News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
2029
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014064845/property-enterpreneur-lttanya-jawab-seputar-jual-beli-propertygt
Melanjuti Thread yang telah tenggelam mengenai property (terutama yang secondary) yang telah hilang entah kemana, maka guah mencoba membuka thread diskusi baru seputar property Kenapa? karena terlalu banyak iklan seminar property disini. Jujur saja bukan bermaksud ingin menjelekkan karena semua seminar memiliki manfaat yang luar biasa. Namun bukan kah tujuan dari sebuah forum diskusi adalah saling
Lapor Hansip
21-04-2012 21:56

Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>

Melanjuti Thread yang telah tenggelam mengenai property (terutama yang secondary) yang telah hilang entah kemana, maka guah mencoba membuka thread diskusi baru seputar property

Kenapa? karena terlalu banyak iklan seminar property disini. Jujur saja bukan bermaksud ingin menjelekkan karena semua seminar memiliki manfaat yang luar biasa. Namun bukan kah tujuan dari sebuah forum diskusi adalah saling keterbukaan untuk berbagi ilmu? jadi sangat tidak tepat jika hanya sekedar beriklan (mungkin lebih tepat di FJB)

Selama promosi dan sharing ilmu tetap terjadi mungkin menurut guah ituh sah-sah sajah.

http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=2919188 <== seperti ini, sayah rasa sudah tidak etis lagi karena hanya jadi forum perdebatan. Menurut guah sendiri, Tuhan memberikan akal secara cuma-cuma karena itu adalah sebuah kewajiban untuk membagikan ilmu-ilmu tersebut.

Mari kita mulai diskusi kita emoticon-Stick Out Tongueeace

Guah menyukai istilah propertypreneur yang dicetuskan oleh agan bisnis.com. Namun Menurut sayah propertypreneur ini terbagi 2 sesuai dengan obyek penjualan yaitu primary dan secondary.

Untuk primary dibahas dengan baik disini ==> http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=7295768 biasa juga disebut dengan developer (bagaimana mengembangkan kawasan)

Sementara fokus thread ini lebih pada bagian secondary yang secara sempit menjual rumah-rumah second, namun secara luas hal ini juga dapat dipahami "hanya jual-beli property" bukan menciptakan atau mengembangkan.

KENAPA HARUS PROPERTY??


Quote:Kenapa harus berbisnis property bahkan harus punya property sekarang juga?
1. Bumi itu satu, sementara manusia terus bertambah sehingga harga property akan cenderung selalu naik. Seluruh orang terkaya di dunia selalu menginvestasikan uang mereka di property, karena mereka tahu Bumi ini hanya ada 1.

2. 50 - 70 % aspek yang mempengaruhi suatu bisnis adalah property.
Contoh : Mungkin hal ini sudah sering agan-agan dengar, Mcdonald merupakan salah satu franchise fast food terbesar di dunia, tetapi tahukah agan sekalian kalau sebenarnyah Mcdonald juga berbisnis property? yah di Amerika sana, franchise ini besar bukan hanya karena menjajakan burger tetapi mereka juga menyewakan outlet-outlet sekaligus pembelian. Bahkan sewa tempat untuk usaha bisa mengambil porsi lebih dari 50% budget pengeluaran kita, lokasi tempat usaha juga sangat menentukan bisnis kita, bahkan sebuah usaha online pun tetap membutuhkan rumah atau kantor cepat atau lambat.

