codinda31Avatar border
TS
codinda31
Pesona PATAS EFISIENSI di Jalur Selatan
..bukan promosi, cuma kepengin berbagi aja..


Keberadaan bus PATAS EFISIENSI menjadi primadona baru di jalur selatan. Siapa yang tidak mengenal dengan PO dari Kebumen ini. Berawal dari bisnis bus pariwisata kini EFISIENSI menjadi pemain utama PATAS jalur selatan trayek Cilacap-Jogja dan Purwokerto-Jogja. Trayek Cilacap-Jogja mulai beroperasi pada tahun 2002. Saat itu belum ada perusahaan otobus (PO) yang melayani PATAS, padahal di Cilacap sendiri ada beberapa PO yang cukup dikenal masyarakat seperti PO Aman dan PO Utama Putra. Kedua PO tersebut pernah mengerahkan armada ATB untuk melayani trayek Cilacap-Jogja-Solo.

Perlahan namun pasti EFISIENSI mulai mendapatkan tempat di hati masyarakat sehingga tahun 2008 dibukalah trayek Purwokerto-Jogja. Pada jalur ini, sudah ada pemain lama yaitu PO Raharja, PO Mulyo, PO Teguh dan PO Citra Adi Lancar yang melayani hingga Tegal. Masuknya EFISIENSI di trayek ini membuat para pemain lama kalah bersaing. PO Raharja mengalihkan armadanya untuk jurusan jakarta dan PO Mulyo beralih menjadi ATB Purwokerto-Jogja. Lantas apa yang membuat PO Efisiensi menjadi seperti saat ini?

1. Armada yang selalu baru
Armada yang digunakan untuk PATAS selalu baru. Sebagai orang awam, saya memperhatikan bahwa tidak ada armada EFISIENSI yang jelek atau kurang terawat. Dari fanpage di FB saya mendapat informasi bahwa setiap 2-3 tahun sekali armadanya selalu diganti. Armada yang lama dialihtugaskan menjadi armada pariwisata atau dijual kembali ke PO lain. Sepertinya, manajemen EFISIENSI paham betul apa yang diharapkan konsumen, yaitu kenyamanan. Selain menguntungkan konsumen, penggunaan armada baru juga meminimalkan biaya operasional seperti perawatan kendaraan dan bahan bakar. Penggunaan armada baru, baik mesin maupun body juga dimaksudkan untuk menjaga image PO Efisiensi yang menyasar segmen penumpang kelas menengah.


2. Adanya layanan Shuttle bus di Jogjakarta
Manajemen Efisiensi memberikan jasa layanan gratis shuttle bus untuk menuju kota Jogjakarta maupun Bandara Adi Sutjipto. Penumpang bisa memperoleh tiket shuttle di rest area Wonosari, Kebumen. Adanya shuttle ini sangat membantu penumpang untuk segera sampai di tempat tujuan tanpa perlu menunggu angkutan umum lainnya. Penumpang yang akan menggunakan jasa shuttle turun di SPBU Ambarketawang, dari sini armada shuttle siap mengantar penumpang ke tempat yang dilalui oleh shuttle.
20062011

3. Kenyamanan lainnya
Penumpang EFISIENSI dapat naik dari mana saja, asalkan belum melewati rest area Wonosari Kebumen. Selain itu disediakan juga softdrink dan audio video berkelas di dalam bus.



Keberadaan EFISIENSI setidaknya dapat menjadi contoh yang baik bagi pengusaha bus lainnya untuk memberikan pelayanan yang maksimal bagi penumpang. Angkutan umum lainnya seperti kereta api juga dapat meniru apa yang dilakukan oleh PO kebanggaan masyarakat Kebumen ini. Harga tiket Rp 40.000 terbayar lunas dengan pelayanan yang diberikan manajemen PO EFISIENSI. Maju terus angkutan umum di Indonesia!

sumber
1
43.7K
726
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Banyumas
BanyumasKASKUS Official
2.2KThread443Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.