Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • UKM
  • Kiat Menjadi Produk Nomor Satu di Mata Konsumen

PILLAR.UKMAvatar border
TS
PILLAR.UKM
Kiat Menjadi Produk Nomor Satu di Mata Konsumen
Agan tentu pernah menjadi konsumen donk, beli produk yang dijual orang lain. Nah, sebagai konsumen, apa yang agan inginkan? Hal apa yang jadi poin penting ketika agan membeli sebuah produk atau jasa??emoticon-cystg

Hayyoo coba dipikirkan, sekarang kita sedang mencoba berpikir ala konsumen. Karena ini menjadi penting gan. Ketika kita menjual produk untuk konsumen, maka kita harus bisa melihat apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen,yuph, melihat dari sudut pandang konsumen, betul?! emoticon-Genit

Mungkin jawaban agan akan beragam, tapi paling nggak ada 3 hal yang bisa ane rangkum, apa yang biasanya menjadi sesuatu yang dianggap penting oleh konsumen, yaitu harga, kualitas, dan pelayanan.

Sekarang ini yang namanya persaingan semakin tinggi, mau nggak mau, bikin kita selaku pengusaha alias penyedia produk/jasa harus mampu memberikan ketiga hal tersebut kepada para konsumen. Nah, berikut ini, sedikit ulasan ane tentang tiga hal tersebut, cekidot gan! emoticon-Ngacir2

1.\tHarga yang kompetitif
Sengaja ane nulisnya “harga yang kompetitif”, karena nggak semua konsumen suka lho dengan harga murah. Oya?? Lha iya gan. Tapi ini tergantung segmen yang agan tuju. Bagi kalangan menegah bawah emang isu harga jadi sangat sensitif dalam menentukan pilihan. Lain halnya gan dengan kalangan menengah atas, mereka nggak terlalu mikirin harga. Nah, kalau gitu dalam nentuin strategi harga ini agan harus tahu dulu siapa calon konsumen agan. Baru deh agan pasang harga.

2.\tKualitas yang terjamin
Konsumen pasti kepingin produk yang dibelinya punya kualitas yang baik. Kabar baiknya, konsumen cukup sadar bahwa kualitas biasanya berbanding lurus dengan harga. Jadi, kalau kepingin produk yang kualitas paling bagus ya harus rela merogoh kocek yang lebih.

Memberikan produk dengan kualitas terbaik adalah nilai tambah gan, ini bisa agan terapkan kalau konsumen yang agan bidik adalah kalangan menengah yang mana mereka relatif lebih paham. Tapi bukan berarti untuk segmen menengah bawah terus kita kasih kualitas yang "asal-asalan" gan. Tetep harus ada kualitas standar yang harus agan penuhi.

3.\tPelayanan yang prima
Produk bagus dan harga yang kompetitif belum cukup bisa bikin konsumen pilih produk agan kalau ternyata pelayanannya nggak oke. Contoh, agan mau beli bakso, kabarnya ni bakso enak banget dah, harganya juga masih terjangkau, tapi untuk beli bakso ini agan susah untuk parkir, pelayannya jutek, nunggunya lamaaa...mana udah kebelet laper! kira-kira agan bakal betah nggak tuh?? emoticon-Cape d...

Nah, makanya tiga hal itu perlu banget dah jadi perhatian agan kalau mau dapet hati di mata konsumen agan. Jika emang belum bisa unggul di tiga poin itu, ya paling nggak agan bisa unggul di salahsatu aspek tadi. Insyallah itu udah cukup meningkatkan bargaining posisition agan. Tinggal selanjutnya agan tonjolkan apa yang jadi keunggulan agan itu.

Baiklah, sekiranya itu yang bisa ane share, semoga kita jadi pengusaha yang bener bisa paham apa yang jadi keinginan konsumen ya. Dan yang nggak kalah penting, jadikan keinginan konsumen sebagai peluang untuk bisnis agan menjadi lebih baik lagi.Okeh! emoticon-Blue Guy Peace




Salam Entrepreneur 5000

Branding Team PILLAR UKM Kaskus
0
3.8K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
UKM
UKMKASKUS Official
14.8KThread3.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.