3. Property bisa menjadi jaminan aset. Hal ini sayah sharing dalam http://www.kaskus.co.id/showthread.p...#post678427704 (akan terus diupdate mengenai pembiayaan property)


Quote:Terima kasih atas banyaknyah seminar-seminar dan buku-buku tentang property yang ramai belakangan ini sehingga sayah bisa mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman puluhan tahun dalam waktu singkat dan bisa disharing kepada agan-agan sekalian:

1. Property Cash Machine (Joe Hartanto)
Merupakan pelopor seminar property menurut sayah, memberikan dasar-dasar property dengan baik. Seminar ini membentuk agan sebagai investor property dimana agan membeli property untuk kemudian dikembangkan menjadi tambang emas dengan mengkomersilkan property tersebut (kost2an). Kelemahan dari PCM menurut sayah saat ini kurang updatenyah tentang aturan perbankan (beberapa bank tidak terima lagi KPR untuk pembelian kost-kostan). Lalu baik cara pembelian dan investasi kurang bervariatif. Namun Joe Hartanto dengan sangat baik mempraktekkan ajaran Robert t kiyosaki dan D Ross (lupa namanyah)

2. Beli rumah tanpa uang, tanpa hutang (Cipto Junaedy)
Merupakan counter dari PCM, jika pcm memperkenalkan kita untuk berhutang dalam mendapatkan asset maka Cipto berbeda, mengajarkan kita untuk selalu cash. Kekuatan dari seminar ini adalah kemampuan Cipto untuk membuka cakrawala kita mengenai pembelian property terutama di soal perjanjian. Tanpa uang disini maksudnyah adalah membeli rumah tanpa dp dan cicilan rumah. Jika PCM mengandalkan KPR maka Cipto mengandalkan pihak ketiga (investor) untuk mendapatkan rumah, lalu penekanan dari strategi ini adalah jangan cintai semua property anda, jika PCM mengharamkan menjual property maka secara sederhana di Cipto perputaran uang juga didapatkan dari hasil jual beli, baru kemudian dapatkan rumah yang ingin kita miliki. Kelemahan seminar ini adalah bahasa marketing yang terlalu bombastis dan dipaksakan untuk mencounter PCM, padahal dalam seminar ini juga dijelaskan mengenai KPR. Namun seminar ini cukup baik dalam memberikan masukan dalam menggunakan bahasa marketing untuk iklan. Beberapa trik juga sudah tidak relevan dan tidak semudah yang dikatakan (sekali lagi terlalu bombastis) seperti buletin board. Disini ada juga perpaduan investor property dan sedikit tentang developer.

3. Cara benar beli properti tanpa uang, tanpa hutang (Ridwan Rahardjo)
Pada dasarnya Ridwan Rahardjo ini merupakan murid dari Cipto Junaedy namun dia melakukan trial dan error serta memberikan nilai tambah. Inti adalah bagaimana kita bernegosiasi dengan pemilik rumah agar dapat mengakali dp kemudian mencari investor untuk membayar cicilan dengan memberikan nilai tambah pada bangunan (kost2an lux). Yang menarik adalah Ridwan ini mengkombinasikan ilmu hipnotis dalam bernegosiasi (bukan mempengaruhi secara alam bawah sadar gan, tetapi lebih bagaimana meluluhkan hati owner

Ini saja seminar yang guah tau, selain ini ada dari Tung Dungsem Waringin (investor property), Jin property ( developer, penguatan di tehnik negosiasi), Aryo Diponegoro (Developer, belum tau juga karakteristiknyah), Ezra Karamoy ( Ini lumayan lengkap gan, pernah ikut priviewnyah, cuman sayang pembawaan materi kurang menarik). Jika masih ada yang mau menambahkan silakan emoticon-Big Grin

Dalam seminar agan-agan juga harus jeli melihat ini seminar untuk investor property, marketing, atau developer, dan untuk memulai saran sayah agan juga harus tau dasar-dasarnyah
0
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
entrepreneur-corner
Entrepreneur Corner
2.6K Anggota • 21K Threads
Halaman 8 dari 103
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
23-05-2012 13:16
Quote:Original Posted By Ujang_Ado
main2 ajah yah gan di kantor emoticon-Big Grin


sabtu minggu buka ngga bro?
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
23-05-2012 16:50
akhirnya dapet lagi nih elmunya emoticon-Malu

