unggul dalam segalanya, tapi pastikan cukup baik dalam segala hal
Nggak bisa dipungkiri, konsumen mengharapkan bisnis agan bisa menawarkan produk dengan kualitas terbaik, dengan harga murah, dan layanan yang prima. Nah, yang perlu agan lakukan adalah mencari tahu rating bisnis agan dari segi harga, kualitas, dan layanan. Pastikan performa bisnis agan bisa lebih baik dibandingkan kompetitor dalam 1 hal, dan minimal setara dengan kompetitor untuk 2 hal lainnya. Contohnya, okelah produk yang agan jual harganya nggak lebih bersaing (nggak lebih murah) daripada pesaing, kualitasnya juga relatif sama dengan pesaing. Tapi agan unggul dalam pelayanan, seperti: ada garansi uang kembali, pengiriman cepat, pelayanan ramah, tempat yang nyaman dll.

1. Perkuat posisi dengan tonjolkan keunggulan

Pelanggan akan pilih pelayanan yang baik, produk, jasa, atau apa pun yang ingin mereka dapatkan dari uang yang mereka keluarkan berdasarkan kelebihan yang ditawarkan penyedia produk/jasa.

Jika mereka nggak yakin apa kelebihan produk/jasa agan, mereka pastinya akan lebih memilih kompetitor yang udah jelas kelebihannya, dan bisa kasih apa yang mereka cari.

So, langkah yang bisa agan lakukan adalah menentukan, menambahkan, dan mempromosikan, lebih dari itu tonjolkan kelebihan produk/jasa agan dibandingkan pesaing. Jika agan punya harga yang kompetitif ketimbang pesaing agan, pastikan agan punya tim yang selalu memantau harga si pesaing agar bisa memastikan bahwa harga produk/jasa agan adalah yang terbaik. Tonjolkan aspek harga ini untuk menarik minat konsumen.

Ingat, yang agan promosikan dan tonjolkan itu pastikan benar-benar ada, bukan sekedar janji kosong karena ini menyangkut kredibilitas, kepercayaan konsumen, dan ini mahal gan. Okelah kalau emang dalam beberapa poin produk agan biasa-biasa aja, tapi agan harus bangun dan perkuat satu poin yang agan rasa jadi keunggulan utama.

2. Amankan dengan meminimalkan kelemahan

Kelemahan bisa jadi akan selalu ada, tapi tenang gan, punya kelemahan bukan berarti nggak bisa unggul atau sukses. Yang perlu di lakukan adalah, berupaya meminimalkan kelemahan yang ada. Agan nggak perlu mengeluarkan energi yang begitu besar untuk mengubah kelemahan menjadi kekuatan. Karena itu bukan langkah yang efisien, alih2 fokus pada kelemahan, lebih baik fokus pada penonjolan keunggulan (poin 1 di atas). Hanya saja upayakan kelemahan ini nggak terlalu bernilai negatif agar nggak mengganggu performa bisnis.

3. Terus Belajar, mencari tahu dan memahami
Konsumen adalah pribadi-pribadi yang unik, punya karakter dan keinginan yang berbeda-beda, tapi paling nggak kita harus bisa menangkap gambaran umum apa yang menjadi keinginan konsumen. Dan cara terbaik untuk tahu itu semua adalah belajar, yuph, belajar memahami konsumen. Banyak cara bisa agan lakukan, dengan mengajak ngobrol, menganalisis hasil surver lembaga yang kredibel, membaca dan meng-update informasi atau meminta konsumen agan untuk mengisi angket.

Okeh , sekiranya itu yang bisa ane share, semoga bermanfaat untuk agan, untuk bisa lebih unggul dibandingkan pesaing, dan memenangkan persaingan. emoticon-Selamat


Salam Entrepreneur 5000
Branding Team PILLAR UKM Kaskus
0
2.8K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
UKM
UKMKASKUS Official
14.8KThread3.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.