Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

t1tan1ckAvatar border
TS
t1tan1ck
[HSF Review] CM TPC 812 : Efficiency HSF For Overclocking


Update HSF teknologi dari Cooler Master kini akan segera hadir dipasaran CM TPC 812. TPC sendiri singkatan dari True Performance Cooler didesign Cooler Master dengan efficiency dan update teknologi menggunakan vertical vapor chamber. Eficiency disini CM mencoba memberikan trobosan baru Cooler untuk overclocking dengan design yang mewah, kinerja tinggi cukup menggunakan 1 biji fan bawaan up to 2400rpn tapi tetap silent yang pada kesempatan ini akan kami duelkan dengan CM V6GT yang kita ketahui menggunakan dual fan 2200rpm tapi cukup “berisik” saaat full load.

Untuk menunjukkan seperti apa HSF CM TPC 812 ini ada sebuah triler menarik dari webnya:



Dari triler ini kami coba simpulkan ada beberapa update teknologi dan info yang menarik seperti :
-\tTeknologi Vertical Vapor Chamber pertama untuk HSF
-\tVapor Chamber teknologi ,meliputi Super Fast Heat transistor yang mampu mengalirkan panas lebih cepat dengan 3X fins kontak area untuk efficiency mentransfer panas dari vapor chamber ke fins dan aliran udara disekitar fins lebih baik
-\tSynergi untuk design vapor chamber dengan heat pipe
-\tFins didesign special untuk menjaga aliran udara dingin ke HSF tetap lancar
-\t100% chopper base yang sudah dipolis sangat halus dan peningkatan soldering untuk transfer panas terbaik
-\tPeningkatan pemasangan kipas

Fitur TPC 812



Vapor Chamber Teknologi


Inilah mas bro diagram vapor chamber, cooler master menggunakan semacam cairan ke vapor chamber yang pernah diadopsi diHSF VGA pertama kali Sapphire HD4890 Vapor series hingga solusi Nvidia meredam panas GTX580 series. Tapi bedanya kali ini CM memberikan sentuhan ke HSF untuk pertama kalinya lewat design HSF yang keren.

Spesifikasi



Photos

Open Box








CM TPC 812





Penampakan CM TPC 812 special thanks untuk becco atas foto2nya


Proses Installasi

Proses installasi masih sama seperti HSF Cooler Master yang sudah2 atau lebih mirip dengan CM Hyper 212 untuk intel LGA 1155/1156 cukup mudah kami kira pemasangannya. Untuk LGA 2011 lebih mudah lagi kami sudah tertera dibuku manualnya.Sebagai info CM memberikan free mounting untuk fan bagi mas bro yang menginginkan installasi menggunakan dual fan.




CM TPC 812 terpasang dirig telihat HSF ini keren dan clean designnya memperlihatkan kesan mewah

Metodologi Test



Untuk melihat efficiency CM TPC 812 ini kami akan duelkan dengan CM V6GT yang menggunakan dual fan melawan 1 buah fan 2400rpm dengan vapor chamber teknologi.



Setup PC sama persis menggunakan core i7 2600K disoft OC untuk daily ke 4.5GHz. Pengujian ini dilakukan pada siang hari yang cukup panas dikota Jogjakarta dengan suhu ruang 31C ruangan non AC, posisi rig naked dan auto fan semua.
Software yang kami ujikan menggunakan IBT (Intel Burning Test) settingan high 5x loop sudah cukup untuk melihat sejauh mana HSF ini meredam panas processor, perlu diketahui IBT memiliki tingkat stressing tinggi dibanding burning lain seperti Prime95.

HSF Performance

CM V6GT



CM TPC 812



CM TPC 812 ini mampu memenangi duel langsung dengan V6GT selisih suhu 2C. Tercatat i7 2600K 4.5GHz running IBT mampu diredam dengan suhu peak (max) 67C sedangkan pendahulunya CM V6GT mampu mencatatkan peak suhu max 69C. Disinilah efficiencynya mas bro, single fan tapi cukup powerfull.

Noisy Level

CM TPC 812 dengan sebiji fan bawaah mampu berputar antara 600-2400RPM tergantung dari suhu processor ternyata kami cukup kaget, tingkat kebisingannya SILENT, ini sangat mengagumkan CM mendesign TPC 812 ini tidak hanya mampu meredam panas dengan sangat baik tapi keheningan putaran kipas benar2 HSF yang komplet.

Kesimpulan



CM TPC 812 ini telah kami test singkat duel dengan CM V6GT yang menggunakan dual fan 2200rpm. Hasilnya cukup memuaskan kami, update teknologi vapor chamber benar2 menunjukkan hasilnya tercatat dimedan yang cukup panas dengan suhu ruangan 31C dua HSF dari CM ini mampu bertarung untuk meredam panas. Core i7 2600K kami OC soft ke 4.5GHz running IBT 5x loop CM TPC 812 mampu meredam panas peak(max) 67C sedangkan CM V6GT peak(max) 69C unggul 2C. Update teknologi dari CM lewat design vapor chamber terbukti effektif sebagai suksesor V6GT yang memiliki 2 fan berkecepatan tinggi yang cukup berisik. CM TPC 812 memberikan solusinya, cukup single fan tapi kinerja HSF lebih baik dan silent. Bagi mas bro yang menginginkan HSF untuk overcloking CM TPC 812 ini menjadi salah satu opsi terbaik melihat kualitas yang ditawarkan dari produk CM disegment highend cooler.

thanks 4 read
-titan-
0
2.5K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hardware Review Lab
Hardware Review LabKASKUS Official
2.2KThread1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.