Quote:Original Posted By Ujang_Ado

1. Ciptakan pasar
Contoh kost-kostan. Di suatu daerah pabrik seluruh kost-kostan sewa perbulan adalah 500rb/bln. Artinyah untuk keluar dari pasar kita harus berbeda dari segi harga dan tentu saja harus untung (buat apa bisnis kalau gak untung, hehe) kita naikkan harga menjadi 350rb pasti pada mau kan?lho?? ini bukannyah rugi? yang kita bidik bukan lah pasar yang selama ini mampu membayar 500rb/bln tapi ciptakan pasar bagi mereka yang tidak mampu membayar 500rb, caranyah dengan memperbolehkan satu kost-kostan diisi 2 orang, tapi harganyah jadi 700rb/bln. Dengan melakukan hal ini agan menciptakan sebuah pasar yang berbeda ketika semua orang banyak melihat 1 pasar .


bener banged kang emoticon-Big Grin/
kalau ane bisa tambahin dikit aja, nilai yang berkah itu dari apa yang dijalani dengan nilai yang baik & ikhlas walaupun didalamnya masih ada sisi bisnis emoticon-Malu

Quote:Original Posted By Ujang_Ado

2. Memberikan nilai tambah
Secara pribadi guah buat guah bisnis ituh adalah bagaimana kita memberi lebih banyak, agar boleh mengambil untung, berikan dulu kesenangan atau keuntungan pada orang lain niscaya kita pun akan mendapatkan keuntungan. Yah ini nilai yang guah anut sih.
Contoh : Rata-rata sewa rumah dengan harga jual 100 juta adalah 4 %/tahun. Jadi 4 juta setahun. Jangan lihat harga rumah yang sama dengan miliki kita tapi lihat apa yang konsumen dapatkan dari 4 juta tersebut, ternyata 4 juta itu hanya rumah kosong tanpa apa pun. Maka beli rumah dengan harga 90 juta lalu pasang internet, pake kasur, televisi,kompor gas dll seharga 10 juta sehingga, kita bisa menaikkan harga menjadi 8 juta/thn (coba hitung misal kita nyicil barang2 tersebut pasti akan lebih murah dari cicilan rumah). Karena itu sangat penting untuk mengacukan nilai sewa sebuah property pada perbandingan dengan kompetitor (prinsip yg sama juga di terapkan oleh para developer). Apa nilai lebih property saya agar bisa lebih mahal dibandingkan tetangga sebelah? tentu saja hitung total beban juga biar kita bisa mendapatkan kelebihan. Dan lagi sewa atau beli rumah ini bukan hanya soal harga tapi juga kenyamanan dan feeling. Jujur misalkan untuk diputarkan guah selalu menghitung ,tapi kalau untuk dipakai sendiri guah lebih ngandelin feel (buat milih kantor misalnyah, banyak yang bilang guah modal nekat baru mulai langsung sewa kantor yang mahal, hanya karena alasan feelnyah dapat )

mantab juga nih ide nya emoticon-Smilie
jadi prinsipnya menekan modal awal untuk tujuan yang sama yaitu dengan menaikan nilai penghasilan nantinya perbulan yah gan ? dengan ditambah juga membelikan properties untuk kebutuhan didalamnya yang kosong juga yah gan ?
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
23-05-2012 17:23
Quote:Original Posted By jatilondo
sabtu minggu buka ngga bro?


Sms ajah, guah sih gak ada hari libur...hehe cuman bisi lagih ada keperluan dimanah ato lagi hunting rumah

Quote:Original Posted By z08
akhirnya dapet lagi nih elmunya emoticon-Malu



bener banged kang emoticon-Big Grin/
kalau ane bisa tambahin dikit aja, nilai yang berkah itu dari apa yang dijalani dengan nilai yang baik & ikhlas walaupun didalamnya masih ada sisi bisnis emoticon-Malu


mantab juga nih ide nya emoticon-Smilie
jadi prinsipnya menekan modal awal untuk tujuan yang sama yaitu dengan menaikan nilai penghasilan nantinya perbulan yah gan ? dengan ditambah juga membelikan properties untuk kebutuhan didalamnya yang kosong juga yah gan ?


