Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nasionaLineAvatar border
TS
nasionaLine
apakah laba-laba ini piknik ke jogja??
this realy not hoax...,

pagi-pagi tadi bangun tidur nyalain komputer, di kamar ane tiba ada binatang seperti ini
Spoiler for gambar:


Spoiler for tak jepit pake gelas biar ga kabur:


Spoiler for tambah:


bentuk nya kaya laba-laba , tapi kok ada capit nya.., karna penasaran tak search di google.., lhaa ternyata ini adalah Phrynus exsul, laba-laba Amerika dari Pulau Flores
Taksonomi

Jenis ini bukanlah laba-laba yang sebenarnya, sekilas kenampakan lebih mirip dengan kalajengking. Jenis dengan nama latin Phrynus exsul Harvey 2002 ini termasuk anggota Famili Phrynidae, Bangsa Amblypygi, Kelas Arachnida. Jenis ini merupakan satu-satunya anggota Famili Phrynidae di Indonesia bahkan di kawasan Australasia dan Afrika. Namun dari famili lain seperti Famili Charontidae terdapat 8 jenis dan Famili Charinidae 2 jenis. Kelas Amblypygi merupakan kelompok yang secara taksonomi belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia, meskipun mereka sering menemukan di lingkungan sekitarnya.

Ciri-ciri Fisik

Secara sekilas kenampakan jenis ini seperti kalajengking namun tidak mempunyai ekor dan tidak berbisa. Badan terbagi menjadi dua bagian yaitu kepala yang menyatu dengan dada (cephalothorax) dan bagian perut (abdomen). Di bagian kepala terdapat alat seperti capit yang sering disebut pedipalp. Capit ini dilengkapi dengan duri-duri yang merupakan karakter penting untuk membedakan jenis satu dengan lainnya. Selain capit juga terdapat organ seperti antena yang panjang yang sebenarnya adalah modifikasi kaki paling depan.


Habitat

Jenis Phrynus exsul pertama kali ditemukan hidup di dalam gua wisata di Pulau Flores. Temuan lain juga menunjukkan bahwa jenis ini juga hidup di luar gua di antara tebing-tebing batu dan bahkan memanjat di batang pohon. Habitat utama kelompok ini adalah gua, celah batuan, di bawah batang kayu dan bebatuan. Bahkan ada bebera jenis lain yang juga hidup bersama dengan rayap dan semut di sarangnya.


Perilaku

Secara umum jenis-jenis dari kelompok Amblypygi mempunyai perilaku pakan sebagai pemangsa. Mereka memakan berbagai jenis Arthropoda lain seperti jangkrik, kecoak bahkan udang yang hidup di dalam sungai. Namun dari jenis Phrynus exsul belum ada penelitian maupun temuan khusus tentang perilaku seperti perilaku pakan, reproduksi dan lain-lain.

Persebaran

Famili Phrynidae mempunyai sebaran utama di Amerika Serikat bagian selatan sampai ke Amerika Selatan. Persebaran ini diyakini sebagai tempat hidup famili ini dan tidak ditemukan di belahan bumi lainnya. Namun pada akhirnya pendapat itu gugur dengan ditemukannya satu jenis baru pada tahun 2002 di kepulauan Flores, Indonesia. Temuan ini tentu saja berdampak pada biogeografi Kelompok Amblypygi di Indonesia bahkan di dunia. Berbagai teori pun muncul untuk menjawab pertanyaan biogeografi ini.
cek SUMBER

lhaa kalo itu beneran laba-laba amerika yang juga di temukan di flores kok ada di jogja..?? apakah laba-laba ini lagi piknik di jogja..??

Spoiler for yang berkenan minta:


0
9.3K
89
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lounge Pictures
Lounge PicturesKASKUS Official
69KThread11KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.