Yups, intinyah memberikan nilai tambah dengan modal yang minim. Misal kita beli fasilitas tersebut seharga 10 juta, jadi total jadi 100 juta,tapi 100 juta kita bisa memberikan nilai lebih karena memiliki fasilitas yang lebih banyak
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
23-05-2012 21:50
tanya lgi gan, ini soal beli rumah tanpa uang muka,
soal uang muka yg menerima itu penjual atau bank?
klo yg menerima penjual, apakah bank butuh bukti uang muka itu gan.
mungkin butuh bukti transfer sejumlah uang muka atau hanya kwitansi aja cukup, atau gimana? maaf saya masih bingung soal ini. cupu gan,emoticon-Malu (S)
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
23-05-2012 23:23
Quote:Original Posted By kanz10
tanya lgi gan, ini soal beli rumah tanpa uang muka,
soal uang muka yg menerima itu penjual atau bank?
klo yg menerima penjual, apakah bank butuh bukti uang muka itu gan.
mungkin butuh bukti transfer sejumlah uang muka atau hanya kwitansi aja cukup, atau gimana? maaf saya masih bingung soal ini. cupu gan,emoticon-Malu (S)


Penjual yang nerima gan, makanyah kenapa kan misal appraisal bank 1 M, acc cuman 800 juta nah ini diasumsikan kita sudah bayar dp yg 20% gan...

Ini kwitansi ajah dah cukup kok
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
24-05-2012 07:58
Mantep bener nih TSnya,, ane pantengin dari pekiwan

Gan ane mau tanya, moga2 ga salah kamar (primary).
Ortu beli tanah luas, di-iming2-i sm notaris yang pernah pnya tanah di daerah itu. Notaris itu bikin perumahan kecil disitu dan laku keras.

Ortu ane beli tu tanah gan secara bertahap (pengen bikin perumahan kecil juga). Eh, pas mau beli tanah di depan (buat akses jalan) yang punya tanah pasang harga super tinggi gan.

Ane mau tanya, apa agan2 disini pnya jurus negosiasi yang bisa meluluhkan hati si pemilik?

tengkyu gan :beer
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
24-05-2012 07:59
Quote:Original Posted By Ujang_Ado
Sms ajah, guah sih gak ada hari libur...hehe cuman bisi lagih ada keperluan dimanah ato lagi hunting rumah



Yups, intinyah memberikan nilai tambah dengan modal yang minim. Misal kita beli fasilitas tersebut seharga 10 juta, jadi total jadi 100 juta,tapi 100 juta kita bisa memberikan nilai lebih karena memiliki fasilitas yang lebih banyak


gile hunting rumah terus loe gan.. mantabs dah
ane juga sering keliling2 naik sepeda liat peluang pasar dan property yg di jual buat tambah semangat untuk ciptakan pasiv income dari 20 pintu rumah kosan.

dream, planing and action
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
24-05-2012 09:26
Quote:Original Posted By martha004
gile hunting rumah terus loe gan.. mantabs dah
ane juga sering keliling2 naik sepeda liat peluang pasar dan property yg di jual buat tambah semangat untuk ciptakan pasiv income dari 20 pintu rumah kosan.

dream, planing and action


Harus gan, inti bisnis guah nawarin property murah soalnyah jadi hunting ituh penting banget. Jaminan kasih cash back kan soalnyah...hehehe

klo gak dapat hot deal produk2 guah gak jalan soalnyah, makanyah harus selalu hunting
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
24-05-2012 14:11
Sundul siang nih gan....


Btw diingatkan lagih yang mau ikut free class property buat appraisal ajah yah ini lebih utamanyah, sama cara2 buat hunting rumah

hari sabtu skrng jam 1 di jl.sulanjana no. 28 Bandung
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
24-05-2012 16:39
Quote:Original Posted By Ujang_Ado
Sundul siang nih gan....


Btw diingatkan lagih yang mau ikut free class property buat appraisal ajah yah ini lebih utamanyah, sama cara2 buat hunting rumah

hari sabtu skrng jam 1 di jl.sulanjana no. 28 Bandung


emoticon-Cape d... (S) pas ane di luar kota. Pdhl materinya pas tu.... Minggu depan ada lagi ga ya emoticon-Malu (S)
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
24-05-2012 17:11
Quote:Original Posted By Ujang_Ado
Sundul siang nih gan....


Btw diingatkan lagih yang mau ikut free class property buat appraisal ajah yah ini lebih utamanyah, sama cara2 buat hunting rumah

hari sabtu skrng jam 1 di jl.sulanjana no. 28 Bandung


nunggu laporannya aja dah
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
24-05-2012 17:32
kalau ga ada modal.. bisa ga ya bisnis property??emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
24-05-2012 20:18
Quote:Original Posted By Ujang_Ado
Penjual yang nerima gan, makanyah kenapa kan misal appraisal bank 1 M, acc cuman 800 juta nah ini diasumsikan kita sudah bayar dp yg 20% gan...

Ini kwitansi ajah dah cukup kok


untuk menghindari bunga fluktuatif dri KPR gmn gan, apakah tiap hbis masa bunga fixed ditake over ke bank lain ato ada cara lain gan, supaya bisa bunga fixed terus sampai rumahnya lunasemoticon-Big Grin
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
24-05-2012 21:53
Quote:Original Posted By webkrack
kalau ga ada modal.. bisa ga ya bisnis property??emoticon-Cape d... (S)


bisa jadi broker.
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
24-05-2012 23:26
Quote:Original Posted By danarinto
Mantep bener nih TSnya,, ane pantengin dari pekiwan

Gan ane mau tanya, moga2 ga salah kamar (primary).
Ortu beli tanah luas, di-iming2-i sm notaris yang pernah pnya tanah di daerah itu. Notaris itu bikin perumahan kecil disitu dan laku keras.

Ortu ane beli tu tanah gan secara bertahap (pengen bikin perumahan kecil juga). Eh, pas mau beli tanah di depan (buat akses jalan) yang punya tanah pasang harga super tinggi gan.

Ane mau tanya, apa agan2 disini pnya jurus negosiasi yang bisa meluluhkan hati si pemilik?

tengkyu gan :beer



Ini bukan pure cara2 guah gan, tapi agan mungkin bisa mencoba hal ini

1. Jangan terlihat butuh gan, nah ini posisi tanah sudah dibeli kan? harusnyah agan jangan informasikan untuk membangun rumah dulu, si pemilik lahan yang di depan akan melihat kesempatan

2. Coba pikirkan cara lain (misal ada akses jalan lain) sebarkan gosip agan mau beli tanah yang lain

3. Coba minta bantuan teman buat menawar harga tanah tersebut dengan lebih murah secara berturut2. Misal di minta 500, temen agan nawar seratus terus dan menjelek2an tanah dia, disisi lain agan datang dengan penawaran 300, jadi dia akan melihat penawaran agan lebih realistis padahal kita sudah menurunkan 200 dari harga awal.

Yah ini hanya beberapa saran, karena sampai skrng guah juga masih suka melakukan negosiasi langsung (bukan di handle marketing) agak susah gan ngajarin orang untuk bernegosiasi, masih lum jago guah masih baru bisa buat diri sendiri ajah


Quote:Original Posted By jatilondo
emoticon-Cape d... (S) pas ane di luar kota. Pdhl materinya pas tu.... Minggu depan ada lagi ga ya emoticon-Malu (S)


Gak ada keknyah gan emoticon-Big Grin ini niatnyah juga karena ada anak2 magang ajah..ehhehehe


Quote:Original Posted By kanz10
untuk menghindari bunga fluktuatif dri KPR gmn gan, apakah tiap hbis masa bunga fixed ditake over ke bank lain ato ada cara lain gan, supaya bisa bunga fixed terus sampai rumahnya lunasemoticon-Big Grin


yups, ini solusinyah gan atau cari program bank yang kasih bunga fixed seterusnyah (permata punya nih gan)
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
25-05-2012 07:24
Gan misal kita jadi broker, penjual mau nya hrga rmh dia tetep tp agen di beri kewenangan buat markup harga untuk komisi agen. Apa dlm hal ini trmasuk mtde flip? Hal ky gini srg trjd ngga d lapngan? Perlu di buat perjanjian ga gan?
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
25-05-2012 07:53
Quote:Original Posted By jatilondo
Gan misal kita jadi broker, penjual mau nya hrga rmh dia tetep tp agen di beri kewenangan buat markup harga untuk komisi agen. Apa dlm hal ini trmasuk mtde flip? Hal ky gini srg trjd ngga d lapngan? Perlu di buat perjanjian ga gan?


Sebagai broker, illegal gan menaikan harga jual, karena broker bukan flipper/trader. Misal penjual mo jual 1M komisi cari sendiri, komisi agan minta 3% maka harga jadi 1.030.000.000. Misal agan buka harga di 1.050.000.000 dan kebetulan terjual di harga 1.050.000.000 tanpa nego, maka broker harusnya dapat 3% x Rp 1.050.000.000 = 31.500.000 bukan Rp 1.050.000.000 - 1.000.000.000 = 50.000.000

Kalau broker nakal beda ceritanya kalik emoticon-Ngakak
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
25-05-2012 07:56

jouentsb dmn

Quote:Original Posted By kanz10
untuk menghindari bunga fluktuatif dri KPR gmn gan, apakah tiap hbis masa bunga fixed ditake over ke bank lain ato ada cara lain gan, supaya bisa bunga fixed terus sampai rumahnya lunasemoticon-Big Grin


Pakai KPR bank syariah, gan. Bank syariah margin (bunga) nya fixed sepanjang akad kredit, meskipun skrg tampaknya ada beberapa bank syariah yang minta review margin tiap beberapa tahun.

Take over ke bank lain setiap masa kredit berakhir bukan ide yang bagus. Tiap kali take over berarti biaya admin (kecuali promo), biaya notaris, biaya provisi (kecuali promo), pasang ulang APHT, dll. APHT bisa gede biayanya untuk rumah diatas harga tertentu.
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
25-05-2012 07:58
Quote:Original Posted By webkrack
kalau ga ada modal.. bisa ga ya bisnis property??emoticon-Cape d... (S)


Seperti kata agan martha004, bisa jadi broker.
Atau pakai modal (uang) org lain gan. Masalahnya klo pakai modal uang orang lain, agan punya apa yang ditawarkan sehingga orang yang punya uang mau kerjasama? skill? track record/reputasi? koneksi?
0 0
0
Property Enterpreneur <tanya jawab seputar jual beli property>
25-05-2012 08:29
Quote:Original Posted By ManusiaBiasa999
Sebagai broker, illegal gan menaikan harga jual, karena broker bukan flipper/trader. Misal penjual mo jual 1M komisi cari sendiri, komisi agan minta 3% maka harga jadi 1.030.000.000. Misal agan buka harga di 1.050.000.000 dan kebetulan terjual di harga 1.050.000.000 tanpa nego, maka broker harusnya dapat 3% x Rp 1.050.000.000 = 31.500.000 bukan Rp 1.050.000.000 - 1.000.000.000 = 50.000.000

Kalau broker nakal beda ceritanya kalik emoticon-Ngakak


Ouw jadi broker punya kode etik ky gt gan...tapi kalau misal penjualnya memang maunya gitu gmn gan, apa broker melayani? Flipper itu ilegal ya...
0 0
0
Halaman 8 dari 103
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia